Di DC Comics, ada beberapa tim superhero yang terkenal. Salah satunya adalah Justice Society of America. Tim tersebut sudah ada sejak perang dunia kedua. Seiring berjalannya waktu, Justice Society of America akhirnya menginspirasi kelahiran tim superhero lainnya seperti Justice League dan bahkan Avengers dari Marvel Comics. Lantas yang menjadi pertanyaan besar adalah, apa perbedaan antara Justice Society of America dan Justice League, mengingat mereka sama-sama berasal dari DC. Apa saja perbedaannya? Simak berikut ini Geeks!

Periode Waktu

Seperti yang kita sebutkan di atas, perbedaan yang sangat jelas adalah ketika melihat periode waktu terbentuknya Justice Society of America dan Justice League. Justice Society of America dibentuk saat Golden Age, yang berarti mereka sudah ada sejak perang dunia kedua. Wajar jika akhirnya Justice Society of America disebut sebagai tim superhero tertua di DC Universe. Sementara Justice League, mereka baru muncul di era Silver Age. Jika mengacu kepada sejarah, Silver Age berada di tahun 50-an sampai 60-an. Di sanalah akhirnya DC Comics mulai memperkenalkan Justice League, sebagai “tim pengganti” sementara Justice Society of America.

Perbedaan Anggota

Perbedaan yang sangat jelas antara kedua tim tersebut adalah anggotanya. Seperti yang kita ketahui bahwa karakter ikonik seperti Superman, Wonder Woman, dan Batman selalu kita identikkan dengan Justice League. Sementara itu, karakter seperti Doctor Fate, Spectre, dan Thunderbolt, adalah karakter tua DC, yang sering kita identikkan denganĀ  Justice Society of America. Tetapi yang harus kita catat Geeks, bukan berarti anggota Justice League tidak pernah bergabung ke Justice Society of America.

Pasalnya, kedua tim tersebut juga pernah “bertukar” anggota. Bahkan Superman, Wonder Woman, Batman, dan The Flash juga pernah bergabung dengan Justice Society of America. Nah seiring berjalannya waktu, DC mulai menata ulang anggota dari Justice League Society of America dan Justice League, agar kedua anggotanya tidak saling bertubrukan satu sama lain.

Cara Pandang

Batman pernah menyebutkan bahwa anggota Justice Society of America cenderung menganggap anggota lainnya sebagai keluarga. Selain itu, karena para anggotanya mayoritas adalah superhero tua, maka mereka menjadi mentor yang luar biasa bagi superhero lainnya yang lebih muda. Berbeda dengan Justice League, meskipun setiap anggota Justice League relatif dekat, tetapi mereka tidak menganggap anggota lainnya sebagai keluarga. Mereka hanya menganggap bahwa tim tersebut sebagai pelindung bumi, mirip Avengers, di mana mereka hanya bersatu untuk menghadapi ancaman yang lebih besar. Selebihnya? Tidak ada koneksi yang kuat antara tiap anggota Justice League.

Awalnya Berbeda Semesta

Di tahun 60-an, ketika DC mulai memperkenalkan Justice League, yang debut di komik The Brave and the Bold #28, ada banyak protes keras dari para fans. Ketika itu, tidak sedikit fans yang merasa tidak suka dengan kemunculan Justice League. Kemunculan Justice League dianggap menggantikan eksistensi Justice Society of America. Maka dari itu, akhirnya DC memperkenalkan konsep Multiverse, dan saat itu Justice Society of America berada di universe yang berbeda dengan Justice League. Justice Society of America berasal dari Earth-2, dan para superhero modern berasal dari Earth-1.

Tapi ada yang menarik Geeks. Di tahun 1985, semua universe bersatu dalam peristiwa Crisis on Infinite Earths. Itu berarti Justice Society of America berada di satu semesta yang sama dengan Justice League. Tetapi karena kalah populer, Justice Society of America menjadi sangat pasif. Meskipun begitu, semua superhero dan villain di semesta baru DC, New Earth, tetap mengakui Justice Society of America sebagai tim super pertama yang berisi superhero veteran.

Berbeda Ruang Lingkup

Awalnya, Justice League bernama asli Justice League of America alias JLA. Namun pada akhirnya DC menghapus kata “America” dari nama mereka. Pasalnya, Justice League memiliki ruang lingkup yang lebih besar yaitu melindungi seluruh dunia. Berbeda dengan Justice Society of America, DC tetap mempertahankan nama tersebut karena Justice Society of America hanya mengatasi ancaman yang datang ke Amerika. Itu berarti, Justice Society of America telah disumpah untuk melindungi Amerika saja, bukan seluruh dunia.

Itulah dia Geeks beberapa perbedaan besar antara JL dan JLA di komik. Masih kita belum ketahui apakah versi di DCEU akan sama seperti di komik atau tidak. Yang jelas, Justice Society yang bakal muncul di film Black Adam adalah Hawkman, Cyclone, Doctor Fate, dan The Atom. Kita tunggu aja ya Geeks perilisan filmnya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/