Buat Geeks penggemar seri Naruto tentunya sudah tidak asing dengan nama Karin Uzumaki. Karin pertama kali muncul dalam cerita sebagai salah satu bawahan dari Orochimaru. Dia kemudian memilih untuk bergabung dengan Uchiha Sasuke dalam petualangannya. Warna rambut Karin dan juga daya tahannya yang luar biasa, serta jumlah chakra yang dia miliki sangat banyak memberi bukti bahwa dia adalah bagian dari klan Uzumaki.

Karin juga merupakan seorang ninja sensor yang dahsyat, di mana dia mampu mendeteksi keberadaan seseorang hanya dengan melihat sedikit bagian chakra mereka. Bertahun-tahun setelah perang besar ninja keempat, Uzumaki Karin kembali bekerja untuk Orochimaru dalam berbagai proyek ilmiahnya. Namun, sadar atau tidak, ada hal menarik yang muncul dari sosok Karin.

Uzumaki Naruto, protagonis utama dalam serinya, tidak pernah sadar atau tahu jika ada anggota klan Uzumaki lainnya yang masih hidup yaitu Karin Uzumaki. Sebelum bagian kedua dari perang dunia shinobi keempat terjadi, Naruto sama sekali tidak tahu tentang garis keturunannya. Namun, pasca melakukan interaksi dengan ibunya, Kushina, di alam bawah sadar, dia pun mulai mengetahui tentang keberadaan klan Uzumaki.

Di sepanjang seri Shippuden, Masashi Kishimoto tidak pernah menyebutkan menghadirkan nama lengkap dari Karin. Dan yang lebih penting juga adalah bagaimana dia tidak pernah menghadirkan kisah lengkap tentang klan Uzumaki. Hal ini pun membuat para fans berspekulasi jika Naruto tidak sadar jika masih ada klan Uzumaki lainnya. Dan dia juga tidak pernah mengenal sosok Karin.

Identitas Karin Uzumaki

Seperti yang disebutkan di atas, Kishimoto tidak pernah menghadirkan identitas lengkap dari sosok Uzumaki Karin. Bahkan, dia pun tidak pernah menghadirkan nama lengkapnya dalam cerita. Inilah yang menjadi alasan bahwa sebagian besar identitasnya masih menjadi rahasia besar. Yang perlu menjadi catatan sendiri adalah Karin dan Naruto hanya pernah bertemu satu kali di sepanjang ceritanya.

Saat itu, Karin bertemu dengan Naruto dan Team 7 lainnya. Karin sendiri menyadari siapa Naruto, namun Naruto tidak pernah tahu siapa karin. Sebelum itu, Karin hanya muncul sebagai bagian dari Team Taka milik Sasuke. Bahkan, yang menarik juga adalah bagaimana Sasuke tidak pernah tahu dan menyadari bahwa Karin adalah bagian dari klan Uzumaki.

Baru pada chapter 579 di manganya, dalam pertarungan Kabuto vs Itachi dan Sasuke, Karin mengaku kepada Sasuke bahwa dia merupakan bagian dari klan Uzumaki. Memang, cukup mengherankan mengapa kemudian Kishimoto seolah “merahasiakan” sosok Karin dalam serinya. Apakah Kishimoto memiliki rencana kedepannya untuk Karin? Bisa jadi.

Atau bisa jadi juga Kishimoto memiliki alasannya tersendiri mengapa dia tidak sering menghadirkan Karin dalam ceritanya atau mengungkapkan identitas aslinya. Padahal, ada banyak hal yang menarik yang mungkin bisa terjadi jika kemudian Naruto menyadari bahwa masih ada yang tersisa dari klannya. Selain itu, yang juga cukup mengherankan adalah Kishimoto justru lebih banyak menghadirkan kisah antara Karin dan keluarga Sasuke.

Contohnya adalah ketika Sarada menganggap bahwa Karin adalah ibunya, dan bukan Sakura. Padahal, akan jauh lebih menarik jika kemudian Karin lebih banyak terlibat dengan keluarga Naruto. Apalagi, jika kemudian Karin menjadi mentor bagi Himawari.

Informasi Tentang Klan Uzumaki

Berdasarkan informasi yang ada, klan Uzumaki berasal dari desa yang disebut sebagai Uzushiogakure atau yang biasa dikenal sebagai Negara/Wilayah Pusaran. Hal ini bisa kita lihat dari logo spiral yang selalu ada di belakang pakaian Naruto, yang berbentuk pusaran. Banyak yang mengenal logo tersebut dengan nama Uzumaki emblem. Sama halnya seperti klan Senju, klan Uzumaki juga merupakan keturunandari Asura Otsutsuki.

Mereka yang merupakan keturunan Asura biasanya memiliki warna rambut, kemampuan, dan juga kemampuan chakra yang sama seperti seorang Uzumaki. Beberapa nama populer yang berasal dari klan Uzumaki sejauh ini adalah Mito, Kushina, Nagato, Ashina (pemimpin klan sebelumnya), Karin, dan tentunya Naruto. Dengan klan Senju yang menjadi salah satu pendiri Konoha, serta merupakan saudara jauh dari klan Uzumaki, kedua klan ini saling beraliansi.

Untuk memperkuat hubungan kedua klan, mereka bahkan menikahkan anggota klan mereka. Contohnya adalah Hashirama Senju yang menikah dengan Mito Uzumaki. Klan Uzumaki juga terkenal karena kemampuan penyembuhan mereka yang dahsyat, serta cadangan chakra yag melimpah. Kemampuan bertahan hidup dan umur yang panjang juga menjadi “kelebihan” lain dari klan Uzumaki.

Dan satu hal unik yang tidak dimiliki oleh klan lainnya adalah mereka sangat ahli dalam hal Fuinjutsu atau teknik Segel. Karena semua kemampuan dan kedahsyatan yang klan Uzumaki miliki, banyak desa lain yang takut dan membenci mereka. Padahal, mereka tidak pernah menggunakan kekuatan tersebut untuk kejahatan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa desa Uzushiogakure diserang dan hancur.

Banyak dari klan Uzumaki lainnya akhirnya mengungsi atau pindah ke desa lain, termasuk Konoha. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan jika Naruto tidak pernah tahu bila Karin adalah bagian dari klan Uzumaki. Hal ini terlepas dari pertemuan yang pernah mereka lakukan. Ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat disayangkan, padahal mereka berdua bisa mengembalikan kedigdayaan klan Uzumaki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.