Buah iblis merupakan salah satu elemen penting dalam cerita One Piece. Bahkan, keberadaan buah iblis sudah muncul sejak awal cerita. Saat itu, Shanks memperkenalkan buah iblis Gomu Gomu kepada Luffy. Buah iblis sendiri sering kali disebut “harta karun lautan” dan buah iblis tersebut memberikan kekuatan yang sangat luar biasa kepada mereka yang mengonsumsinya.

Namun, tentunya ada “harga” yang harus dibayar untuk hal ini yaitu pengguna buah iblis tidak bisa berenang di lautan. Meskipun tidak semua kekuatan buah iblis sempurna atau luar biasa dahsyat, yang pasti buah iblis memberikan kemampuan lebih kepada penggunanya. Para fans sendiri sering kali memperdebatkan mana yang lebih kuat antara buah iblis dan Haki.

Haki sendiri adalah bentuk perwujudan dari kekuatan tekad penggunanya. Dengan mewujudkan tekad tersebut dalam bentuk kekuatan, penggunanya bisa menambah kekuatan yang dia miliki. Misalnya, membaca pergerakan lawan, mengetahui kondisi lawan, mengeraskan bagian tubuh tertentu sehingga mampu menahan serangan lawan, dan tentunya menahan kekuatan pengguna buah iblis.

Jawaban Oda Terkait Haki vs Buah Iblis

Meskipun para fans sering kali memperdebatkan mana yang lebih hebat atau mana yang lebih superior, Oda Sensei sepertinya sudah memiliki jawaban untuk hal tersebut. Hal ini sempat Oda perlihatkan di chapter 1047 kemarin. Dalam chapter tersebut kita melihat kelanjutan pertarungan antara Kaido melawan Luffy. Kaido saat itu menyebutkan kepada Luffy bahwa buah iblis yang kuat tidaklah cukup untuk bisa menaklukan seluruh lautan.

Kaido sempat menyinggung sosok Gol D. Roger di mana dia menyebutkan bahwa Roger berhasil menaklukan lautan dan menjadi raja bajak laut tanpa ada bantuan buah iblis. Kaido kemudian menegaskan bahwa untuk bisa menaklukan lautan yang perlu dimiliki oleh seorang bajak laut adalah kekuatan Haki. Apa yang coba Kaido katakan kepada Luffy adalah tidak peduli seberapa besar kemampuan seseorang – apalagi dengan bantuan buah iblis – dengan kekuatan tekad yang kuat (Haki) maka kemampuan tersebut akan mampu untuk dilampaui.

Baik Haki level tinggi atau pun awakening buah iblis memang sama-sama luar biasa, seperti yang kita lihat dalam pertempuran di Onigashima kemarin. Namun, sering kali Oda memperlihatkan bahwa Haki level tinggi sedikit lebih epik dan lebih dahsyat daripada kekuatan awakening buah iblis. Dan bila kita lihat dari apa yang muncul dalam ceritanya, mungkin hal tersebut ada benarnya.

Penegasan Oda

Selain di chapter 1047 kemarin, Oda seolah kembali memberikan penegasan terkait mana yang jauh lebih kuat antara Haki dan buah iblis. Momen ini muncul di chapter 1063, di mana kita melihat bagaimana kru bajak laut Hati mendapatkan serangan dari kelompok bajak laut Blackbeard. Sang Yonko mengincar Road Poneglyph milik Law, yang mana inilah alasan mengapa dia menyerang kelompoknya.

Yang menarik adalah kru Blackbeard lainnya – yaitu Doc Q, Stronger, Van Augur, dan Jesus Burgess – akhirnya mendapatkan kekuatan buah iblis. Doc Q menggunakan buah iblis miliknya, Shiku Shiku no Mi, untuk membuat Law mendapatkan penyakit di mana dia berubah menjadi wanita. Hal ini bahkan sempat juga “mewabah” dan menular ke seluruh kru bajak laut Hati.

Namun, Law sendiri kemudian mengeluarkan pernyataan yang luar biasa terkait apa yang terjadi dengannya. Menurut Law, dia belajar banyak dari pertarungan epik di Onigashima saat menghadapi Kaido dan Big Mom. Dari apa yang dia ketahui dan pelajari, kekuatan Haki mampu untuk menahan kemampuan dari buah iblis. Semakin besar kekuatan Haki tersebut, maka semakin dahsyat juga resistensinya terhadap kekuatan buah iblis.

Hal ini pun kemudian terbukti dengan tekad yang kuat Law akhirnya mampu terlepas dari pengaruh buah iblis Shiku Shiku. Momen dan juga penjelasan Law mengenai Haki seolah menjadi penegasan lagi dari Oda Sensei terkait mana yang jauh lebih kuat antara Haki dan buah iblis. Berdasarkan hal ini, artinya Haki memang jauh lebih dahyat dari buah iblis.

Momen ini juga kemungkinan menjadi petunjuk lain dari Oda. Bahwa, Haki kemungkinan akan memiliki peran yang sangat besar dan penting di saga terakhir ini. Seperti yang kita ketahui, banyak spekulasi menyebutkan jika Luffy akan menghadapi Im atau Blackbeard sebagai lawan terakhirnya. Dengan menggunakan kekuatan Haki dahsyat yang ada dalam dirinya, bukan mustahil jika Luffy akan berhasil mengalahkan mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.