Baru-baru ini nama Skaar mulai populer di kalangan penggemar Marvel, khususnya MCU. Hal tersebut bisa terjadi karena anak Hulk ini baru saja debut di serial solo bibinya, She-Hulk: Attorney At Law. Di ending episode 9 kemarin, Hulk yang muncul dalam acara keluarga sambil memperkenalkan Skaar yang baru dia jemput dari Sakaar. Dengan tubuh Hulknya, Skaar terlihat malu-malu di hadapan Jen dan keluarga besar ayahnya tersebut.

Dari kecanggungan tersebut cukup jelas bahwa Hulk sendiri sebenarnya baru mengetahui bahwa dia mempunyai anak di Planet Sakaar. Semuanya mungkin bermula dari pesan pesawat ruang angkasa Sakaaran yang sempat muncul di episode perdana She-Hulk dan kemudian membawa Hulk ke luar angkasa di episode selanjutnya. Meskipun kemunculannya di ending She-Hulk cukup menyenangkan, tetapi ada satu hal yang cukup mengganjal dari Skaar. Mengapa dia tiba-tiba sudah besar? Terhitung dari lahir, berapa usia Skaar yang sebenarnya? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Kapan Skaar Lahir di MCU dan Berapa Usianya?

Kelahiran Skaar di Planet Sakaar sudah pasti tidak terlepas dari peran ayahnya Bruce Banner alias Hulk. Di MCU sendiri keberadaan Hulk di Sakaar baru terungkap di film Thor: Ragnarok (2017), di mana dia muncul sebagai gladiator Sakaar yang sangat terkenal. Tanpa kita sadari ternyata pada titik itu Hulk sudah tinggal cukup lama di Sakaar. Semuanya bermula saat dia terlihat pergi meninggalkan Bumi menggunakan pesawat Quinjet di ending film Avengers: Age of Ultron (2015). Dari tahun 2015-2017, artinya Hulk setidaknya sudah tinggal di Sakaar sekitar 2 tahun saat bertemu Thor di film Ragnarok.

Selama dua tahun tersebut, sepertinya Hulk telah berhubungan dengan seorang wanita Sakaaran bernama Caiera seperti di Marvel Comics. Saat dia meninggalkan Sakaar untuk pergi ke Asgard bersama Thor, kemudian di ending dia juga terpaksa pulang ke Bumi, kemungkinan besar pada titik inilah Caiera melahirkan Skaar. Mulai dari Ragnarok (2017), kemudian Avengers: Infinity Wars dan Endgame, sampai akhirnya She-Hulk (2022), setidaknya terhitung sudah ’10 tahun’ berlalu, sudah termasuk time skip Blip selama 5 tahun. Jika benar usia asli Skaar 10 tahun, mengapa dia terlihat seperti remaja?

Di She-Hulk episode 9 kemarin, Skaar yang muncul dari belakang Hulk terlihat masih mengenakan pakaian khas Sakaar. Selain itu dia juga mempunyai potongan rambut dan tato yang mungkin cukup tren di tempat kelahirannya. Melihat karakternya yang malu-malu dan canggung untuk datang ke acara keluarga, selayaknya remaja mungkin usia biologisnya sekitar 18-24 tahun. Jika kita ambil tengahnya yaitu 20 tahun, artinya usia biologis Skaar lebih tua dua kali lipat dari usia aslinya. Jawaban untuk fenomena usia Skaar ini sebenarnya sudah pernah Marvel jelaskan di komiknya.

Skaar Cepat Dewasa Karena Ayah Ibunya

Di Marvel Comics, Skaar adalah anak Hulk dan pejuang Sakaaran bernama Caiera yang sosoknya baru terungkap di ending kisah World War Hulk (2007). Sementara ayahnya dipenjara di Bumi karena telah membuat para superhero babak belur, Skaar tiba-tiba terlahir dari sebuah benda mirip kepompong di Planet Sakaar. Jadi sebenarnya saat Hulk mengivasi Bumi setelah kematian istrinya Caiera, ternyata dengan kekuatan Old Strong-nya, Caiera sempat mentransfer anak di dalam kandungannya ke sebuah kepompong.

Bagi yang belum tahu, Old Strong sendiri adalah kekuatan kosmik buatan yang hanya dimiliki oleh suku Shadow People seperti Caiera. Saat baru keluar dari kepompongnya, Skaar memang sudah tampak seperti anak berumur sekitar 5-11 tahun. Ajaibnya, satu tahun kemudian Skaar tiba-tiba sudah tampak menginjak umur remaja. Rahasia dari fenomena aneh ini baru terungkap di komik Skaar: Son of Hulk (2008). Ternyata warisan kekuatan radiasi gamma dari ayahnya dan kekuatan Old Strong dari ibunya, telah memungkinkan Skaar tumbuh dengan sangat cepat.

Berdasarkan penjelasan di Marvel Comics tersebut, cukup masuk akal mengapa Skaar di MCU yang berusia 10 tahun terlihat seperti remaja umur 20-an. Jawabannya terletak pada kekuatan Skaar yang dia dapatkan dari kedua orang tuanya, sehingga dia tumbuh lebih cepat dari anak seumurannya. Untungnya di Marvel Comics sendiri umurnya berhenti setelah Skaar dewasa. Di mana kemampuan regenerasi Skaar membuatnya tidak bisa lagi menua. Itulah pembahasan tentang mengapa Skaar tiba-tiba besar di ending serial She-Hulk: Attorney At Law. Sudah cukup jelas ‘kan, Geeks.