Sama seperti kebanyakan superhero populer di Marvel Comics, Iron Man juga mempunyai kisah origin yang akhirnya membuat dia seperti sekarang. Untuk menyegarkan ingatan kita, karakter yang bernama asli Tony Stark ini sebenarnya hanyalah manusia biasa. Dia sama sekali tidak mempunyai kekuatan kosmik atau bisa terbang dengan sendirinya. Untuk mencapai semua itu, dia lantas menciptakan sendiri armor Iron Man. Namun, tahukah kalian apa yang sebenarnya memotivasi dia untuk melakukan itu semua?

Marvel Comics sendiri sebelumnya pernah menceritakan bahwa semua petualangan Iron Man alias Tony bermula saat teroris menculiknya. Setelah kematian orang tuanya dalam sebuah kecelakaan mobil, Tony memang harus melanjutkan perusahaan ayahnya. Hal inilah yang kemudian membuat dia berkunjung ke sebuah negara sampai akhirnya bertemu teroris yang memaksanya membuat senjata. Dalam prosesnya, dia justru membuat armor Iron Man MK I agar bisa kabur. Pada titik inilah dia termotivasi untuk membuat armor yang lebih canggih dan akhirnya menjadi superhero Marvel sampai sekarang.

Motivasi Iron Man Sebenarnya Jauh Lebih Tragis

Meskipun kisah sebelumnya sudah cukup menjelaskan originnya, ternyata motivasi asli Tony lebih dari sekadar kasus penculikannya. Baru-baru ini Marvel kembali menjelaskan motivasi asli Tony alias Iron Man di komik A.X.E.: Avengers #1 karya Kieron Gillen dan Federico Vicentini. Pengungkapan ini terjadi saat Tony diceritakan harus menyusup ke tubuh celestial Progenitor yang sebelumnya dia bangkitkan. Dalam prosesnya, pengamatan celestial mengungkapkan bahwa alasan Tony sangat berambisi membuat mesin canggih adalah karena kematian orang tuanya yang ternyata disebabkan oleh ‘kegagalan mesin’ mobil.

Itulah mengapa sampai detik ini Tony tidak pernah berhenti menciptakan berbagai teknologi baru. Dia bahkan terus melakukan pembaruan pada setiap ciptaannya agar bisa menjamin tidak pernah ada lagi kegagalan mesin dalam hidupnya. Penyebab kematian orang tuanya tersebut secara tidak langsung telah membuat Tony kencanduan untuk terus menerus meminimalisir kekurangan dari setiap ciptaannya.

Dari sekian banyak origin superhero Marvel, mungkin pengungkapan origin baru Tony ini adalah yang paling mengejutkan. Karena ternyata apa yang dia lakukan selama 60 tahun di Marvel Comic berawal dari kesedihannya yang sangat mendalam. Dia tidak ingin lagi melihat ada orang lain yang mati karena kegagalan mesin seperti orang tuanya. Dengan berbekal motivasi tersebut akhirnya Tony menjadi sosok superhero Iron Man yang kita kenal.