Saat ini, MCU sudah memasuki tahun ke 14. Selama itu pula Marvel Studios mengenalkan banyak karakter penting di MCU, mulai dari Captain America, Iron Man, hingga yang paling terakhir adalah She-Hulk. Perlahan tapi pasti, Marvel Studios juga akan memperkenalkan berbagai karakter baru lainnya, termasuk para mutan, yang secara diam-diam muncul di banyak tayangan MCU. Entah Geeks sadar atau tidak, sebenarnya sudah ada 6 mutan yang dikonfirmasi eksis di MCU. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Charles Xavier

Lewat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Marvel Studios mengenalkan salah satu pemimpin mutan paling terkenal. Dia adalah Charles Xavier yang kembali diperankan oleh Patrick Stewart. Namun yang harus kita catat bahwa Xavier tersebut bukanlah Xavier yang berasal dari film X-Men garapan Fox, melainkan terinspirasi dari series X-Men: The Animated Series. Dia berasal dari Earth-838 dan merupakan anggota Illuminati. Namun sayangnya, penampilan Xavier di MCU tidak berlangsung lama. Pasalnya dia menemui ajalnya saat bertarung melawan Scarlet Witch yang berasal dari Earth-616. Mungkinkah ada versi Xavier lainnya di Earth-616? Kita tunggu aja ya Geeks!

Ms. Marvel

Setelah Xavier muncul, Marvel Studios kemudian mengenalkan mutan lainnya di MCU. Ia adalah Ms. Marvel, yang beberapa bulan lalu mendapatkan series solonya. Ms. Marvel resmi menjadi mutan pertama di Earth-616 yang terkonfirmasi. Di musim perdana Ms. Marvel terungkap bahwa Kamala Khan memiliki ikatan keluarga dengan Noor Dimension, dan dia juga membawa gen mutan. Sebenarnya di komik, Kamala Khan bukanlah mutan, melainkan Inhuman, dan sumber kekuatannya berasal dari paparan Terrigen Mist. Karena series Inhuman gagal, Marvel Studios tampaknya sengaja melakukan perubahan tersebut kepada Ms. Marvel.

Mr. Immortal

She-Hulk episode 6 menampilkan salah satu mutan dengan kekuatan dahsyat. Ia adalah Mr. Immortal. Di komik, Mr. Immortal mengakui bahwa dirinya adalah mutan. Kekuatannya sangat dahsyat, yaitu keabadian. Dia akan terus hidup kembali meskipun mati berkali-kali. Deadpool pun sudah membuktikan kekuatan Mr. Immortal, mulai dari menembak, memotong, dan meledakkan Mr. Immortal. Tapi semua upaya tersebut sia-sia. Namun untuk Mr. Immortal di MCU, tidak dijelaskan secara pasti darimana Mr. Immortal (yang bernama asli Craig Hollis) mendapatkan kekuatannya.

Namor

Namor sering kita kenal sebagai mutan pertama Marvel. Walaupun usia Namor tidak setua Selene dan Apocalypse, tetapi Namor sudah muncul di komik jauh sebelum mereka berdua. Ayah Namor sebenarnya hanya manusia biasa sementara ibunya adalah seorang Atlantean. Tetapi, Namor memang memiliki gen mutan dan beberapa kemampuan khusus. Tidak lama lagi, Namor akan segera muncul di MCU, lewat film Black Panther: Wakanda Forever. Pemeran Namor, Tenoch Huerta, menegaskan bahwa Namor yang ia perankan adalah seorang mutan. Kita tunggu aja ya Geeks penampilan Namor nanti.

Wolverine

Selain Patrick Stewart yang mendapat kesempatan kembali memerankan mutan, Hugh Jackman pun mendapat kesempatan serupa. Baru-baru ini, Hugh Jackman dipastikan akan kembali memerankan Wolverine. Karakternya akan kembali muncul di film Deadpool 3. Beberapa waktu lalu, Hugh Jackman dan Ryan Reynolds sudah menjelaskan bahwa Wolverine yang akan muncul di MCU, adalah Wolverine yang sama dengan yang muncul di film Logan (2017). Film Logan mengambil latar waktu tahun 2029, sementara saat ini di MCU berlatar tahun 2023. Secara teknis, saat ini MCU berada 6 tahun sebelum timeline di film Logan, yang berarti saat itu Wolverine masih hidup.

Deadpool

Sebelum Geeks kaget dengan kemunculan nama Deadpool dalam daftar ini, ada baiknya kita menyimak penjelasannya terlebih dulu. Di komik, sebenarnya Deadpool bukanlah mutan. Dia hanya seorang tentara bayaran yang memiliki kekuatan healing factor akibat Weapon X. Namun di film X-Men versi Fox, ceritanya menyimpang jauh dari komik. Contohnya, di film X-Men Origins: Wolverine, Deadpool tampak memiliki refleks seperti manusia super bahkan sebelum dia diberikan kekuatan healing factor. Sementara di film Deadpool (2016), film tersebut menunjukkan bahwa Wade Wilson memiliki gen mutan yang menjadi aktif setelah ia mendapat siksaan Ajax. Oleh sebab itulah Deadpool masuk dalam kategori mutan yang eksis di MCU, di mana ia akan kembali di Deadpool 3.

Itulah dia Geeks beberapa mutan yang sudah terkonfirmasi eksis di MCU. Sebenarnya ada 3 mutan lain yang eksis di MCU. Mereka adalah Ursa, Scarlet Witch dan juga Quicksilver. Hanya saja, Marvel Studios belum mengkonfirmasi bahwa ketiganya adalah mutan. Bahkan di MCU, ketiganya memiliki asal-usul yang berbeda dari komiknya, sehingga mereka belum bisa kita sebut sebagai mutan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/