Rumah produksi Warner Brothers sudah mempersiapkan tahun 2022 dan 2023 sebagai tahun yang besar bagi berbagai proyek film DC. Mereka berencana merilis banyak film dalam rentang waktu tersebut. Beberapa proyek film yang ada dalam daftar mereka adalah The Flash, Aquaman, Blue Beetle, dan bahkan film animasi Krypto the Super-Dog. Mereka juga akan merilis film dalam waktu dekat ini yaitu Black Adam.

Berbeda dengan Joker, nama Black Adam mungkin masih belum terlalu familiar di kalangan para fans mainstream. Dan film ini akan menjadi jalan untuk memperkenalkan sosok karakter yang akan diperankan oleh Dwayne Johnson tersebut. Lalu, siapa sebenarnya Black Adam dan seperti apa kekuatannya?

Siapa Black Adam

Pertama kali muncul pada 1945 dalam komik The Marvel Family #1 oleh Otto Binder dan C.C. Beck, karakter Black Adam hanya muncul sekali dalam sebuah cerita di era Fawcett Comics. Teth-Adam pada awalnya merupakan seorang budak di Mesir kuno yang harus kehilangan keluarganya akibat kekejaman sang pemimpin Khandaq. Dia sebenarnya merupakan sosok yang penyihir Shazam pilih untuk menjadi penerusnya.

Namun, setelah mengetahui bahwa moral atau sifat Black Adam yang sebenarnya, pada akhirnya penyihir Shazam pun memilik Billy Batson. Sama seperti Billy, Teth-Adam hanya perlu mengucapkan kata ‘Shazam’ untuk kemudian bisa berubah menjadi Black Adam. Dia pun menggunakan kekuatan dahsyatnya tersebut untuk membunuh sang pemimpin dan mengambil alih kekuasaanya.

Black Adam vs. the Marvel family in his first 1940s appearance.

Mengetahui hal ini, sang penyihir Shazam akhirnya memutuskan untuk “mengusirnya” dari bumi. Butuh waktu sekitar 5.000 tahun untuknya bisa kembali ke bumi. Dia pun kemudian bertarung untuk menghadapi Billy Batson, dan berhasil mengelabuinya Teth-Adam. Billy berhasil membuat Teth-Adam mengucapkan mantra ‘Shazam,’ yang mana hal itu justru membuat Teth-Adam kembali seperti semula.

Akibat hal ini, Teth-Adam harus tewas karena usianya yang mencapai 5.000 tahun. Setelah sekian lama, akhirnya karakternya kembali muncul pada 1973. DC Comics memutuskan untuk mengganti komik Captain Marvel dan menggantinya dengan nama Shazam! demi menghindari permasalahan hak cipta dengan Marvel Comics. DC Comics kemudian menghadirkan ulang ceritanya, di mana dia mampu untuk menandingi karakter seperti Superman.

Asal-Usul Kekuatan Black Adam

Seperti yang disebutkan di atas, Black Adam juga memiliki kekuatan sihir dahsyat saat mengucapkan kata ‘Shazam.’ Dan seperti halnya Billy Batson, Black Adam juga memiliki berbagai kekuatan dahsyat yang kemudian membentuk huruf SHAZAM. Namun, yang menjadi catatan adalah SHAZAM versi Black Adam berbeda dengan versi Billy Batson.

Shu

Ketika berbicara mengenai kekuatan manusia super, Stamina of Shu menjadi andalan bagi Black Adam. Sesuai namanya, kekuatan ini berasal dari Shu, dewa Mesir untuk elemen cahaya dan udara. Kekuatan Shu ini membuat Black Adam bisa bertarung sekeras dan selama apa pun yang dia inginkan dan butuhkan. Selama periode tertentu, dia bahkan tidak membutuhkan bantuan apa pun. Black Adam tidak membutuhkan makan dan minum, bahkan dia tidak membutuhkan istirahat.

Horus

Selain kekuatan manusia super, Black Adam juga memiliki kecepatan manusia super. Sumbernya berasal dari kekuatan dewa Horus, dewa langit Mesir Kuno. Selain memberikan Black Adam kemampuan untuk bisa bergerak dengan kecepatan yang sangat luar biasa, kekuatan Horus ini juga memberikannya kemampuan untuk bisa terbang. Kelincahan, keseimbangan, refleks, koordinasi dan semua hal yang ada di tubuhnya benar-benar dalam level manusia super berkat kekuatan ini.

Amun

Amun merupakan raja dari para dewa-dewa Mesir. Dan hal ini pun menjadi masuk akal ketika kemudian kekuatan Amun memberikan Black Adam kekuatan yang sangat luar biasa. Dengan adanya kekuatan Amun, Black Adam mampu menghadapi siapa pun, baik yang berasal dari bumi atau pun luar bumi. Dalam cerita komiknya, dia hampir mampu mengimbangi kekuatan Superman dan terbukti jauh lebih kuat dari Shazam dalam beberapa pertarungan.

Zehuti

Black Adam memiliki kebijaksaanaan dari sosok Zehuti, yang mana dengan kata lain dia memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa. Dengan kekuatan dari Zehuti, dewa pembelajaran Mesir Kuno, Black Adam mampu membaca situasi dengan cepat, mempelajari sesuatu dalam waktu singkat dari siapa pun, dan juga sangat cerdas. Hal ini membantunya untuk menyusun rencana pertempuran dalam waktu singkat. Dan ini juga yang membuatnya menjadi salah satu anggota Justice Society yang luar biasa.

Aten

Salah satu kekuatan yang erat kaitannya dengan Black Adam dan Shazam adalah elektrokinesis atau pengendalian petir. Simpelnya, kedua karakter ini bisa memanggil petir atau listri dan bahkan menembakannya. Meskipun kekuatan ini lebih dikenal dengan sebutan “Power of Aten,” namun kekuatannya sendiri berasal dari sang dewa matahari Mesir Kuno, Ra. Dengan meneriakan kata “Shazam!” maka, Black Adam akan mampu memanggil petir dan melukai musuhnya. Kekuatan petirnya bahkan mampu untuk melukai Wonder Woman.

Mehen

Black Adam memiliki keberkahan dari Keberanian Mehen. Meskipun kekuatan ini nampaknya membuat Black Adam menjadi sosok yang tidak takut apa pun, namun faktanya tidaklah demikian. Keberkahan ini tidak ada kaitannya dengan rasa takut atau kemampuan untuk bertarung. Namun, kekuatan ini lebih kepada bagaimana Black Adam berubah menjadi sesuatu yang tidak mampu untuk dilukai, atau tidak terkalahkan. Contoh nyatanya adalah bagaimana dalam trailer filmnya dia tahan terhadp serangan roket. Pikiran Black Adam juga terlindungi, yang membuatnya tidak bisa dikendalikan pikirannya.

Apa Kelemahan Black Adam?

Dengan kekuatan dahsyat dari para dewa Mesir Kuno tersebut, wajar jika kemudian Black Adam menjadi salah satu kekuatan dahsyat di universe DC. Hal ini juga membuatnya menjadi sosok yang setara dengan Superman. Di sisi lain, hal ini juga bisa berarti bahaya besar apalagi Black Adam berpotensi untuk menjadi seorang villain. Banyak yang mungkin bertanya, apakah Black Adam memiliki kelemahan.

Jawabannya adalah ada. Black Adam memiliki kelemahan yang mana beberapa diantaranya adalah petir, kekuatan sihir, dan juga alter-ego miliknya. Dengan kekuatan sihir yang jauh lebih dahsyat, bukan mustahil jika kemudian Black Adam akan terluka atau kalah. Serangan petir juga mungkin adalah senjata andalannya, namun bisa juga menjadi alat untuk mengalahkannya.

Death Of Black Adam - YouTube

Hal ini menjadi alasan mengapa kemudian hanya Shazam yang mampu menandingi Black Adam. Terakhir, sosok aslinya, Teth-Adam, adalah kelemahan terbesarnya. Saat dia tidak berubah menjadi Black Adam, Teth-Adam hanyalah manusia biasa tanpa kekuatan. Dia bisa diserang dengan mudah tanpa ada perlawanan berarti. Dan pertanyan yang juga muncul di benak Geeks adalah apakah Black Adam bisa tewas.

Jawabannya adalah ya, Black Adam bisa tewas. Bahkan, dalam cerita komiknya, dia sudah pernah tewas beberapa kali. Pertama, ketika Shazam berhasil mengelabuinya di mana Teth-Adam tewas karena usianya sendiri yang sudah 5.000 tahun. Kematian selanjutnya lebih disebabkan karena kelemahan-kelemahan yang disebutkan sebelumnya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana aksi Black Adam di filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.