Cara download Persona 5 Royal di gratis. Franchise Persona sendiri sejauh ini sudah merilis lima game utama, dengan beberapa spinoff kecil yang mereka hadirkan. Walaupun banyak yang menganggap franchise ini Overrated, tetapi Atlus sebagai developer gamenya selalu membuktikan bahwa mereka mampu memberikan konten-konten yang luar biasa ketika gamenya rilis. Sebagai game bergenre JRPG, Persona menawarkan elemen dan konsep yang berbeda. Itulah yang berhasil membawa franchise ini sukses hingga sekarang. Tidak lama, kita akan segera disuguhkan dengan versi terbaru Persona 5 Royal. Lantas apa itu Persona 5 Royal?

Mengenal Persona 5 Royal

Persona 5 Royal adalah game yang rilis tanggal 1 April 2020. Yang harus kita catat Geeks, bahwa Persona 5 Royal berbeda dengan Persona 5. Sederhananya, Persona 5 Royal adalah versi “Enchanced” dari game kelimanya. Dengan begitu, maka dapat kita pastikan bahwa Persona 5 Royal bukanlah game sekuel, prekuel, atau bahkan spinoff. Ada penambahan cerita dan konten yang developer Atlus masukan ke dalam game ini, yang membuat gamenya memiliki waktu tamat yang relatif lebih lama.

Gamenya sendiri menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Ren Amamiya yang dituduh melakukan kejahatan yang sama sekali tidak ia lakukan. Setelah di tahan dan mendapatkan catatan kriminal, Ren Amamiya harus pindah ke sekolah baru bernama Shujin Academy, di Tokyo. Di sanalah dia bersama teman-temannya (yang juga hidupnya hancur oleh orang-orang jahat) mendapatkan kekuatan untuk mengubah hati jahat seseorang. Mereka akhirnya berpetualang sebagai Phantom Thieves dan menyelamatkan dunia.

Sebagai daya tarik, Atlus menambahkan seorang karakter wanita baru bernama Kasumi Yoshizawa. Serupa dengan Amamiya, Kasmi Yoshizawa adalah siswi baru pindahan dari Shujin. Nantinya dia akan memiliki peran yang cukup vital dalam Persona 5 Royal. Dalam sisi pertarungan, game ini masih menawarkan turn-based combat. Karakter bisa menyerang ketika mereka mendapatkan gilirannya, sebelum akhirnya, gilirannya berpindah ke karakter lain. Kalian bisa memilih berbagai tipe serangan, mulai dari melee, attack, guard, magic attack, gun, item, atau bahkan sekedar melarikan diri.

Nah buat kalian yang belum sempat memainkan Persona 5 Royal di konsol generasi lawas, kalian mendapatkan kesempatan untuk mencicipi gamenya di PC, Xbox Series, dan PS5. Versi terbarunya ini akan segera tersedia pada tanggal 21 Oktober 2022. Tetapi sayangnya nih Geeks, kalian yang sebelumnya memiliki Persona 5 Royal di PS4, wajib membeli lagi jika ingin memainkannya untuk PS5. Yang bikin semakin menarik, Persona 5 Royal akan tersedia sejak hari pertama peluncurannya di Xbox dan PC Game Pass secara gratis. Itu berarti kalian hanya perlu akun Game Pass, untuk dapat terus menikmati gamenya.

Cara Main Persona 5 Royal Gratis

Versi PC

Buat Geeks pemilik PC, dan ingin memainkan Persona 5 Royal secara gratis saat gamenya rilis nanti, kalian bisa lebih dulu membeli akun PC Game Pass. Akun ini tersedia di marketplace dengan range harga 30rb sampai 50rb perbulan. Setelah kalian memiliki akunnya, kalian bisa memilih “Log In”. Disitulah kalian bisa memasukan email dan password yang sudah terdafta Game Pass. Setelah email dan password sudah benar, maka kalian tinggal memilih next, hingga akhirnya masuk dalam menu PC Game Pass.

Nah setelah kalian ke menu, kalian bisa melihat-lihat berbagai game yang Microsoft sediakan, yaitu dengan memilih “All PC Games”. Dalam menu itu juga, kalian bisa memilih Persona 5 Royal. Setelah memilih Persona 5 Royal, kalian bisa menekan “install”, dan setelah menekannya, kalian bisa memilih di partisi mana akan menginstall gamenya. Pastikan partisi yang kalian pilih cukup ya Geeks!

Setelah memilih partisi, kalian dapat menekan kembali “Install” dan itulah proses terakhir sebelum kalian dapat memainkan Persona 5 Royal. Tunggulah hingga waktu mengunduh usai. Ketika selesai, maka kalian dapat melihat Persona 5 Royal yang sudah terinstall tadi di komputer kalian. Untuk memainkan gamenya, kalian hanya tinggal memilih tombol play, dan bebas memainkan gamenya kapanpun kalian mau.

Versi Xbox

Sementara itu, buat Geeks yang memiliki Xbox dan ingin mencicipi Persona 5 Royal, caranya hampir sama dengan versi PC. Pertama, kalian harus memiliki akun Xbox Game Pass. Setelah memilikinya, kalian bisa melakukan “Log in”. Disitulah kalian bisa memasukan email dan password yang sudah terdaftar dengan Game Pass. Setelah email dan password benar, maka kalian tinggal memilih next, dan langsung menuju ke layanan Xbox.

Nah untuk mengunduh Persona 5 Royal, kalian dapat masuk ke menu “Game Pass”. Disitulah kalian bisa mencari Persona 5 Royal, dan kalian bisa memilih “All Games A-Z” untuk semakin memudahkannya. Ketika sudah memilih Persona 5 Royal, kalian bisa memilih “install”, dan setelah itu, tunggu hingga gamenya selesai terunduh dan terinstall. Dan setelah gamenya terinstall, kalian bisa menuju ke “Library” dan memainkan game Persona 5 Royal dari sana. Kalian hanya tinggal memilih gambar play, dan gamenya pun akan dapat kalian mainkan.

Itulah dia Geeks cara untuk memainkan game Persona 5 Royal di Xbox dan PC Game Pass. Dengan user interface yang mudah, kalian sepertinya tidak akan kesulitan untuk menyiapkan dan memainkan gamenya. Ketika gamenya pertama kali ada di Game Pass, jangan sampai ketinggalan ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/