Semua orang sudah pasti tahu bahwa Avengers adalah tim superhero andalan Marvel yang bertugas melindungi Bumi dari semua ancamannya. Itulah mengapa anggotanya terdiri dari para superhero terbaik Bumi yang bersumpah untuk menyatukan pikiran serta tujuannya demi kebaikan bersama. Tidak jarang tim yang sudah berdiri sejak tahun 1963 mereka harus menghadapi sejumlah supervillain yang berusaha menghancurkan Bumi atau sekadar menguasainya.

Pada titik inilah diperlukan seorang pemimpin yang dapat merekatkan para anggotanya sekaligus menjadi penentu rencana dan strategi yang akan Avengers pakai ke dapannya. Namun tahukah kalian, dalam sejarah Avengers yang sangat panjang, dengan berbagai inkarnasinya di multiverse, ternyata ada beberapa supervillain yang pernah menjadi pemimpin mereka. Tidak tanggung-tanggung para villain ini bahkan menjadi pemimpin dari para superhero populer, seperti Iron Man, Sentry, Captain America, She-Hulk, dan sebagainya. Siapakah mereka? Langsung saja simak di bawah ini, Geeks!

Dr. Druid

Pada tahun 80-an, seorang mantan penyihir jahat bernama Doctor Druid pernah bergabung dengan Avengers dan bahkan menjadi pemimpin mereka. Sayangnya, karena terlalu lemah terhadap wanita, dia malah kembali menjadi jahat setelah bertemu dengan supervillain penjelajah waktu, Ravonna Renslayer. Ravonna kemudian memanfaatkan Avengers untuk mencari Dreaming Celestial di Time Bubble. Untungnya, saat mereka tengah melakukan hal tersebut, saingan Ravonna datang untuk menyerang. Pada titik inilah Druid dan Ravonna terserap ke dalam timestream, meninggalkan para Avengers yang akhirnya sadar bahwa mereka telah salah memilih Druid sebagai pemimpin.

Norman Osborn

Norman Osborn adalah supervillain terkenal yang pernah menjadi Green Goblin dan juga Carnage di Marvel Universe. Setelah peristiwa Secret Invasion menjadikannya sebagai pahlawan di mata masyarakat, Norman memutuskan untuk mendirikan Avengers versinya sendiri, yaitu Dark Avengers. Dia bahkan sampai merekrut salah satu superhero terkuat Sentry, bersama sejumlah villain lain sebagai anggotanya. Dengan identitas baru sebagai Iron Patriot, dia memimpin Dark Avengers untuk mengalahkan supervillain Morgan Le Fay. Serta menghadapi sejumlah ancaman lainnya, termasuk Bor Burison yang mengamuk di Kota New York dan membantu pemerintah untuk mengalahkan Molecule Man.

Kang the Conqueror

Kang the Conqueror adalah musuh bebuyutan Avengers yang mempunyai banyak varian di multiverse. Salah satunya adalah Iron Lad, versi muda Kang yang mengenakan armor seperti Iron Man dan mendirikan Avengers versi superhero muda, Young Avengers. Awalanya dia melakukan itu semua karena ingin menghindari masa depannya sebagai penjahat. Namun, ternyata dia tidak bisa mengubah takdir yang sudah tertulis. Di mana dia akhirnya terpaksa meninggalkan Young Avengers yang telah dia pimpin untuk kembali ke timelinenya sendiri. Pada titik inilah dia mulai tumbuh sebagai sosok penjahat, mulai dari Rama Tut sampai akhirnya menjadi Kang the Conqueror.

Loki

Mungkin banyak penggemar yang masih ingat bahwa Loki adalah musuh pertama Avengers, baik di Marvel Universe maupun di MCU. Dia adalah supervillain yang pada akhirnya membuat para superhero, seperti Iron Man, Thor, Hulk, dan sebagainya, mendirikan Avengers pada tahun 1963. Namun di kisah Infinity Wars, dia jugalah yang akhirnya mendirikan Avengers versi kosmik untuk menyelamatkan alam semesta. Dalam prosesnya Loki sampai merekrut Emma Frost, Ms. Marvel, Kang the Conqueror, Ant-Man, dan Hulk, untuk bersama-sama menghentikan ambisi anak Thanos, yaitu Gamora, yang ingin menghancurkan alam semesta.

Doctor Doom

Terakhir, supervillain yang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk memimpin Avengers adalah Doctor Doom. Kisahnya ini baru saja Marvel ceritakan di komik terbaru All-Out Avengers yang rilis pada bulan Oktober lalu. Di mana Doom memimpin para anggota Avengers sambil membawa perisai Captain America dan Mjolnir milik Thor, untuk mengalahkan variannya yang berasal dari universe lain. Masih belum terungkap bagaimana nasib Avengers di bawah kepemimpinan Doctor Doom, karena saat ini kisahnya masih berjalan. Yang jelas varian jahat Doom mengklaim bahwa dia adalah One True Doom yang akan menghancurkan siapa pun, termasuk Doom utama yang kini jadi pemimpin Avengers.

Itulah para supervillain yang tercatat pernah menjadi pemimpin Avengers di Marvel Universe. Terlepas dari apa pun inkarnasi Avengers, sebenarnya sudah menjadi suatu keharusan bahwa pemimpin tim Avengers adalah seorang superhero. Namun, para villain ini telah mendobrak aturan tersebut, dengan menjadi pemimpin yang membawa para anggotanya untuk membasmi kejahatan. Mungkin mereka mempunyai rencana terselubung untuk memimpin Avengers, tetapi hal tersebut tidak bisa mengubah fakta bahwa Avengers sejatinya adalah tim super yang harus melindungi Bumi apa pun alasannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.