Banyak sekali penggemar yang sudah sangat menantikan kehadiran film Avatar terbaru yang berjudul resmi Avatar: The Way of Water. Film kedua dari waralabanya ini masih melibatkan James Cameron sebagai sutradaranya. Ceritanya sendiri masih berfokus pada karakter Jake Sully dan Neytiri yang sekarang telah mempunyai keluarga kecil. Menariknya, meskipun film keduanya masih belum tayang, sebenarnya film ketiga sampai kelima Avatar sudah memulai syutingnya secara bersamaan.

Hal tersebut bisa terjadi karena syarat yang sebelumnya Cameron ajukan kepada 20th Century Studios. Di mana sutradara Titanic ini hanya bersedia mengerjakan sekuel film ini jika studio mau memberikannya kesempatan untuk menggarap waralabanyanya sampai film kelima. Melihat kesuksesan film pertamanya yang sangat fenomenal, tentunya syarat tersebut merupakan sesuatu yang menguntungkan bagi semua pihak. Jadi tidak aneh jika ternyata film Avatar 4 (2026), sudah merampungkan sebagian besar adegan awalnya.

Sebagian Besar ‘First Act’ Avatar 4 Telah Selesai

Baru-baru ini dalam acara konferensi pers di Busan International Film Festival (via Variety), produser Avatar Jon Landau mengonfirmasi bahwa sebagian besar first act Avatar 4 telah selesai. Salam sebuah produksi film, first act sendiri umumnya berisi sejumlah adegan pembuka untuk membangun plot utama di filmnya. Menurut Landau, semua ini bisa terjadi karena ada alasan logistik yang memaksa mereka untuk segera melakukan hal tersebut.

“Kami telah menyelesaikan sebagian besar first act Avatar 4 dan ada alasan logistik mengapa kami harus melakukan hal tersebut,” kata Landau kepada Variety. “Kami sebenarnya telah merancang keseluruhan [produksi] film untuk Avatar 4. Namun, kami belum benar-benar bisa memfilmkan semuanya, hanya first act-nya saja.”

Alasan logistik yang dimaksud Landau mungkin karena syuting awal film Avatar 4 ada yang menggunakan tempat atau peralatan di The Way of Water. Sehingga untuk membuatnya lebih efektif, mereka harus segera menyelesaikan first act dari Avatar 4 berbarengan dengan The Way of Water. Sejauh ini masih belum terungkap akan seperti apa plot dari film keempatnya nanti. Yang jelas film Avatar 4 rencananya akan tayang pada tanggal 18 Desember 2026. Sedangkan Avatar: The Way of Water akan tayang di bioskop pada tanggal 16 Desember nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.