Serial The Lord of the Rings: The Rings of Power baru saja menyelesaikan penayangan season perdananya pada hari Jumat lalu. Meskipun final episodenya telah mengungkap siapa sebenarnya sosok Halbrand dan The Stranger, tetapi ending-nya justru memunculkan sejumlah misteri yang menggantung. Berbagai misteri ini tentunya membuat banyak penggemar cukup penasaran dengan kelangsungan serialnya. Karena beberapa di antaranya kemungkinan besar akan sangat memengaruhi cerita The Rings of Power season 2. Apa saja misteri yang tersisa dari The Rings of Power season 1? Langsung saja simak pembahasannya beserta teori jawabannya di bawah ini, Geeks!

Siapa Pemilik Tiga Power Ring Elf?

Setelah sempat mengalami kesulitan, Celebrimbor akhirnya berhasil menempa tiga buah Power Ring di ending. Semua itu bisa berhasil berkat pengetahuan Celebrimbor, potongan mithril yang dibawa oleh Elrond, dan belati Valinor milik Galadriel. Ketiga cincin khusus raja elf tersebut adalah Narya (the Ring of Fire), Nenya (the Ring of Adamant), dan Vilya (the Ring of Air). Sampai serialnya selesai kita tidak mengetahui kepada siapa ketiga Power Ring ini akan diberikan.

Teorinya: Di novel The Lord of the Rings, setelah Celebrimbor menyelesaikan tiga Power Ring elf, dia akan membagikannya kepada para elf berpengaruh. Narya kepada raja elf Gil-Galad, Galadriel akan memakai Nenya, dan Vilya awalnya Celebrimbor berikan kepada Gil-Galad sebelum akhirnya dia menyuruh Elrond untuk menggunakannya.

Bagaimana Nasib Isildur?

Di The Rings of Power episode 7, kita bisa melihat aksi heroik Isildur yang berusaha menyelamatkan orang-orang setelah Mount Doom meletus. Sayangnya, ketika dia berusaha membantu warga desa untuk keluar dari rumah yang terbakar, dia harus tertimpa reruntuhan. Ratu Miriel yang merasa bahwa Isildur telah mati lantas meninggalkannya dan memberitahukannya kepada Elendil. Di final episode, Elendil yang telah pulang ke Numenor tidak henti-hentinya merasa bersedih karena anaknya tidak selamat. Namun, apakah benar Isildur telah mati?

Teorinya: Isildur adalah karakter yang sangat penting di kisah The Lord of the Rings. Setelah Numenor tenggelam, dia akan menjadi raja Gondor dan terlibat dalam perang melawan Sauron di Middle-earth. Dalam perang tersebut dialah sosok yang akan memotong jari Sauron dan mengambil One Ring. Berdasarkan hal tersebut, entah bagaimana caranya, Isildur sudah pasti masih hidup dan akan melanjutkan kisahnya di The Rings of Power season selanjutnya.

Siapa Yang akan Pimpin Numeror Selanjutnya?

Selain Isildur, ada satu misteri gantung lain yang tersisa di kalangan Numenorean. Yaitu kelangsungan Kerajaan Numenor setelah rajanya mati di final episode The Rings of Power. Ayah Miriel mati di ranjangnya karena usia tua, kemudian Miriel juga sudah tidak bisa melihat setelah pulang dari Middle-earth. Lantas siapa yang akan memimpin Numenor selanjutnya?

Teorinya: Sebenarnya kisah di The Rings of Power ini tidak ada di novel The Lord of the Rings. Namun, ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa Pharazon adalah raja terakhir Numenor sebelum tenggelam. Itu artinya dengan kondisi ending serialnya, Pharazon berpotensi menjadi raja Numenor selanjutnya. Di serialnya, Pharazon sebenarnya adalah penasihat ratu Miriel, jadi cukup masuk akal jika nantinya dia naik takhta, dengan atau tanpa menikahi Miriel.

Kapan Barlog Menampakan Diri?

Masih ingat dengan sosok monster api yang terlihat di tambang mithril di ending episode 7? Dia adalah salah satu Balrog yang kabur ke perut Bumi Middle-earth, setelah Morgoth kalah pada akhir Zaman Pertama. Dengan terbukanya tambang mithril di Khazad-dum, Balrog yang merasa terganggu pasti akan keluar untuk kembali mengacau di permukaan. Namun, kapan sebenarnya dia akan muncul? Hal ini masih menjadi misteri Karena sampai The Rings of Power season 1 selesai dia masih belum terlihat lagi.

Teorinya: Kemunculan Balrog di Khazad-dum sudah pasti akan terjadi, tetapi tidak dalam waktu dekat ini. Yang jelas suatu hari nanti ketika para dwarf melakukan aktivitas pertambangan mithril besar-besaran, dia akan mengamuk dan bahkan sampai membunuh raja dwarf, Durin. Saat waktunya nanti tiba, Free Peoples di Middle-earth akan mengenalnya sebagai Durin’s Bane.

Apa Rencana Sauron Selanjutnya?

Di final episode The Rings of Power, akhirnya terungkap bahwa ternyata selama ini Halbrand adalah Sauron. Sejak pertemuan awalnya dengan Galadriel, dia sudah memanipulasi Galadriel sambil menghimpun kekuatan baru. Setelah menemukan cara untuk menempa Power Ring dari Celebrimbor, dia terlihat kembali ke Southland yang sudah mendai Mordor. Apa yang akan dia lakukan selanjutnya masih menjadi misteri sampai sekarang.

Teorinya: Kembalinya Sauron ke Mordor sebenarnya secara tidak langsung telah menandakan bahwa dia mempunyai rencana yang lebih besar dari sebelumnya. Kemungkinan besar setelah mengetahui cara membuat Power Ring, dia akan menempa cincinnya sendiri, One Ring, di Mount Doom. Menariknya, para showrunner The Rings of Power telah mengonfirmasi bahwa season 2 akan lebih banyak membahas Sauron. Artinya kita bisa melihat rencana Sauron yang sebenarnya di season selanjutnya.

Itulah lima misteri gantung dari The Rings of Power season 1 beserta potensi jawabannya. Ada kemungkinan sebagian besar misteri ini akan benar-benar terjawab di season selanjutnya. Seperti rencana Sauron, nasib Isildur, dan juga pengungkapan siapa pemilik tiga Power Ring elf. Semoga saja untuk sisanya kita juga bisa melihat sedikit bocoran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. The Rings of Power season 2 sendiri saat ini telah melangsungkan syutingnya di Inggris. Jika beruntung mungkin kita akan bisa menyaksikannya pada tahun depan, kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.