James Bond adalah karakter ikonik yang lahir di tahun 1953. Bond pertama kali muncul di sebuah novel berjudul Casino Royale. Setelah kesuksesan novel tersebut, karakter James Bond sering diadaptasi di berbagai film Hollywood. Di tahun 1962, James Bond resmi melakukan debut sinematiknya. Sejak itulah James Bond sering tampil di berbagai media berbeda. Bahkan selain film, James Bond juga tampil di berbagai video games. Sejak tahun 90-an, sudah ada banyak game James Bond yang pernah dibuat. Apa saja game tersebut? Simak berikut ini Geeks!

GoldenEye 007 (1997)

Inilah game James Bond paling legendaris. Sudah banyak game James Bond yang pernah ada, tetapi tidak ada yang mampu mengalahkan game ini. Sesuai dengan judul, GoldenEye 007 terinspirasi dari filmnya, dan bergenre FPS. Walau dengan grafis yang terbatas kala itu, tetapi gamenya mampu menawarkan keseruan saat memainkan James Bond. Selain mode single player, gamenya juga dapat memainkan di mode multiplayer, di mana pemain dapat bermain berdua dengan teman secara splitscreen. Keasikan game ini semakin terasa ketika kita mengeksplorasi mapnya yang cukup detail.

Tomorrow Never Dies (1999)

Jika berbicara tentang game James Bond dengan soundtrack terbaik, Tomorrow Never Dies sepertinya menjadi jawaranya. Lewat judulnya, kita mengetahui bahwa Tomorrow Never Dies terinspirasi dari film James Bond berjudul sama yang rilis tahun 1997. Gamenya bergenre third-person shooter yang dikembangkan oleh Black Ops Entertainment danĀ  Electronic Arts. Sebagai game eksklusif PS1, Tomorrow Never Dies menawarkan gameplay yang mirip seperti Syphon Filter, namun dengan keunikannya tersendiri. Bahkan di salah satu level, kita bisa memainkan agen Wai Lin yang berasal dari Cina.

007 Racing (2000)

007 Racing menjadi yang paling unik dalam daftar ini. Gamenya sama sekali tidak menampilkan adegan tembak-tembakan James Bond dengan menggunakan pistolnya. Seperti yang kita ketahui, ada banyak adegan kejar-kejaran di film James Bond, dan 007 Racing mencoba mengadaptasinya. Game ini berfokus pada mobil James Bond. Ada banyak pilihan mobil James Bond yang dapat pemain pilih seperti Aston Martin DB5, hingga Lotus Esprit. Pemain pun dapat menembakkan berbagai persenjataan yang ada di dalam mobil, seperti rocket hingga machine gun, untuk mengalahkan musuh.

The World is Not Enough (2000)

Selain 007 Racing, adalagi game James Bond lainnya yang rilis tahun 2000. Game tersebut adalah The World is Not Enough. Namun, game ini hanya rilis untuk pengguna N64. The World is Not Enough menjadi game kedua James Bond yang rilis untuk konsol tersebut. Tetapi nih Geeks, game ini punya banyak kesamaan dengan GoldenEye 007, seperti misi dan level desainnya. Selain itu, AI yang dihadirkan juga sangat mudah, yang membuat game ini bisa dengan cepat pemain selesaikan. Yang menarik adalah kita menemui berbagai senjata dan gadget baru yang belum kita lihat di game-game James Bond sebelumnya.

Agent Under Fire (2001)

Proses pengembangan game ini sempat terkatung-katung selama beberapa tahun. Awalnya game ini akan menjadi sekuel langsung dari GoldenEye 007. Tetapi akhirnya rencana tersebut batal. Hasilnya, game ini berdiri sendiri. Yang paling berkenang dalam game ini adalah beberapa shooting mechanics dan misi mengemudi yang terinspirasi dari Need For Speed. Meskipun bukan game Bond terbaik yang pernah ada, tetapi game ini memiliki map yang asik. Namun ada hal yang menyebalkan di game ini. Penampilan James Bond di Agent Under Fire sangat berbeda dari yang kita kenal. Malahan, karakternya lebih mirip seperti Sterling Archer.

Nightfire (2002)

Game selanjutnya dalam daftar ini adalah Nightfire. Nightfire melanjutkan kisah dari game sebelumnya, Agent Under Fire. Dalam game ini, penampilan Bond sudah mendapat perbaikan, tidak seperti di game sebelumnya. Sekarang, karakternya benar-benar mirip dengan Pierce Brosnan yang memerankan James Bond. Nightfire masih menyertakan shooting mechanics yang menyenangkan dan desain level yang lebih luwes lagi untuk para pemain. Lewat beberapa perbaikan yang EA lakukan, membuat Nightfire menjadi lebih asik untuk pemain mainkan.

Everything or Nothing (2004)

Everything or Nothing terkenal sebagai salah satu game James Bond dengan anggaran pembuatan yang besar. Game ini mencoba keluar dari bayang-bayang kesuksesan seri sebelumnya, yaitu GoldenEye 007. Everything or Nothing mengusung genre third-person yang membuat misi stealth di gamenya menjadi lebih menyenangkan. Ditambah lagi, gamenya menawarkan berbagai alat stealth lain seperti rappeling dan sebuah robot laba-laba yang Bond gunakan untuk memata-matai musuh. Dengan segudang gadget tersebut, membuat pemain merasakan bagaimana menjadi agen mata-mata.

From Russia with Love (2005)

From Russia with Love mungkin menjadi game James Bond paling terkenal. Yap, game ini memang sengaja memberikan kenangan indah kepada Sean Connery, aktor pertama James Bond. From Rusia with Love di adaptasi dari film kedua James Bond berjudul sama yang rilis tahun 1963. Sebagai game yang rilis tahun 2005, From Russia with Love mendapatkan peningkatan grafis yang luar biasa kala itu. Detail dari karakter atau dunianya tampak begitu maksimal. Selain itu, cerita dan gameplaynya pun sangat solid, yang membuat From Russia with Love menjadi salah satu game James Bond terbaik.

Quantum of Solace (2008)

Setelah 3 tahun tanpa kehadiran game James Bond, di tahun 2008, Treyarch berhasil menghadirkan game Quantum of Solace yang menghadirkan James Bond versi Daniel Craig. Game ini menggunakan engine yang sama dengan Call of Duty: Modern Warfare, yang rilis satu tahun sebelumnya. Sehingga wajar jika visual yang ditawarkan begitu mempesona. Setiap ledakan yang terlihat pun tampak mirip seperti di Call of Duty: Modern Warfare. Menariknya, game ini bergenre semi first-person, karena ketika pemain melakukan cover, maka akan ada transisi kamera menjadi third-person.

Blood Stone (2010)

Blood Stone menghadirkan kembali Daniel Craig sebagai James Bond. Gamenya menawarkan kombinasi cover-based shooting dan pertarungan jarak dekat. Menariknya nih, walau gamenya rilis setelah Quantum of Solace, tetapi Blood Stone bukanlah sekuel karena memiliki cerita yang baru. Blood Stone pun menjadi game yang sepenuhnya bergenre third-person, dan memberikan pengalaman bermain yang mirip seperti Uncharted. Selain itu, gamenya juga menawarkan berbagai hal menarik, mulai dari tembak-tembakan, hingga adegan kejar-kejaran dengan mobil ikonik Bond. Tetapi sayangnya nih Geeks, Blood Stone menjadi salah satu game James Bond yang paling banyak mendapat kritik ketika rilis.

007 Legends (2012)

007 Legends diciptakan untuk merayakan 50 tahun kelahiran franchise James Bond. Game ini menawarkan berbagai misi ikonik yang tampil dalam filmnya. Yap game ini menampilkan berbagai misi yang terinspirasi dari 5 film James Bond sekaligus. Gamenya pun terbagi menjadi beberapa versi James Bond, dari yang Sean Connery perankan, hingga Daniel Craig. Tetapi walau begitu, game ini dianggap sebagai tiruan Call of Duty daripada memberikan pengalaman 007 sebenarnya.

GoldenEye: Reloaded (2013)

Di tahun 2013 lalu, Activision memutuskan untuk membuat game GoldenEye versi mereka sendiri, dengan cerita yang mendapat modifikasi sedemikian rupa. Jika di GoldenEye, James Bond diperankan oleh Pierce Brosnan, di game ini Pierce Brosnan tidak lagi menjadi James Bond. Daniel Craig lah yang terpilih memerankan James Bond. Walau pemerannya diganti, tetapi gamenya menawarkan pengalaman James Bond yang otentik. Namun level desainnya tidak seperti game GoldenEye yang rilis tahun 1997. Banyak pemain pun mengeluhkan AI nya yang buruk.

Game terbaru GoldenEye 007

Dalam gelaran acara Nintendo Direct beberapa waktu lalu, Nintendo akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menggarap game baru GoldenEye 007. Selain itu, adalagi game baru GoldenEye 007 yang diperuntukan untuk pengguna Xbox. Kedua game tersebut tidak akan menyertakan fitur yang sama. Untuk Nintendo, gamenya akan lebih mirip seperti game GoldenEye yang rilis tahun 1997 lalu. Sementara versi Xbox akan mejadi remaster dari game aslinya. Itu berarti untuk versi Xbox akan memiliki grafis yang lebih modern dan frame rate yang lebih baik.

Itulah dia Geeks berbagai game James Bond yang pernah ada. Satu diantaranya baru saja dikembangkan dan mungkin akan rilis dalam beberapa tahun mendatang. Di antara berbagai game James Bond tersebut? Mana yang menurut kalian paling berkenang Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/