Setelah sempat menjadi misteri dan pertanyaan besar para fans, akhirnya kita tahu siapa yang akan menjadi lawan bagi Black Adam di filmnya nanti. Hanya tinggal beberapa hari kedepan film Black Adam yang dibintangi Dwayne Johnson akan rilis di bioskop. Sebagian pihak sudah menyaksikan film ini dalam gelaran penayangan perdana di Amerika. Dan respon positif mulai bermunculan terkait film ini.

Dalam promosi sebelumnya, Dwayne menyatakan bahwa kemunculan Black Adam akan mengubah hierarki yang ada di DCEU. Dan para fans sendiri penasaran siapa yang kemudian akan menjadi lawan sosok kuatnya. Sebagian fans menduga bahwa Shazam yang akan menjadi lawannya. Namun, kabari ini kemudian terbantahkan karena kabarnya pihak rumah produksi menyimpan cerita tersebut untuk masa yang akan datang.

Informasi mengenai villain yang akan muncul di filmnya kemudian terungkap beberapa waktu lalu. Sosok tersebut tidak lain adalah Sabacc. Sebagian Geeks mungkin masih terasa asing dengan nama tersebut. Hal ini wajar karena Sabacc memang jarang muncul dalam alur cerita komiknya. Kemunculan Sabacc di film Black Adam ini tentunya menjadi sesuatu yang luar biasa.

Siapa Sabacc?

Sabacc merupakan sosok iblis yang mampu merasuki atau menguasai tubuh dari sosok manusia yang membangkitkannya. Sama seperti Black Adam dan Shazam, Sabacc sendiri merupakan akronim dari para iblis yang ada dalam alkitab. Mereka adalah Satan, Aym, Belial, Beelzebub, Asmodeus, dan Crateis. Dalam cerita komiknya, ada dua karakter yang pernah menjadi wadah bagi Sabacc.

Yang pertama adalah Timothy Karnes dan yang kedua adalah Ishmael Gregror. Namun, untuk film Black Adam sendiri DC Film akan menggunakan karakter Ishmael Gregor sang bos mafia, yang karakternya akan diperankan oleh Marwan Kenzani. Dia memiliki kekuatan super yang berasal dari Satan (setan), tubuh yang tidak dapat hancur yang berasal dari Aym, dan pikiran jahat dari sosok Belial. Kemudian, dia memiliki kekuatan pengendalian api dari sosok Beezebub, keberanian untuk berbuat jahat dari Asmodeus, serta kemampuan terbang dari Craeteis.

Kemunculan Sabacc

Sabacc ternyata pernah muncul di bumi dan pernah juga membuat kekacauan. Namun, dia akhirnya berhasil dikalahkan oleh Doctor Fate. Fakta ini muncul dalam salah satu komik prekuel untuk film Black Adam, yaitu Black Adam: The Justice Society Files – Doctor Fate#1. Dalam komiknya, kita melihat bagaimana Kent Nelson berhasil mengusir Sabacc.

Diawali dengan sekelompok anak muda yang “iseng” melakukan ritual pemanggilan setan, namun ritual tersebut ternyata menjadi media untuk bangkitnya kembali Sabacc. Dia merasuki salah satu anak bernama Carrie. Di tengah-tengah pertarungan antara Dr. Fate dan Sabacc, sang iblis sempat memberikan ramalan mengenai apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Dia memperlihatkan bagaimana dunia hancur dan seluruh anggota Justice Society tewas di tangan Black Adam.

Setelah berhasil melepaskan diri dari jeratan Sabacc, Dr. Fate sendiri kembali mampu mengalahkan sang iblis dengan kekuatannya. Pasca kejadian tersebut dia pun kemudian menghubungi Carter dan menyatakan bahwa dia berminat untuk bergabung lagi dengan Justice Society yang Carter Hall bangun ulang. Berdasarkan penjelasan di komiknya, bisa kita tarik kesimpulan apa yang kemudian menjadi tujuan kemunculan Sabacc.

Sebagai sosok Lord of Chaos dan juga Lord of Destruction, tujuan utama Sabacc tidak lain adalah melihat kehancuran total bumi dan seluruh umat manusia. Inilah alasan mengapa kemudian Sabacc sangat membenci Nabu, yang merupakan Lord of Order, di mana dia menjaga seluruh kedamaian dan aturan yang ada. Menarik tentunya untuk melihat kemunculan ulang Sabacc di filmnya nanti.

Rencana Sabacc

Bagaimana Sabacc memperlihatkan ramalan yang akan muncul pada masa depan, di mana bumi dalam keadaan hancur lebur dan juga seluruh Justice Society tewas di tangan Black Adam bisa jadi adalah trik dari Sabacc. Seperti yang disebutkan di atas, Sabacc adalah sosok iblis yang menginginkan kekacauan dan kehancuran. Dia sadar bahwa mengalahkan Justice Society tidaklah mudah.

Karena itulah, dia menyusun rencana adu domba antara Justice Society melawan Black Adam. Sabacc menghadirkan ramalan atau gambar seolah-olah Black Adam adalah sosok yang menjadi penyebab semua kekacauan di bumi pada masa yang akan datang. Hal tersebut semata-mata dia lakukan untuk membuat Justice Society dan Black Adam saling bertarung satu sama lain.

Film/TV] Doctor Fate in the latest Black Adam TV Spot. : r/DCcomics

Dengan demikian, kekacauan akan muncul dan juga kehancuran umat manusia akan berada di depan mata. Sabacc memanfaatkan Black Adam untuk menjalankan rencananya, yang mana hal ini juga yang mungkin akan dia aplikasikan di filmnya nanti. Dalam TV Spot yang muncul beberapa waktu lalu, nampak Kent Nelson melihat semacam ramalan. Bisa jadi ramalan yang dia lihat sama dengan apa yang muncul di komik ini.

Ishmael Gregor kabarnya akan membangkitkan kembali sosok Sabacc demi mendapatkan kekuatan dahsyat. Ini tentunya bisa menjadi jalan bagi Sabacc untuk membalas dendam atas kekalahannya sekaligus juga berusaha mewujudkan impiannya. Dan menarik tentunya untuk melihat apa yang akan Sabacc lakukan selanjutnya terkait dengan menghadirkan kekacauan dan juga kehancuran tersebut. Kita nantikan saja kelanjutannya di film Black Adam yang akan tayang di Indonesia pada 19 Oktober mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.