Wakanda adalah sebuah negara tersembunyi yang menyimpan banyak teknologi canggih. Bahkan Vibranium yang menjadi bahan pembuatan tameng Captain America berasal dari tempat tersebut. Faktanya ada banyak sekali teknologi canggih yang berasal dari Wakanda, dan salah satunya adalah kostum T’Challa. Seperti yang kita ketahui, kostum tersebut adalah buatan Shuri. Walau terlihat sederhana, tetapi kostum tersebut sangatlah canggih karena terbuat dari Vibranium yang memiliki pertahanan luar biasa.

Selain kostum Black Panther, ada juga beberapa senjata canggih dari Wakanda seperti sebuah granat EMP yang bisa mematikan mesin apapun, termasuk armor Iron Man. Tetapi di antara banyak penemuan hebat dari Wakanda, armor Hulkbuster dari Wakanda sepertinya menjadi yang paling menarik. Yap, ternyata Black Panther juga memiliki armor Anti-hulk versi mereka sendiri. Bahkan, armor Anti-hulk tersebut lebih canggih dari Hulkbuster Iron Man.

Mengapa Wakanda Membuat Anti-Hulk? 

Di Marvel Universe, semua orang takut jika Hulk kehilangan kendali. Ketika Hulk menjadi sangat marah, Hulk benar-benar menjadi ancaman yang harus ditakuti, bahkan oleh  pahlawan terkuat sekalipun. Oleh sebab itulah raja T’Challa mengantisipasi peristiwa mengerikan tersebut dengan membuat armor Anti-Hulk versi Wakanda. Untuk membuat armor Anti-Hulk, T’Challa membutuhkan pasokan vibranium yang besar. Dengan segala upaya, armor Anti-Hulk akhirnya rampung dan melakukan debutnya di komik Totally Awesome Hulk #9.

Sebenarnya nih Geeks, armor Anti-Hulk Wakanda tidak pernah T’Challa gunakan untuk melawan Hulk versi Bruce Banner. Faktanya, Banner sudah mati lebih dulu setelah Clint Barton membunuhnya di peristiwa Civil War II. Saat itu, Barton menyadari bahwa Bruce Banner adalah ancaman besar, terutama ketika Banner berubah menjadi Hulk. Oleh sebab itulah Barton membunuh Bruce Banner dengan cara menembaknya. Setelah membunuh Banner dengan keji, sayangnya Barton terbebas dari hukuman.

Itulah yang akhirnya menjadi pemicu Amadeus Cho (yang juga sama-sama Hulk) marah, karena rekannya dibunuh secara brutal dan pelakunya hidup bebas. Captain Marvel sempat turun tangan untuk menengahi masalah yang terjadi. Harapannya adalah agar Amadeus tidak melakukan tindakan sembrono terhadap Clint Barton, atau yang lebih buruk lagi, Amadeus kehilangan kendalinya dan berubah menjadi Hulk. Sayangnya, Amadeus menolak jalan damai. Sejak itulah T’Challa membuat armor Anti-Hulk tersebut.

Lebih Hebat Daripada Hulkbuster

T’Challa dan ilmuwan Wakanda lainnya merancang Ant-Hulk sedemikian rupa agar tidak menyakiti Hulk. Armor tersebut lebih dirancang sebagai penahan Hulk, saat dia mengamuk. Tidak seperti Hulkbuster yang dipersenjatai berbagai peledak hingga repulsor untuk menghabisi Hulk. Armor Anti-Hulk Wakanda diciptakan untuk menahan Hulk selama mungkin, dan digunakan untuk mengalihkan konsentrasi Hulk.

Anti-Hulk Wakanda juga memiliki beberapa senjata yang bersifat melumpuhkan, seperti mampu mengeluarkan gelombang suara sonik yang dapat menganggu fokus Hulk, merusak pendengarannya, dan menggangu penglihatannya. Selain gelombang suara, Anti-Hulk Wakanda juga mampu melepaskan spora yang bisa membuat paus atau bahkan Hulk tertidur.

Sayangnya berbagai kemampuan tersebut tidak terlalu efektif saat Anti-Hulk harus berhadapan dengan Amadeus Cho. Berbeda dengan Bruce Banner, Amadeus Cho mampu mengendalikan Hulk di dalam tubuhnya dengan baik. Cho tidak ditutupi oleh amarah Hulk sehingga Cho tidak pernah menghancurkan sesuatu. Karena itulah berbagai senjata di Anti-Hulk Wakanda gagal menghentikan Cho. Bahkan spora yang ditembakkan untuk menidurkan Cho gagal, dengan Cho yang berhasil menepisnya.

Pertarungan Anti-Hulk Wakanda dan Amandeus Cho

Pertempuran antara Anti-Hulk Wakanda dan Amandeus Cho pun akhirnya pecah. Menariknya nih Geeks, setiap serangan Cho tidak bisa merusak armor tersebut. Pasalnya, armor tersebut terbuat dari Vibranium, yang dapat memanipulasi energi. Setiap Cho memukulnya, maka pukulan tersebut malah memperkuat armornya. Tetapi Geeks, karena Cho semakin marah, maka dia semakin kuat.

Seperti yang kita ketahui, Hulk akan semakin kuat ketika dia marah. Yang membatasi kekuatan Hulk adalah amarahnya. Ketika Cho semakin marah, Cho berhasil menggunakan seluruh kekuatannya yang belum pernah ia tunjukkan sebelumnya. Kekuatan dahsyat itulah yang akhirnya mampu merobek armor Anti-Hulk. Meskipun akhirnya armor Anti-Hulk tersebut gagal mengalahkan atau menahan Hulk, tetapi Anti-Hulk wakanda memiliki peningkatan yang jauh lebih besar daripada Hulkbuster Iron Man. Anti-Hulk terbukti mampu mencegah hulk melukai siapapun dan menyebabkan kerusakan yang lebih masif.

Itulah dia Geeks penjelasan tentang Hulkbuster versi Wakanda. Walau sudah lebih baik dari Hulkbuster Tony Stark, tetapi Anti-Hulk Wakanda masih belum bisa menghentikan Hulk selamanya. Mungkin di masa yang akan datang, Iron Man atau T’Challa akan membuat berbagai armor baru yang lebih dahsyat untuk mengalahkan Hulk.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/