Arc Egg Head dalam cerita di seri manga One Piece mungkin tidak akan menjadi arc yang panjang seperti halnya Wano atau Dressrosa. Egg Head merupakan sebuah pulau kecil yang mana penghuninya hanya Dr. Vegapunk beserta semua hasil ciptaanya. Selain itu, ini juga merupakan properti milik Pemerintah Dunia. Sehingga, tidak akan ada banyak orang yang harus Luffy bantu.

Berdasarkan hal tersebut, dengan fakta bahwa Luffy dan kelompok Topi Jerami saat ini berada dalam wilayah kekuasaan musuh artinya kemungkinan akan ada banyak pertarungan yang terjadi. Chapter 1062 kemarin sepertinya memberikan kita petunjuk bahwa Oda sudah mempersiapkan karakter yang mungkin akan telribat dalam pertarungannya. Lalu, siapa saja yang akan terlibat dalam pertarungannya?

Mereka Yang Terlibat

Pada dasarnya, kelompok Luffy dan Topi Jerami memiliki 10 orang. Mereka adalah Zoro, Nami, Usopp, Sanji, Chopper, Nico Robin, Franky, Brook, dan tentunya Jinbei. Jika kemudian kita juga menghitung Jewelry Bonney, yang saat ini menjadi sekutu mereka, maka artinya total jumlah petarung dari Luffy dan krunya berjumlah 11 orang. Sedangkan, di pihak Vegapunk dia tidak memiliki jumlah sekutu yang pasti.

Secara teknis, Vegapunk hanya berjumlah satu orang. Namun, sosok Vegapunk memiliki enam kloning android yang mana artinya mereka semua berjumlah 7 orang. Untuk bisa mengalahkan Vegapunk, Luffy dan kru Topi jerami serta Bonney perlu mengalahkan mereka semua secara simultan atau bersamaan atau satu persatu. Tetapi, nyatanya Vegapunk tidaklah sendirian.

Dia juga memiliki “sekutu” yang tidak lain adalah Cipher Pol Aigis Zero alias CP-0 yang bergabung dalam pertarungan. Dalam chapter kemarin nampak Rob Lucci, Kaku, dan Stussy pergi ke Egg Head untuk membunuh Vegapunk. Jika kemudian anggota CP-0 lainnya juga bergabung, maka artinya mungkin total di sisi mereka ada sekitar 13 orang atau 14 orang jika kita menghitung Seraphim Kuma.

Namun, dari apa yang muncul di chapter 1062, jumlah mereka kurang lebih hanya empat orang termasuk Seraphim. Berdasarkan hal tersebut, tiga pihak yang akan saling bertempur dalam arc ini adalah kelompok Topi Jerami, CP-0, dan juga Vegapunk. Spekulasi lainnya adalah kemungkinan akan muncul pihak angkatan laut yang juga akan terlibat dalam pertempuran ini.

Meskipun begitu, bukan mustahil akan ada plot twist yang kemudian muncul. Fakta bahwa CP-0 berusaha untuk menghabisi nyawa Vegapunk bisa berarti kelompok Topi Jerami akan beraliansi juga dengan salah satu pihak. Kemungkinan lainnya, bisa jadi juga Vegapunk dan CP-0 akan beraliansi untuk mengalahkan kelompok Topi Jerami. Dan barulah mereka akan saling bertarung ketika semuanya sudah selesai. Ini tentunya menjadi skenario yang terburuk.

Siapa vs Siapa

Dengan mengihitung jumlah musuh yang sudah diketahui, atau yang terlibat dalam momen ini, rasanya semuanya sudah cukup untuk masing-masing menghadapi satu orang lawan. Dengan asumsi CP-0 berjumlah empat orang bersama Seraphim, serta Vegapunk memilik tujuh tubuh, maka jumlahnya adalah 11. Hal ini sesuai dengan kru Topi Jerami dan Bonney yang juga berjumlah 11 orang.

Karena kelompok Topi Jerami tidak memiliki dendam pribadi atau urusan apa pun dalam pertarungan ini, kemungkinan mereka semua akan terpecah untuk menghadapi para kloning dari Vegapunk. Dan melihat dari level kekuatannya bisa jadi Nami, Robin, Chopper, dan Brook akan berhadapan dengan Punk 06 sampai Punk 03. Skenarionya mungkin akan sama seperti saat kru topi jerami berhadapan dengan Flying Six di Onigashima.

One Piece Chapter 1062 Review: Vegapunk and Weirdness | by Sarim Khan - A Blog About You | Oct, 2022 | Medium

Jika kemudian para kloning Vegapunk adalah Flying Six, maka CP-0 adalah All-Stars. Hal ini tentunya akan menjadi lawan yang ideal bagi Zoro, Sanji, dan Jinbei. Kita mungkin akan melihat pertarungan ulang antara Kaku dan Zoro serta Luffy dan Rob Lucci. Meskipun menarik, namun sebagian fans mungkin akan beranggapan bahwa ini adalah pengulangan. Sehingga, akan ada perubahan yang terjadi.

Zoro mungkin tidak akan berhadapan dengan Kaku dan Sanji tidak akan bertarung melawan Stussy. Kemungkinannya adalah Zoro akan berhadapan dengan Rob Lucci, Sanji berhadapan dengan Kaku, dan Jinbei yang akan berhadapan dengan Stussy. Bagaimana dengan Franky? Dia adalah “sosok utama” dalam arc ini. Kemungkinannya, Franky mungkin akan berhadapan dengan Punk 01 atau bahkan berhadapan dengan sosok Vegapunk asli. Atau bisa juga dia menghadapi keduanya.

Siapa Lawan Luffy dan Bonney

Luffy berbeda dengan Franky, yang mana di satu sisi dia tidak memiliki koneksi pribadi atau hal apa pun dengan sosok Vegapunk. Sehingga, dia kemungkinan yang akan menjadi sosok yang menghadapi Punk 01. Namun, karena Luffy adalah protagonis utama, dia kemungkinan bisa yang akan kemudian menghadapi sosok Vegapunk yang aslinya. Bagaimana dengan Bonney?

Bonney sengaja datang ke pulau Egg Head untuk membalas dendam atas apa yang Vegapunk lakukan terhadap ayahnya. Meskipun akan sangat menarik untuk melihat pertarungan Bonney vs Vegapunk, namun potensi pertarungan menarik lainnya adalah Bonney akan berhadapan dengan Seraphim Kuma. Pertarungan ini akan semakin memperluas karakternya dan menujukan bagaimana dia bisa mengatasi dirinya sendiri dalam pertarungan.

Jika kemudian Bonney masih memiliki kekuatan untuk bertarung, dia mungkin bisa bergabung bersama Franky dan Luffy dalam pertarungan menghadapi Vegapunk. Terlepas apakah arc Egg Head akan jadi alur cerita yang pendek atau panjang, yang pasti arc ini akan menyuguhkan banyak aksi pertarungan. Meskipun semuanya sudah sangat jelas, namun potensi aliansi dan hal lainnya bisa saja berubah. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.