Superhero dan supervillain di Marvel Universe umumnya tidak jauh berbeda dengan manusia biasa. Mereka juga membutuhkan lingkungan sosial yang dapat membantu mereka mengembangkan pengetahuan serta kemampuan sebagai manusia super. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak sekolah spesial bermunculan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Di mana sekolah ini hanya khusus menerima sekaligus menyeleksi para manusia super yang tidak jarang pada akhirnya melahirkan superhero dan supervillain tangguh. Berikut ini lima sekolah super terbaik yang eksis di Marvel Universe!

Xavier’s School for Gifted Youngsters

Dari sekian banyak lokasi yang telah Marvel perkenalkan, Xavier’s School for Gifted Youngsters adalah sekolah mutan pertama yang sangat populer di Marvel Universe. Berdiri sejak tahun 60-an, sejatinya sekolah ini adalah tempat untuk para mutan muda belajar mengontrol kemampuan dan juga pola pikirnya. Sebagai pendirinya, cita-cita awal Xavier adalah menjadikan sekolah ini tempat bernaung para mutan agar mereka tidak menjadi supervillain. Ada banyak mutan yang telah bergabung dengan sekolah ini, termasuk murid seperti Kid Gladiator, Armor, Dust, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan juga guru-gurunya, seperti Wolverine, Jean Grey, Cyclops, dan anggota X-Men lainnya.

Avengers Academy

Sesuai dengan namanya, Avengers Academy adalah sekolah bagi para manusia super muda yang ingin menjadi superhero seperti para Avengers. Lokasi dari sekolah ini sendiri berada di bekas markas West Coast Avengers, yaitu Avengers Compound. Tujuan Hank Pym mendirikan sekolah ini adalah untuk melatih generasi baru superhero. Selain Hank, anggota Avengers lain, termasuk Hawkeye, Quicksilver, Tigra, dan Speedball, juga terlibat langsung sebagai tenaga pengajar. Adapun para superhero populer yang merupakan jebolan Avengers Academy di antaranya adalah X-23, She-Hulk muda bernama Lyra, Thunderstrike, dan masih banyak lagi.

Strange Academy

Strange Academy adalah sekolah super baru di Marvel Universe yang menjadi tempat belajar bagi para anak muda yang berbakat dalam ilmu sihir. Doctor Strange adalah orang pertama yang mempunyai ide untuk mendirikan Strange Academy. Menurutnya, para calon penyihir di alam semesta juga perlu mendapatkan perngarahan agar tidak terjerumus pada jalan yang salah. Untuk mencapai tujuan tersebut Strange bahkan sampai merekrut sejumlah penyihir sakti sebagai tenaga pengajarnya. Termasuk Magik, Doctor Voodoo, Hellstorm, Scarlet Witch, dan Nico Minoru. Salah satu murid Strange Academy yang paling terkenal adalah anak supervillain Dormammu yang bernama Doyle Dormammu.

Red Room

Dari semua sekolah super di daftar ini, mungkin Red Room adalah yang paling berbeda, baik kurikulumnya maupun tujuannya. Karena siapa pun anak yang masuk ‘sekolah’ Red Room sudah pasti akan mengalami siksaan dan pencucian otak. Di mana nantinya sekolah ini akan melahirkan mata-mata Rusia yang paling mematikan. Semua bermula saat Rusia ingin kembali membangkitkan program Winter Soldier, tetapi dengan subjek percobaan anak perempuan. Meskipun efektif, sekolah ini juga terbilang sangat mematikan, karena hanya segelintir orang saja yang bisa menyelesaikannya sampai lulus. Dua di antaranya yang paling populer adalah Natasha Romanoff dan Yelena Belova.

Future Foundation

Future Foundation sebenarnya adalah pengembangan nama dari Fantastic Four yang sudah tidak lagi terdiri dari empat orang. Sebagai seorang penemu genius, Reed Richards alias Mister Fantastic merasa perlu mendirikan sekolah untuk para anak genius yang memiliki kekuatan super. Para anggota Fantastic Four lainnya, seperti Sue Storm, Human Torch, dan The Thing, semuanya terlibat sebagai mentor khusus bagi para anak super di sekolahnya. Mereka bahkan pernah mendatangkan Dr. Doom sebagai tenaga pengajarnya. Para muridnya sendiri terdiri dari anak-anak Reed dan Sue, seperti Franklin dan Valeria, bersama Moloids, Wizard, dan Dragon Man.

Itulah lima sekolah super terbaik di Marvel Universe, mulai dari sekolah para mutan, calon Avengers, mata-mata, penyihir, sampai anak-anak genius. Umumnya kelima sekolah ini telah mencetak generasi baru superhero dan juga supervillain di semestanya. Menariknya, hasil tersebut tidak tergantung pada asal sekolah. Karena pada kenyataannya, lulusan dari sekolah Red Room juga ada menjadi bagian dari Avengers, seperti Black Widow. Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit juga jebolan sekolah superhero yang malah menjadi supervillain berbahaya. Semuanya saling melengkapi satu sama lain di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.