Avengers adalah tim superhero andalan Marvel yang pertama kali muncul pada tahun 1963. Saat muncul pertama kali di Marvel Universe, Earth’s Mightiest Heroes ini hanya beranggotakan Iron Man, Thor, Hulk, Giant-Man, dan Wasp. Yang pada saat itu bekerja sama untuk menghentikan ancaman dari sang God of Mischief Loki di komik Avengers #1. Meskipun banyak penggemar yang percaya bahwa Iron Man dan kawan-kawan adalah pendiri Avengers, tetapi faktanya mereka bukanlah Avenger pertama di muka Bumi.

Jauh sebelum Iron Man dan Thor lahir, bahkan Earth’s Mightiest Heroes sudah ada sejak 1 juta tahun sebelum masehi. Marvel memperkenalkan mereka dengan sebutan Avengers of 1.000.000 BC atau Prehistoric Avengers di komik Marvel Legacy #1 (2017). Terlepas dari apa pun panggilannya, sejatinya mereka adalah Avengers pertama yang ada di muka Bumi dan bahkan Marvel Universe secara keseluruhan. Hal inilah yang akhirnya mengubah urutan kronologis tentang siapa ‘pendiri’ Avengers yang sesungguhnya. Siapakah dia? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Avengers Didirikan oleh Pemilik Kekuatan Kosmik

Meskipun baru Marvel ungkap pada tahun 2017, tetapi secara kronologis Prehistoric Avengers sudah melindungi Bumi sejak satu juta tahun sebelum masehi. Saat usia Planet Bumi terbilang masih muda, nyatanya Avengers telah berdiri dengan sejumlah superhero tangguh pada masanya. Termasuk All-Father Odin, Sorcerer Supreme pertama Agamotto, Mosi alias Black Panther pertama, Fan Feis alias Iron Fist, Vnn alias Starbrand, dan Ghost Rider pertama. Menariknya, sosok pertama yang mempunyai ide untuk mendirikan Avengers dan mengajak para superhero tersebut adalah Firehair alias Lady Phoenix.

Firehair sendiri merupakan inang pertama dari entitas kosmik Phoenix di muka Bumi. Sebagai wanita mutan yang terkenal mempunyai rambut api, Firehair sudah dapat mengusai Phoenix Force sejak mereka pertama kali menyatu. Pada saat itu Phoenix sebenarnya berniat ingin membakar Bumi dan seluruh isinya. Namun, keberadaan Firehair akhirnya membuat dia tertarik untuk bergabung dengannya. Singkat cerita komik Avengers 1,000,000 BC #1 yang rilis pada bulan Agustus lalu, memperlihatkan bagaimana Firehair dengan kekuatan dan pengetahuan kosmiknya mulai mendirikan Avengers.

Sosok pertama yang Firehari rekrut adalah Odin, baru setelah itu dia mengajak manusia super lainnya yang umumnya adalah pemilik pertama dari kekuatan super ‘warisan’. Bersama Avengers pertama ini, Firehair menggunakan segenap kekuatannya untuk melindungi Bumi dari ancaman berbahaya. Seperti invasi Celestial pertama ke muka Bumi, dan juga serangan Thanos muda dari universe lain, yang pada saat itu melakukan penjelajahan waktu untuk menaklukan Bumi lebih awal. Jika tidak ada Firehair dan Prehistoric Avengers, mungkin Marvel Universe tidak akan seperti sekarang.

Sehebat apa Kekuatan Firehair?

Sudah menjadi suatu keharusan bagi pendiri Avengers untuk mempunyai kesadaran dan kekuatan super yang lebih superior dari manusia pada umumnya. Sebelum bergabung dengan Phoenix Force sebenarnya Firehair sudah terbilang lebih kuat dari orang-orang di sekitarnya. Karena faktanya sejak awal dia sudah terlahir sebagai seorang mutan yang mempunyai kekuatan telekenesis dan telepati. Sebelum menjadi inang pertama Phoenix, telekenesis dan telepati Firehair memungkinkan dia untuk mempunyai mental yang lebih kuat dari manusia biasa, serta mengendalikan benda-benda di sekitarnya.

Setelah bergabung dengan Phoenix Force, dua kekuatan dasar Firehair akhinya bertambah kuat dari sebelumnya. Termasuk telepatinya yang memungkinkan dia untuk bisa berbicara dengan orang lain, meskipun jaraknya sangat jauh. Selain itu dia juga jadi bisa terbang dengan sangat cepat untuk jarak yang tidak terbatas. Konon kekuatan Cosmic Pyrokinesis dari Phoenix telah membuat Firehair bisa mengeluarkan panas supernova yang dapat menghancurkan sebuah planet dengan mudah. Kekuatan kosmik inilah yang kemudian membuat Odin tertarik dengannya dan mau bergabung dengan Avengers.

Nasib Firehair dan Prehistoric Avengers Sekarang

Sayangnya, meskipun Prehistoric Avengers sangat berjasa dalam melindungi Bumi pada Zaman Prasejarah, sekarang mereka sudah bubar. Bisa dibilang yang bertanggung jawab atas pembubaran Avengers pertama ini adalah Firehair sendiri. Di mana semuanya bermula saat Odin, yang memang sejak awal sudah terkenal sombong, ingin menikahi Firehair. Mendengar lamaran Odin yang menurutnya sangat egois, Firehair dengan penuh amarah lantas memutuskan untuk terbang ke luar angkasa. Dia sadar bahwa kepergiannya itu akan membuat Bumi dan tim yang telah dia bentuk akan ‘layu’ dengan sendirinya.

Sejak saat itulah Prehistoric Avengers bubar karena tidak ada alasan lagi bagi anggota yang tersisa untuk mempertahankan tim tanpa Firehair. Umumnya masing-masing superhero kembali ke kehidupan lamanya. Termasuk Odin yang kembali ke kehidupan lamanya, kemudian Agamotto yang mulai mencari penerusnya sendiri, begitu juga dengan superhero pertama lainnya. Peristiwa pembentukan dan pembubaran Avengers oleh Firehair ini secara tidak langsung menggambarkan karakter Phoneix Force yang terkenal sebagai pencipta sekaligus penghancur sebuah peradaban.

Itulah pembahasan tentang pendiri Avengers di Marvel Universe yang sesungguhnya. Dia adalah Firehair yang menggunakan kekuatan Phoenix Force untuk mendirikan Avengers kemudian membubarkannya. Tidak diketahui bagaimana Firehair mati, yang jelas sekarang Phoenix Force sudah dimiliki oleh orang lain, yaitu Maya Lopez alias Echo. Terlepas dari nasib Avengers pertama yang sekarang sudah tidak lagi aktif, tidak bisa kita mungkiri bahwa Firehair adalah ‘cikal bakal’ Avengers. Yang sekarang hadir dengan komposisi baru sebagai Earth’s Mightiest Heroes di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.