Sosok Vegapunk akhirnya mengakui kehebatan dari kelompok Topi Jerami sebagai sebuah kelompok bajak laut. Hal ini bisa kita lihat dalam chapter 1062 kemarin, di mana salah satu kloningnya menyebutkan untuk tidak macam-macam dengan sosok Nico Robin dan Roronoa Zoro. Menurut kloning tersebut, kedua karakter ini memiliki kekuatan dahsyat dan juga kecerdasan luar biasa.

Dalam sebagian besar ceritanya, kru Topi Jerami sering kali diremehkan oleh para musuhnya. Padahal, pencapaian besar yang mereka lakukan sangatlah luar biasa. Bahkan, dalam pertempuran di Onigashima mereka masih dianggap bukan ancaman besar. King nampak tidak percaya dengan kekalahannya, berkat ras Lunarian yang dia miliki. Sama halnya dengan yang lain, termasuk juga Luffy.

Kaido menganggap Luffy seperti halnya bajak laut muda lainnya, yang masih belum memiliki pengalaman dan hanya bermodalkan nekat dan keberanian. Hampir 90% pertarungannya melawan Luffy, Kaido nampak meremehkan kekuatannya. Sampai kemudian dia mengaktifkan Advanced Conqueror Haki miliknya dan juga membangkitkan kekuatan buah iblisnya, seperti yang kita lihat di Gear 5.

Kedahsyatan Gear 5 sendiri bisa kita lihat dalam pertarungan melawan Kaido, di mana Luffy mampu membuat Kaido kewalahan dan tidak berdaya. Dengan tidak berlebihan, Gear 5 mampu memberikan kekuatan yang tidak terbatas kepada Luffy. Dan efeknya, di akhir pertarungan akhirnya Luffy berhasil mengalahkan Kaido dengan kekuatan barunya ini.

Vegapunk Ingin Kloning Kekuatan Luffy?

Bagaimana sosok kloning Vegapunk pertama mengakui kehebatan Roronoa Zoro dan juga Nico Robin memberikan bukti jika sang ilmuwan tersebut memperhatikan kelompok ini. Kemudian, reputasi kekuatan dan kecerdasan keduanya juga sampai ke telinga Vegapunk. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan juga jika dia mengetahui tentang kekuatan dahsyat dari buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika milik Luffy.

Ada beberapa alasan yang mendukung spekulasi bahwa Vegapunk mengetahui buah iblis Nika. Pertama, buah iblis tersebut merupakan incaran Pemerintah Dunia selama 800 tahun. Namun, mereka gagal untuk mendapatkannya. Kedua, Luffy adalah sosok yang memiliki buah iblis tersebut. Artinya, wajar jika Luffy kemudian menjadi pusat perhatian dari Pemerintah Dunia akibat hal tersebut.

Belum lagi momen kemenangan dan awakening buah iblisnya di pertempuran Onigashima, semakin menaikan reputasi Luffy dan kekuatan buah iblisnya. Bukan tidak mungkin jika Vegapunk mendapatkan tugas untuk mencari “lawan sepadan” untuk buah iblis tersebut. Dan dengan kemunculan kelompok Topi Jerami di pulau Egg Head, kesempatan tersebut akhirnya muncul di depan mata.

Gear 5 Luffy Muncul di One Piece Chapter 1044, Disebut Bisa Kalahkan Kaido, Apa Kekuatannya?

Mungkin, inilah alasan mengapa kemudian kelompok Topi Jerami diselamatkan oleh kloning Vegapunk. Mereka ingin mendapatkan kepercayaan mereka, terutama Luffy, dan kemudian mengkloning kekuatan buah iblisnya. Dengan begitu, Vegapunk kemudian bisa menciptakan buah iblis “tandingan” yang mana kekuatannya mirip atau mendekati level kekuatan buah iblis Nika.

Dengan memiliki “kekuatan paling mengerikan di dunia” rasanya wajar jika kemudian Vegapunk penasaran dengan buah iblis Luffy. Dia tentunya ingin meneliti apa yang membuat buah iblis tersebut spesial dan luar biasa. Dan misi terakhirnya tentu adalah menciptakan atau menirukan kekuatan yang sama dengan buah iblis aslinya, seperti yang pernah dia lakukan sebelumnya.

Bukan Yang Pertama

Menciptakan atau menirukan kekuatan buah iblis bukanlah sesuatu yang asing bagi Vegapunk. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya dia juga pernah mengerjakan hal yang sama. Pemerintah Dunia memberikan perintah untuk melakukan kloning terhadap buah iblis milik Kaido. Puluhan tahun lalu, Kaido sempat ditangkap dan menjadi subyek penelitian Vegapunk.

Vegapunk mencoba untuk mencari tahu apa yang membuatnya menjadi kuat dan bagaimana dia bisa berubah menjadi naga. Dan buah iblis buatan Dr. Vegapunk yang muncul di cerita ini adalah buah iblis yang dimakan oleh Momonosuke. Buah iblis tersebut merupakan hasil kloning dari kekuatan buah iblis Kaido. Yang menjadi pertanyaan besarnya sampai saat ini adalah mengapa Vegapunk menganggap buah iblis tersebut gagal.

Berdasarkan hal itu, bukan sesuatu hal yang mustahil bagi Vegapunk untuk kemudian menirukan atau membuat kloning dari kekuatan buah iblis Nika. Apalagi, saat ini mereka berada di wilayah kekuasaannya. Menarik tentunya untuk melihat interaksi antara Vegapunk dan juga Luffy. Serta, menarik juga untuk melihat apa reaksi yang akan muncul dari Vegapunk tentang kekuatan buah iblis Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.