Perbandingan Haki Luffy dan Shanks! Sejak kemunculan pertamanya di awal cerita One Piece, Shanks sudah membuktikan dia bukanlah orang biasa. Akagami no Shanks atau yang biasa kita kenal sebagai Shanks atau rambut merah adalah penolong Luffy di awal serinya. Saat itu, seekor monster Sea King hendak menerkam Luffy. Shanks kemudian mengorbankan tangan sebelah kirinya untuk menolong Luffy. Sejak saat itu Luffy dan Shanks jadi berteman baik.

Bahkan, Luffy berhutang budi atas hal itu dan juga dia “berhutang” kepada Shanks untuk bertemu saat dia sudah menjadi lebih kuat. Ada sebuah fakta menarik dari adegan tersebut, yaitu saat Sea King melihat mata Shanks, monster tersebut langsung melarikan diri ketakutan. Seiring berjalannya cerita, akhirnya kita tahu jika Shanks memiliki kemampuan Haki yang hanya dimiliki segelintir orang saja yaitu Conqueror Haki atau Haki Penakluk.

Greatest display of Haki ever. Any more "feats" needed for you Shanks haters to be convinced? : r/OnePiecePowerScalingSelain saat menyelamatkan Luffy, kekuatan Haki Shanks juga sempat Oda perlihatkan dalam beberapa cerita seperti saat Shanks mengunjungi Moby Dick. Dia berhasil membuat pingsan sebagian besar kru dari Whitebeard, bahkan merusak bagian kayunya. Kemudian, yang paling monumental adalah saat dia berada di Marineford.

Shanks berhasil melindungi Koby dari serangan tinju magma sakazuki dengan menggunakan pedangnya yang berlapis Haki. Hal tersebut menarik karena Shanks mampu menahan serangan Akainu dalam bentuk aslinya. Lalu, apakah Shanks seorang pemegang Haki terkuat? Sejauh ini, Shanks adalah pengguna Haki terkuat setelah Rayleigh. Bahkan, mungkin bisa kita katakan bahwa Shanks jauh lebih kuat dari Rayleigh dalam hal Haki.

Kekuatan Haki Shanks Lebih Hebat dari Luffy

Semua kemampuan Haki yang dia miliki tidak mengherankan memang, karena kemungkinan Shanks belajar dari ahlinya yaitu Silvers Rayleigh mengingat mereka ada di kapal yang sama dan merupakan rekan satu kru. Berbicara mengenai Haki, kemampuan Haki dari Luffy benar-benar berkembang sangat pesat baru-baru ini. Harus kita akui memang perkembangan Haki Luffy tersebut sampai pada level yang mengerikan.

Dalam arc Wano kemarin kita melihat bagaimana dia sanggup menahan serangan Kaido. Bahkan, pada akhirnya, Luffy pun mampu atau berhasil untuk mengalahkan Kaido meskipun memang ada bantuan dari Gear 5 miliknya. Banyak dari para fans One Piece yang bertanya-tanya apakah kekuatan Haki dari Luffy saat ini sudah setara Shanks?

Sebelum menjawab hal tersebut, terdapat sebuah trivia menarik yang pernah Oda Sensei sampaikan secara langsung. Dalam kolom SBS Volume 65, seorang fans bertanya mengenai berapa jumlah orang yang mampu Shanks taklukan ketika dia berada di posisi Luffy saat menghadapi pasukan Hody Jones. Dalam ceritanya, Luffy mampu menaklukan 50.000 pasukan Hody Jones dengan menggunakan Conqueror Haki miliknya.

Kemudian, menurut Oda Sensei, jika Shanks dan Rayleigh berada di situasi yang sama maka dia akan mampu menaklukan dua kali lipat dari jumlah Luffy yaitu 100.000 orang. Meskipun begitu, Oda kemudian menegaskan bahwa situasi tersebut akan berbeda jika ada orang-orang tersebut memiliki tekad yang kuat. Berdasarkan hal tersebut, bisa kita tarik kesimpulan bahwa memang kekuatan dari Shanks dua kali jauh lebih kuat dari Luffy.

Dan chapter 1055 kemarin bahkan memberikan bukti lain seberapa dahsyat kekuatan Conqueror Haki dari Shanks. Kita melihat bagaimana kekuatan dari Shanks mampu menjangkau jarak yang sangat jauh, memunculkan petir hitam, dan melumpuhkan seorang admiral. Haki Shanks bahkan bisa menjadi media untuk berkomunikasi, yang mana hal ini baru pertama kali terjadi dalam ceritanya. Bukan hanya itu, sang admiral kemudian memutuskan untuk pergi dari sana.

Luffy Berada di Bawah Shanks?

Apakah artinya kemudian Haki Luffy masih belum cukup kuat? Tentunya jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Bagaimana dia mampu mengalahkan Kaido dengan kombinasi kekuatan Gear 5 dan Advanced Conqueror Haki jadi bukti kedahsyatan kekuatan Haki dari Luffy. Namun, untuk saat ini, mungkin kekuatan Haki Luffy rasanya masih belum ada di tahap Shanks.

Luffy Pamer Kenbunshoku Haki Level Tinggi di One Piece Episode 935

Meskipun begitu, Luffy masih memiliki sedikit waktu untuk bisa berkembang terakhir kali sebelum mulai masuk cerita puncak yang menjadi penutup ceritanya. Menarik tentunya melihat perkembangan kemampuan Haki dari Luffy kedepannya. Jadi, kesimpulannya adalah apakah Haki Luffy dan Shanks setara? Jawabannya adalah tidak. Sosok Shanks masih jauh lebih unggul dari Luffy, di mana kekuatannya dua kali lipat lebih kuat.

Hal tersebut terkonfirmasi langsung oleh Oda sendiri. Meskipun begitu, bukan berarti menjadi sesuatu yang mustahil jika kemudian Luffy akan berada di level yang sama atau bahkan melampaui kekuatan dari Shanks. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana Oda Sensei akan menghadirkan cerita di mana Luffy akan mampu melampaui kekuatan Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.