Dalam dunia One Piece, Pemerintah Dunia merupakan pemegang kekuasaan paling besar di dunia. Mereka bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan. Mulai dari menghabisi seseorang sampai menghancurkan sebuah pulau dari peta atau bahkan menghapus sebuah peradaban dan sejarah bisa mereka lakukan. Contoh paling nyata bisa kita lihat dalam chapter 1060 kemarin, di mana mereka menghancurkan kerajaan Lulusia dengan mudah.

Mereka menghancurkan kerajaan tersebut tanpa berpikir panjang. Banyak masyarakat tidak bersalah dan anak-anak yang harus tewas akibat hal tersebut. Dan yang mengerikannnya adalah ini bukan yang pertama kalinya mereka melakukan hal tersebut. Mereka sudah beberapa kali menghancurkan sebuah wilayah tanpa ampun jika mereka anggap sesuatu atau sebuah wilayah menjadi ancaman, salah satunya adalah pulau Ohara.

Yang juga tidak kalah mengerikan adalah Pemerintah Dunia merupakan agen propaganda yang luar biasa. Mereka selalu berhasil memutar balikan fakta atau bahkan menyembunyikan sesuatu dari publik. Hal inilah yang terkadang memunculkan banyak salah persepsi di kalangan masyarakat. Im adalah sosok yang menguasai Pemerintah Dunia. Artinya, dialah penguasa seluruh dunia ini.

Dialah yang menghancurkan kerajaan Lulusia dan merenggut banyak nyawa lain. Angkatan laut sendiri merupakan wajah militer dari Pemerintah Dunia, yang bergerak atas perintah mereka. Dua hal yang mungkin membuat mereka setia kepada Pemerintah Dunia adalah Im dan Senjata Kuno. Namun, pertanyaanya kemudian apakah mereka akan tetap setia ketika semua rahasia tersebut diketahui orang-orang?

SWORD Akan Berkhianat?

Pihak angkatan laut berada di bawah kendali pihak Pemerintah Dunia. Semua keputusan mereka selalu berkaitan dengan sang penguasa. Mayoritas angkatan laut memang mengabdi atau menjadi bagian dari pola pikir dan paradigma yang sudah terpatri sejak lama. Namun, bukan tidak mungkin ketika fakta sebenarnya terbongkar di akhir cerita nanti akan banyak yang akhirnya akan membelot.

Kelompok pertama yang mungkin muncul di benak Geeks semua yang akan berkhianat kepada Pemerintah Dunia adalah SWORD. Sejauh ini, sudah ada beberapa orang yang muncul dan diperkenalkan sebagai anggota kelompok ini yaitu Prince Grus, Hibari, Helmeppo, Koby, dan X Drake yang sekaligus juga menjadi pemimpinnya. Berdasarkan informasi yang ada tugas mereka adalah mengawasi aktivitas Yonko.

Namun, tentunya ada misi lain yang tidak kita ketahui tentang organisasi rahasia ini. Dan berbicara rahasia, sepertinya para petinggi angkatan laut masih belum menyadari tentang adanya organisasi ini. Lain halnya dengan pihak Pemerintah Dunia, yang mungkin sudah sadar dengan keberadaan mereka. Hal ini kita ketahui dari salah satu agen CP-0 saat bertemu dengan Drake di Onigashima.

Inilah Seluruh Karakter Anggota Sword yang Baru Diketahui sejauh ini di One Piece - Wow Babel

Dengan kelompok sebesar dan luar biasa seperti itu, tentunya akan ada pemimpin yang mendukung dan melindungi mereka serta misi mereka. Banyak fans berteori jika Kuzan merupakan sosok yang melindungi mereka. Dan ada juga yang menganggap jika beberapa karakter lain, seperti Garp dan Fujitora, bergabung dalam kelompok ini. Terlepas dari benar atau tidaknya hal itu, yang pasti mereka tidak sejalan dengan ide angkatan laut saat ini.

Selain SWORD, sosok Fujitora alias Issho merupakan sosok lain yang juga akan bertentangan dengan pihak pemerintah. Saat ini pun dia sudah menunjukan ketidaksetujuannya dengan semua hal yang Pemerintah Dunia lakukan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa kemudian dia memilih untuk melukai matanya. Dia merupakan sosok “pengganti” Kuzan di jajaran angkatan laut yang masih memiliki rasa hormat dan kebaikan.

Karakter Lain

Wakil Admiral Smoker dan juga Kapten Tashigi merupakan dua anggota angkatan laut lainnya yang masih memiliki moral. Mereka masih memiliki rasa dan penilaian tentang mana yang benar dan salah. Mereka pun sepertinya tidak setuju dengan menghancurkan sebuah wilayah atau apa pun yang melibatkan banyak nyawa yang tidak bersalah. Dia bahkan mengakui bahwa Luffy yang mengalahkan Crocodile, meskipun Pemerintah Dunia mengabarkan sebaliknya.

One Piece 1048, Bukan Gorosei atau Im Sama yang Ditakuti Garp dan Sengoku, Tapi Panglima Kong - Jurnal News

Yang juga memiliki penilaian yang sama adalah Monkey D. Garp. Dia merupakan kakek dari sang protagonis utama, Monkey D. Luffy. Garp merupakan pahlawan angkatan laut yang sejak lama berusaha untuk mempertahankan nilai-nilai angkatan laut yang sebenarnya. Meskipun dia berbeda kubu dengan cucunya, namun Garp memiliki moral dan pemikiran untuk menjadi seorang angkatan laut yang sejati.

Bagaimana Hal Ini Memengaruhi Akhir Ceritanya

Satu hal yang akan muncul jika kemudian pasukan angkatan laut memutuskan untuk membelot atau berkhianat adalah meningkatnya “ancaman” dari Pasukan Revolusi. Mengapa? Skenario yang paling masuk akal tentunya adalah bagaimana mereka akan bergabung dengan organisasi yang dipimpin oleh Monkey D. Dragon tersebut. Ini tentunya akan membuat Pasukan Revolusi semakin besar.

Belum lagi, mereka bisa juga berafiliasi dengan SWORD yang tentunya memiliki informasi atau petunjuk mengenai kekuatan Pemerintah Dunia. Kolaborasi kedua kelompok ini bukan mustahil bisa menghancurkan kekuatan besar Pemerintah Dunia. Belum lagi ada kelompok luar lainnya yaitu bajak laut, yang mana mereka memiliki faksinya sendiri. Bisa kita pastikan baik Pemerintah Dunia atau pun angkatan laut akan kewalahan dan hancur.

Menggunakan Senjata Kuno di depan banyak orang, akan menguak fakta yang sebenarnya tentang Pemerintah Dunia. Dan ini akan menjadi jalan serta menjadi momen awal pertempuran paling besar, paling brutal, paling mengerikan dalam seri One Piece. Jadi, kesimpulannya, apakah angkatan laut akan membelot di akhir ceritanya? Jawabannya adalah ya.

Angkatan laut akan terbagi menjadi dua kubu, di mana satu kubu mendukung apa yang kemudian menjadi langkah pemerintah. Sedangkan, kubu lainnya akan menolak dan memutuskan untuk membelot dan bergabung dengan yang lainnya. Dengan saat ini Oda Sensei sudah memulai cerita akhir serinya, kita nantikan saja momen kebenaran dari hal ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.