Pasca pertarungan epik dan luar biasa antara Saitama dan Garou, seri manga One Punch Man kini bersiap untuk mengadaptasi arc lainnya dari versi webcomic. Seperti yang kita ketahui, arc Monster Association menjadi salah satu arc terpanjang dan luar biasa. Semua monster dan pahlawan benar-benar muncul dalam arc ini. Dan dalam arc ini juga kita melihat pertarungan terbesar sejauh ini.

Dalam chapter 169 kemarin, kita melihat bagaimana semuanya kembali seperti semula satu pekan pasca kejadian. Semuanya masih dalam masa pemulihan, di mana Garou sendiri saat ini berusaha untuk “membayar” kesalahan yang dia lakukan. Caranya adalah dengan berbuat baik dan berusaha menolong yang lain. Geeks pun mungkin bertanya, lalu cerita apa lagi yang akan muncul selanjutnya?

Jika kita merujuk pada versi aslinya, yaitu webcomic, maka manganya kemungkinan akan mengadaptasi cerita Neo Heroes Saga. Saga ini terdiri dari beberapa arc, di mana salah satunya adalah arc Psychic Sisters yang menceritakan tentang Fubuki dan Tatsumaki. Sesuai namanya, saga ini berfokus pada organisasi kuat baru yang bertindak sebagai villain dalam ceritanya yaitu Neo Heroes.

Siapa Neo Heroes

Singkatnya, Neo Heroes adalah organisasi atau kelompok yang menjadi lawan atau tandingan dari Asosiasi Pahlawan yang sudah ada saat ini. Namun, organisasi tersebut memiliki agenda misterius dan jahat mereka sendiri. Secara lengkapnya, Neo Heroes merupakan kelompok rival dari Asosiasi Pahlawan yang didirikan oleh Fuzzy. Dia adalah cucu dari peramal terkenal, Shibabawa.

Fuzzy sendiri ternyata mewarisi kemampuan dari neneknya, yaitu mampu melihat ke masa depan. Kelompok Neo Heroes tidak sejalan dengan apa yang Asosiasi Pahlawan lakukan selama ini. Mereka mengkritik berbagai metode yang Asosiasi Pahlawan aplikasikan. Misalnya, bagaimana cara mereka merekrut calon kandidat baru untuk pahlawan. Menurut Neo Heroes, metode yang Asosiasi Pahlawan lakukan justru menimbulkan kerusakan besar.

Hal tersebut karena pertarungan yang mereka lakukan. Neo Heroes sendiri lebih mengedepankan sisi efisiensi dan juga kerja sama tim, daripada kekuatan atau kemampuan pribadi. Sementara, Asosiasi Pahlawan dianggap terlalu bergantung kepada para pahlawan kelas S untuk menyelesaikan berbagai krisis atau masalah besar. Mereka dianggap tidak memperdulikan nasib dan upaya dari para pahlawan di level bawah.

Meskipun Neo Heroes nampak seperti memperjuangkan nasib para pahlawan lainnya, faktanya mereka memiliki sisi gelapnya sendiri. Tanpa orang-orang ketahui, Neo Heroes menjalankan hal yang mengerikan di mana mereka mengubah manusia menjadi cyborg yang bisa mereka atur. Mereka bahkan secara rahasia merencakan serangan monster besar.

Sebenarnya, masih menjadi misteri siapa yang kemudian menjadi dalang dari konflik yang membenturkan antara Asosiasi Pahlawan dan Neo Heroes. Spekulasinya sendiri menyebutkan bahwa ada sosok villain besar yang bersembunyi di balik bayang-bayang Neo Heroes. Dia berniat untuk menggembosi Asosiasi Pahlawan dan membuat para pahlawan melemah.

Peran Penting Blue

Satu hal yang menarik dari Neo Heroes Saga adalah munculnya banyak karakter baru. Selain Fuzzy, yang juga tentunya bakal menarik perhatian para fans adalah kemunculan dari Blue. Dia merupakan anak dari pahlawan nomor 1 di dunia, yaitu Blast. Sosoknya menjadi kunci di sepanjang alur cerita ini. Sebagai anak dari Blast, dia terkoneksi dengan salah satu karakter paling misterius di serinya.

Meskipun dia anak dari Blast, Blue tidak ingin berada di bawah bayang-bayang ayahnya. Dia ingin menciptakan dan membangun namanya sendiri sebagai seorang pahlawan. Yang menarik adalah Blue merupakan salah satu dari sedikit karakter yang menyadari tentang level kekuatan dahsyat dari Saitama. Dia juga sadar bahwa sosok Metal Knight alias Dr. Bofoi adalah sosok yang jahat.

Bahkan, Blue tahu rahasia kekuatan dari Saitama yang terungkap dalam alur cerita Neo Heroes Saga ini. Blue sendiri memiliki rasa keadilan yang sangat luar biasa besar. Hal ini memang sejalan dengan apa yang ayahnya miliki. Namun, sayangnya, rasa keadilan dari Blue ini harus dimanipulasi dan dimanfaatkan oleh Neo Heroes dengan cara yang salah.

Blue akan memiliki peran yang penting lainnya selain sosok Saitama di sepanjang saga ini. Alur cerita dari Neo Heroes Saga sendiri saat ini masih belum selesai di webcomicnya. Artinya banyak kemungkinan yang akan muncul dalam ceritanya. Belum lagi, kemungkinan akan ada berbagai perubahan yang menjadi pembeda antara manga dan webcomic yang Yusuke Murata lakukan. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.