Apakah sosok yang muncul di chapter 1061 kemarin merupakan sosok Vegapunk asli? Inilah pertanyaan para fans One Piece pasca kemunculan karakter yang sudah sejak lama mereka nantikan yaitu Dr. Vegapunk. Dalam seri One Piece ada beberapa karakter misterius yang para fans nantikan kemunculannya dan Vegapunk merupakan salah satunya. Setelah satu dekade lebih, akhirnya Oda memunculkan sosoknya.

Kemunculan sosok Vegapunk ini tidak pelak memunculkan banyak diskusi di kalangan para fans. Sebagian fans percaya bahwa ini menjadi plot twist lainnya yang Oda hadirkan dalam cerita, sementara yang lainnya tidak yakin bahwa itu adalah Vegapunk yang asli. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya dalam cerita sebelumnya Oda memberikan petunjuk bahwa Vegapunk adalah laki-laki.

Selain itu, usianya juga kemungkinan sudah cukup tua. Sedangkan, sosok “Vegapunk” yang muncul di chapter 1061 kemarin adalah wanita yang masih muda. Hal ini pun memunculkan teori bahwa sebenarnya itu bukanlah sosok Vegapunk asli, melainkan kloning atau manusia buatan. Hal ini bisa kita lihat dari tulisan ‘Punk 02’ yang ada di bajunya.

Vegapunk Miliki Banyak Kloning

Tulisan ‘Punk 02’ biasanya menjadi bukti bahwa benda atau hal tersebut merupakan hasil ciptaan seseorang. Misalnya, tulisan ‘PX’ yang ada di Pacifista. Dalam konteks ini, tulisan ‘Punk 02’ bisa kita artikan bahwa itu merupakan hasil ciptaan atau kloning dari Dr. Vegapunk. Di sisi lain, dari tulisan tersebut bisa kita asumsikan juga bahwa bisa jadi ada lebih dari satu kloning dari Vegapunk.

Berdasarkan informasi bocoran dari chapter terbaru, ternyata Dr. Vegapunk memang memiliki lebih dari satu kloning. Dalam bocoran chapter 1062, kru Topi Jerami dan juga kelompok Luffy bertemu dengan beberapa versi Dr. Vegapunk. Misalnya, sosok Vegapunk yang kru Topi Jerami temui merupakan versi Vegapunk nomor 2. Kemudian, ada versi Vegapunk nomor 1 yang menghubungi nomor 2, yang mana sosoknya masih misterius.

Kemudian, kelompok Luffy sendiri akhirnya bertemu dengan sosok Vegapunk yang lainnya yang merupakan versi nomor 6. Dan dalam salah satu panel di chapter tersebut, terungkap bahwa total Vegapunk membuat enam kloning atau tiruannnya. Berdasarkan informasinya, keenam kloning tersebut memiliki bentuk, ukuran, wajah, dan sifat yang berbeda-beda. Mereka adalah:

  • 欲 Greed atau Keserakahan – PUNK 06 – York
  • 暴 Violence atau Kekerasan – PUNK 05 – Atlas
  • 知 Wisdom atau Kebijaksanaan – PUNK 04 – Pythagoras
  • 想 Emotion, Thought  atau Emosi, Pikiran- PUNK 03 – Edison
  • 悪 Evil, Maliciousness atau Sifat Jahat, Aksi Kejahatan – PUNK 02 – Lilith
  • 正 Kindness, Justice Atau Kebaikan, Keadilan – PUNK 01 – Shaka

Jika Geeks perhatikan, keenam kloning Vegapunk tersebut mirip dengan Seven Deadly Sins. Lalu, mengapa kemudian Vegapunk membuat keenam kloning dari sosoknya? Menurut diskusi yang Kaku dan Rob Lucci, hal ini karena sosok Vegapunk adalah karakter yang sangat sibuk. Sehingga, untuk menyelesaikan semua hal dia pun menciptakan berbagai versi dari sosoknya.

Jadi Halangan Bagi Kru Topi Jerami?

Kemunculan enam kloning Vegapunk ini tentunya akan sangat merepotkan bagi kru Topi Jerami. Apalagi, kita masih belum tahu sekuat dan setangguh apa kloning tersebut. Dari apa yang muncul di salah satu panel, di mana Punk 06 mampu menghajar Luffy sampai terhempas, artinya mereka memiliki cukup kekuatan untuk membuat mereka semua kewalahan.

Belum lagi ada teknologi lainnya yang belum kita ketahui. Mungkin, kekuatan dahsyat yang masih tersimpan tersebut mirip dengan apa yang kita lihat dari Seraphim. Atau bahkan mungkin jauh lebih dahsyat. Satu hal yang pasti, untuk saat ini sosok Vegapunk yang asli masih tetap dinantikan kemunculannya oleh para fans. Dan menarik juga untuk melihat apa yang akan terjadi dengan para kloning tersebut selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.