Bagaimana jadinya jika Batman yang seorang manusia biasa menjadi penyihir di DC Universe? Hal seperti itu sebenarnya tidaklah mustahil, karena DC Comics sendiri cukup sering menghadirkan Batman dengan kekuatan super baru. Misalnya dengan kekuatan power ring yang mengubahnya menjadi seorang Lantern, atau Mobius Chair yang menjadikannya dewa pengetahuan di alam semesta. Sehingga bisa kita bayangkan betapa kerennya jika Batman jadi penyihir, apalagi dengan kekuatan seperti Doctor Fate.

Doctor Fate sendiri adalah identitas superhero DC yang mendapatkan kekuatan dari entitas kosmik kuno, Nabu the Wise. Kent Nelson adalah Doctor Fate pertama dan tersakti yang sangat terkenal di kalangan penggemar. Alasan mengapa dia menjadi penyihir yang sangat hebat adalah karena Nabu memberikan tiga artefak sihir kepadanya. Termasuk Amulet of Anubis, Cloak of Destiny, dan yang terkuat Helmet of Nabu. Menariknya, di kisah DC mendatang yang berjudul ‘Lazarus Planet’, Batman terlihat mengenakan Helmet of Nabu.

Batman Jadi Doctor Fate Baru di Kisah Lazarus Planet

Baru-baru ini dalam acara New York Comic-Con 2022, DC Comics mengumumkan kisah terbaru mereka yang berjudul Lazarus Planet. Judul komik pertama dari kisah ini adalah Lazarus Planet: Alpha karya Mark Waid dan sejumlah talenta kreatif DC lainnya, yang akan rilis pada 10 Januari 2023. Selain komik utamanya, kisah ini juga merilis komik spin off berjudul Batman vs. Robin. Di mana preview untuk edisi keempatnya telah memperlihatkan sosok Batman yang tengah mengenakan Helmet of Nabu.

Walaupun begitu, ternyata kejadiannya tidak sesederhana ‘Batman meminjam artefak milik Doctor Fate’. Pada kenyataannya kisah Lazarus Planet akan mengisahkan ledakan gunung berapi Lazarus yang akhirnya menciptakan awal Lazarus. Dari awan inilah hujan misterius turun dan mengubah para superhero menjadi sosok yang baru, seperti menggabungkan dua karakter dalam satu tubuh. Dalam kasus Batman dia terlihat seperti Doctor Fate dengan Helmet of Nabu, yang memungkinkannya untuk mempunyai kekuatan sihir sakti mandraguna.

Selain Batman, karakter lain di sekitarnya juga turut berubah. Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas, Martian Manhunter terlihat berubah menjadi monster Doomsday. Kemudian ada juga Superman Jon Kent yang mengeluarkan energi listrik biru seperti penampilan lampau ayahnya, dan masih banyak lagi. Berdasarkan pengumuman dan preview ini cukup jelas bahwa Lazarus Planet akan menjadi salah satu kisah crossover besar dalam sejarah DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.