Pada bulan September kemarin dalam acara D23 Expo 2022, Marvel Studios baru saja mengonfirmasi bahwa mereka akan merilis film Thunderbolts. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat menyegarkan bagi MCU, karena apa yang penggemar harapkan selama ini akhirnya akan segera terwujud. Thunderbolts sendiri adalah tim super dari Marvel Comics yang terdiri para karakter bermoral ambigu. Hal inilah yang kemudian membuat banyak penggemar penasaran dengan para roster Thunderbolts di MCU.

Marvel Studios sendiri sebenarnya telah mengonfirmasi sejumlah karakter ‘abu-abu’ yang akan menjadi bagian dari Thunderbolts di filmnya. Termasuk Valentina Allegra de Fontaine, Ghost, Red Guardian, Taskmaster, Bucky Barnes, Yelena Belova, dan US Agent. Walaupun begitu, masih banyak penggemar yang merasa kurang puas dengan rooster tersebut. Karena mereka timnya masih kekuarangan satu orang kuat lagi, yaitu General Ross alias Red Hulk yang juga sudah eksis di semestanya.

General Ross alias Red Hulk adalah pendiri sekaligus pemimpin dari tim Thunderbolts baru di Marvel Comics. Sehingga akan terasa aneh jika Thunderbolts MCU tidak melibatkannya. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa mungkin sebenarnya Marvel Studios berniat untuk menyiapkannya sebagai anggota kejutan. Itulah mengapa mereka akan lebih dahulu memunculkan karakternya di film Captain America 4, baru setelah itu di Thunderbolts. Untuk apa? Mari langsung saja kita bahas lebih lanjut di bawah ini, Geeks!

Ross di Captain America 4 & Thunderbolts

Setelah sempat menjadi rumor di kalangan penggemar, baru-baru ini akhirnya terungkap bahwa aktor Harrison Ford akan menggantikan mendiang William Hurt sebagai pemeran General Ross di MCU. Pemeran Han Solo di Star Wars ini sudah terkonfirmasi akan muncul dalam film keempat Captain America berjudul New World Order dan juga Thunderbolts. Meskipun peran karakter Ross masih belum terungkap, tetapi setidaknya dia sudah pasti tidak akan menjadi antagonis utama di film Captain America 4. Karena Marvel Studios sendiri telah menyerahkan peran tersebut kepada supervillain Leader (Tim Blake Nelson).

Begitu juga dengan film Thunderbolts, seharusnya Ross tidak muncul sebagai villain utamanya. Karena Ross akan lebih cocok untuk menjadi bagian dari Thunderbolts bersama karakter ambigu lainnya. Alasannya cukup sederhana, karena tim Thunderbolts yang sudah Marvel konfirmasi sekarang masih kekurangan karakter powerhouse. Sejauh ini komposisi timnya hanya terdiri dari tiga super soldier, dua mata-mata lulusan Red Room, satu agen pemerintah, dan satu hantu. Sehingga keterlibatan Ross sebagai powerhouse Red Hulk sangat dibutuhkan oleh Thunderbolts.

Sejarah Red Hulk dan Thunderbolt

Seperti yang kita ketahui bersama, General Ross adalah salah satu karakter vital di Marvel Universe. Sebagai karakter yang awalnya membenci Hulk, dia justru akhirnya menjadi sosok monster sepertinya yang mempunyai kulit berwarna merah. Semuanya bermula dari rencana tim supervillain Intelligencia yang ingin menciptakan sebuah senjata baru di komik Hulk Vol. 2 #23 (2010). Di mana pemimpinnya, Leader, berhasil meyakinkan General Ross untuk menjalani sebuah eksperimen yang dapat mengubahnya menjadi Red Hulk. Singkat cerita, Ross akhirnya menjadi Red Hulk yang kekuatan supernya mampu menandingi Hulk.

Dua tahun setelah Ross menjadi Red Hulk, dia lantas kembali muncul di komik Thunderbolts Vol. 2 #1 (2012). Kali ini dia membentuk tim Thunderbolts versinya sendiri, yang anggotanya terdiri dari sejumlah antihero dan villain. Seperti Agent Venom, Punisher, Elektra, Deadpool, Mercy, dan Leader yang telah menjadi Red Leader. Bersama tim barunya ini, Red Hulk mempunyai misi untuk membasmi para teroris dengan cara-cara yang sangat agresif. Meskipun singkat, tetapi kisah ini telah memperlihatkan bagaimana jadinya jika tim super Thunderbolts dan Red Hulk melakukan sesuatu yang buruk untuk tujuan yang baik.

Leader Jadi Kunci Perubahan Ross

Mengingat Ross sudah pasti akan muncul di film Thunderbolts, sekarang pertanyaannya bagaimana cara dia bergabung dengan tim tersebut? Karena sampai detik ini dia masih belum berubah menjadi Red Hulk di MCU. Jawabannya kemungkinan besar akan kita temukan di film Captain America 4. Ross sudah pasti akan muncul di Captain America 4 sebagai manusia biasa seperti di film-film sebelumnya. Namun, karena antagonis di film ini adalah Leader, bisa saja nantinya Leader akan mengubah Ross menjadi Red Hulk, seperti di komik Hulk Vol. 2.

Ross yang merasa sudah tua, sementara dia masih ingin melindungi dunia, mungkin akan menerima tawaran Leader dengan senang hati. Leader mungkin akan membuat serum baru yang dapat mengubah Ross menjadi monster merah, Red Hulk. Serum tersebut bisa saja Leader buat dari campuran darahnya sendiri yang memang mengandung radiasi gamma. Agar tidak mengganggu plot pertarungan antara Captain America Sam Wilson dan Leader, adegan ini mungkin saja muncul menjelang akhir film atau di credit scene.

Jika teori ini benar, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya Val mendatangi Red Hulk untuk mengajaknya bergabung dengan Thunderbolts. Jadi nanti saat film Thunderbolts berlangsung Red Hulk sudah menjadi bagian dari tim dan siap beraksi bersama karakter ambigu lainnya. Sepertinya akan sangat menarik juga jika nantinya Red Hulk menjadi pemimpin tim seperti di komiknya. Apalagi dia mempunyai pengalaman sebagai seorang jenderal yang cukup sering berurusan dengan manusia super di MCU.

Dengan bergabungnya Red Hulk, penggemar mungkin sudah tidak akan lagi meminta karakter lain untuk bergabung. Karena kekuatan Red Hulk sudah cukup untuk melengkapi komposisi tim Thunderbolts yang sebelum masih terasa lemah. Bagaimana menurut kalian? Kita lihat saja nanti apakah benar Ross akan menjadi Red Hulk di film Captain America 4 pada tanggal 3 Mei 2024. Dan akhirnya muncul sebagai roster tim di film Thunderbolts pada tanggal 26 Juli 2024 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.