Garou merupakan salah satu villain yang banyak para fans bicarakan selain Orochi atau pun Boros. Dia merupakan murid dari Silver Fang, yang tidak puas dengan sosok hero. Menurutnya, justru para hero tersebut adalah villain sebenarnya. Garou memang memiliki kemampuan fisik yang sangat luar biasa. Dia mampu untuk beradaptasi dengan rasa sakit dan juga kekalahan.

Namun, sayangnya, kemampuannya untuk beradaptasi dengan rasa sakit membuatnya memiliki hal lainnya yaitu berevolusi menjadi sosok monster. Dalam arc Monster Association ini kita melihat bagaimana perkembangan kekuatan Garou dengan sangat drastis. Mulai yang pada awalnya dia hanyalah manusia biasa, Garou kemudian berkembang menjadi sosok monster yang mengerikan.

Dalam beberapa chapter lalu, bahkan kita melihat bagaimana Garou memiliki kekuatan kosmik yang sangat luar biasa. Meskipun begitu, ada sebuah perbedaan menarik yang muncul dari perkembangan Garou ini. Perbedaan tersebut adalah bagaimana Garou hanya mampu untuk mencapai level tertentu jika tanpa bantuan God. Apa maksudnya?

Level Maksimal Perubahan Garou

Di awal cerita dalam arc Monster Association, kita sudah melihat bagaimana Awakened Garou akhirnya muncul. Tapi, Awakened Garou saat itu masih belum sepenuhnya monster. Dia masih sadar dan mampu mengendalikan dirinya, hanya saja kekuatan dan kecepatannya sudah bertambah secara drastis. Setelah dia menghajar Puri-Puri Prisoner Garou langsung berhadapan dengan Superalloy Darkshine.

Meskipun baru form pembuka, Awakened Garou ini mampu menahan serangan tekel Superalloy. Garou yang marah dan kemampuannya meningkat kemudian mampu mengimbangi kekuatan Superalloy Darkshine tanpa kesulitan berarti. Berbagai serangan kemudian Garou lancarkan, yang mana membuat Superalloy takut akan kekuatan tersebut.

Pada akhirnya, Superalloy bisa dikalahkan dengan mudah oleh Garou dalam pertarungan itu. Perkembangan wujud Garou terus terjadi di chapter selanjutnya. Setelah dalam pertarungan melawan Flashy Flash dan Platinum Sperm nampak tubuh Garou seolah tertutupi oleh baju pelindung berwarna hitam, dalam pertarungan melawan Saitama di chapter 163 kemarin kita melihat bagaimana Garou nampak benar-benar berubah menjadi sosok monster.

My reason why I think Awakened Garou Cosmic Fear mode is ...

Tubuhnya sedikit membesar dan otot-otot tubuhnya semakin terlihat jelas. Teknik yang digunakan pun tidak kalah dahsyat, seperti yang dipraktikan dalam teknik God Slayer Ascending Attack. Dan ini menjadi transformasi terakhir dari Garou, sebelum kemudian dia frustasi untuk menandingi kekuatan Saitama dan berharap ada kekuatan besar yang bisa membantunya.

Pada momen itulah Garou kemudian mendapatkan kekuatan dari God, meskipun dia tidak sepenuhnya bersentuhan dengan sosok misterius itu. Dan berkat kekuatan God ini juga yang kemudian membuat Garou akhirnya mendapatkan transformasi Cosmic Fear Mode, yang menjadi kekuatan dan transformasi terkuat Garou saat ini.

Transformasi Terkuat Dari Garou

Meskipun form Cosmic Fear Mode menjadi kekuatan terkuat Garou saat ini, namun sebenarnya hal itu tidak murni berasal dari kekuatannya. Seperti yang kita tahu, Garou mendapatkan kekuatan tambahan dari God seperti beberapa karakter lain. Kekuatan tambahan itulah yang membuat dia kemudian menjadi sosok yang luar biasa dahsyat, yang hampir mampu seimbangi kekuatan Saitama.

Namun, sebenarnya, jika berbicara mengenai kekuatan Garou, dengan usahanya sendiri transformasi maksimal yang akan Garou dapatkan adalah awakened Garou yang kita lihat sebelum dia bertarung menghadapi Saitama. Menurut informasinya, monster awakened Garou ini memiliki level ancaman di atas Naga atau Beyond Dragon. Semua perkembangan kekuatan Garou akan berhenti di sini.

Image

Hal ini dikarenakan dalam versi webcomicnya pun ini menjadi level maksimal transformasi Garou, sebelum kemudian Saitama pada akhirnya berhasil mengalahkannya. Namun, sepertinya Yusuke Murata ingin menghadirkan beberapa perbedaan antara webcomic dan versi manganya. Sehingga, dia pun menghadirkan cerita di mana Garou mendapatkan kekuatan tambahan dari God.

Saat ini, Garou sudah kehilangan semua kekuatan kosmik tersebut. Dan juga dia sudah mengakui kesalahannya dan siap untuk menjalani hidup lebih baik. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana transformasi terbaru dari Garou lainnya, setelah dia berubah menjadi lebih baik. Apalagi, saat ini, dia kembali berlatih bersama Silfer Fang. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.