Keberadaan ibu Luffy menjadi salah satu hal yang banyak fans pertanyakan selama ini. Seri One Piece karya Eiichiro Oda memang terkenal karena alur cerita yang sangat fantastis dan luar biasa. Dengan dunia yang begitu luas, wajar jika kemudian ada banyak misteri yang kemudian muncul dalam ceritanya. Dan ibu dari Luffy menjadi salah satu dari sekian banyak misteri yang ada.

Yang menarik adalah, informasi mengenai ibu dari Luffy jauh lebih misterius daripada sosok Dragon alias sang ayah. Kita masih belum mengetahui siapa namanya, seperti apa rupanya, dan terakhir adalah bagaimana sosok dari ibu Luffy tersebut. Jika memang ibu Luffy masih hidup, di mana keberadaannya saat ini? Apakah dia ada di desa Foosha atau ada di suatu tempat?

Dengan tidak adanya informasi sedikit pun tentang ibu dari Luffy, mungkin dia menyimpan atau memiliki sebuah rahasia besar yang bahkan Garp sendiri tidak mau memberi tahukannya. Meskipun begitu, sebenarnya Oda pernah memberikan deskripsi singkat mengenai seperti apa rupa dari ibu Luffy tersebut. Dan hal ini jelas menjadi bahan perbincangan para fans.

Bagaimana Sosok Ibu Luffy?

Berbicara mengenai ibu Luffy, Oda Sensei sendiri pernah mengatakan di salah satu kolom SBS bahwa ibunya Luffy sebenarnya ada dalam cerita One Piece selama ini. Dengan kata lain, bisa kita artikan bahwa ibu dari Luffy masih hidup. Kemudian, dalam kutipan wawancara di American Shonen Jump yang rilis pada Desember 2009, Oda Sensei sempat menjelaskan tentang karakter dari sosok ibu Luffy.

Menurut Oda Sensei, jika Ibu dari Luffy muncul dalam ceritanya, maka dia adalah wanita yang tangguh juga tegas. Oda juga menjelaskan bahwa dia juga bukan sosok wanita yang cantik. Menurutnya, sosok ibu Luffy tersebut berusia paruh baya dengan rambut yang bergelombang. Dan berdasarkan deskripsi dari Oda Sensei tersebut banyak fans yang kemudian berasumsi bahwa sosok itu adalah Dadan sang penjahat gunung.

Selain asumsi atau teori bahwa ibu Luffy adalah Dadan – berdasarkan deskripsi yang Oda jelaskan – para fans juga memiliki teori lain. Ada kemungkinan ibu dari Luffy adalah seorang Celestial Dragon atau kaum naga langit. Menurut teorinya, Dragon terlibat dalam sebuah takdir yang cukup aneh sehingga bisa jatuh cinta kepada sosok kaum naga langit.

Who Are Luffy's Mom and Dad? [Everything About Them]

Tetapi, pada tahun kemarin, Oda akhirnya membeberkan alasan mengapa selama ini dia belum memperlihatkan sosok ibu dari Luffy kepada pengisi suara Luffy di anime, yaitu Mayumi Tanaka. Ketika Tanaka mencoba menanyakan mengenai hal tersebut kepada Oda Sensei, Tanaka mengatakan bahwa Oda Sensei tidak tertarik untuk mengeksplor atau menghadirkan cerita tentang riwayat kehidupan Luffy.

Tanaka mengatakan bahwa Oda Sensei sengaja menghadirkan cerita awal perjalanan Luffy sebagai bajak laut ketika dia meninggalkan kedua orang tuanya dan juga rumahnya. Oda juga sedikit menjelaskan bahwa dia hanya ingin berfokus pada cerita Luffy dan petualangannya. Karena, cerita tentang ibunya tidak ada kaitannya dengan petualangan Luffy.

Jadi Kunci Cerita Akhir One Piece?

Jika melihat pola cerita yang sering Oda hadirkan selama ini, sebagian fans beranggapan bahwa mungkin ada alasan kuat bahwa Oda sengaja tidak menghadirkan sebuah karakter sampai waktu yang tepat. Contoh nyata dari hal ini adalah sosok admiral Aramaki alias Green Bull yang baru muncul di chapter 1056 kemarin setelah cukup lama dia muncul dalam balutan siluet.

Dan yang paling baru tentunya adalah kemunculan dari Vegapunk, yang juga selama ini para fans nantikan kemunculannya. Pada chapter 1061 kemarin, kita akhirnya melihat ada sosok Dr. Vegapunk meskipun kemungkinan besar itu bukanlah sosok Vegapunk yang asli. Dengan pola tersebut, ada kemungkinan jika ibu Luffy akan secara tidak terduga hadir dan jadi sosok kunci dalam sisa kisah One Piece.

Untuk saat ini, kita memang masih belum tahu seperti apa sosok ibu Luffy. Namun, dari deskripsi Oda bagaiman dia adalah sosok yang tangguh mungkin dia juga bisa jadi akan ikut membantu Luffy mengalahkan Pemerintah Dunia. Atau mungkin yang lebih masuk akal adalah bagaimana ibu dari Luffy tahu tentang rahasia besar dunia. Hal ini berdasarkan keluarganya yang merupakan wakil admiral angkatan laut dan suaminya yang merupakan Pemimpin Pasukan Revolusi.

Who is Luffy's Mother? Is She Dead or Alive? - The News Pocket

Dia mungkin tidak akan membantu Luffy di depan layar, namun lebih akan membantunya dari balik layar. Selama ini Nico Robin tidak pernah memberikan informasi apa pun mengenai rahasia dunia kepada Luffy. Hakl itu bisa jadi petunjuk bahwa mungkin selama ini mereka Robin dan ibu Luffy sudah saling berkomunikasi tanpa Luffy ketahui.

Seperti Nico Olivia, ibu Luffy ini mungkin memberikan banyak hal-hal menarik yang akan membantu Luffy untuk kemudian bisa meraih mimpinya menjadi raja bajak laut. Jadi, kesimpulannya, meskipun Oda mungkin menganggap alur cerita tentang orang tua tidak relevan dengan petualangan kru Topi Jerami, namun bisa jadi sebenarnya dia sudah mempersiapkan semuanya. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan ibu Luffy pada chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.