Apa yang membuat Vegapunk menjadi incaran Pemerintah Dunia? Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar yang muncul pasca beredarnya beberapa poin bocoran untuk chapter 1062 mendatang. Hal ini menjadi pertanyaan besar karena sosok Vegapunk adalah seseorang yang sudah sangat berjasa besar bagi Pemerintah Dunia dan juga angkatan laut. Mengapa kemudian dia menjadi incaran atau target pembunuhan?

Seperti yang kita ketahui, bahwa sosok Dr. Vegapunk adalah ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece. Bukti kecerdasan dari Vegapunk bisa kita lihat dari berbagai ciptaan dan uji coba yang dia lakukan. Setiap benda yang dia ciptakan selalu memiliki manfaat yang luar biasa, baik untuk hari ini atau masa sekarang dan masa depan. Kadang teknologi tersebut terlalu maju, sehingga membuat yang lain terheran-heran.

Bahkan, kecerdasan dan kemajuan teknologi dari Vegapunk benar-benar melampaui masanya hingga 500 tahun kedepan. Teknologi dan berbagai penempuan Vegapunk itu pun banyak dimanfaatkan oleh Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Misalnya, penggunaan teknologi batu laut untuk melapisi kapal agar monster laut tidak menyerang mereka. Dengan manfaat yang mereka peroleh tentunya menjadi pertanyaan besar mengapa Vegapunk menjadi incaran pembunuhan mereka.

Alasan Menjadi Incaran Pembunuhan

Dalam salah satu poin bocoran untuk chapter 1062 terungkap bahwa agen Pemerintah Dunia, CP-0, datang bersama Seraphim – Pacifista model terbaru. Yang menarik adalah Seraphim itu memiliki bentuk seperti Bartholomew Kuma. Kedatangan mereka bertujuan untuk menghabisi sosok Dr. Vegapunk. Padahal, dia sudah memiliki jasa besar dengan menghasilkan berbagai hal luar biasa.

Secara kepribadian, Vegapunk sepertinya merupakan karakter yang baik, karena para penduduk pulau Karakuri sangat menginginkan Vegapunk untuk kembali ke desanya. Di masa mudanya Vegapunk sering membantu orang-orang di wilayahnya melalui berbagai penemuan-penemuan yang dia lakukan. Vegapunk merupakan sosok yang sangat dibanggakan oleh para penduduk di desanya.

One Piece 1060, Selain Eks Shichibukai, Vegapunk Bikin Model Seraphim dari 2 Sosok Ini - Ayo Semarang

Salah satu bukti kebaikan dari Vegapunk adalah dia menolak untuk melepaskan gas beracun H2S yang dia ciptakan bersama rekan ilmuwan lain, Caesar Clown, demi melindungi nyawa-nyawa yang tidak bersalah yang mungkin terkena dampak dari gas ini. Dia juga menolak untuk melakukan eksperimen terhadap anak-anak, dengan memikirkan keselamatan mereka dan tidak ingin melukai mereka.

Ada beberapa skenario atau kemungkinan apa yang kemudian menjadi alasan mengapa Vegapunk menjadi incaran Pemerintah Dunia. Pertama, karena dia tidak mau mengikuti protokol atau berbagai hal yang Pemerintah Dunia inginkan. Kita bisa melihat contoh di atas, bagaimana Vegapunk menolak untuk menguji coba gas beracun berbahaya dan melakukan uji coba ilegal terhadap anak-anak.

Artinya, Vegapunk masih memiliki moralitas dan juga hati nurani dalam sosoknya. Pemerintah Dunia mungkin meminta Vegapunk untuk membuat sebuah teknologi atau senjata yang bisa membantu Pemerintah Dunia semakin kuat dan berkuasa. Namun, dia menolak hal tersebut dengan alasan bahwa akan ada banyak korban jiwa yang tidak bersalah. Dia tidak ingin hal itu terjadi.

Vegapunk Tahu Rahasia Dunia?

Skenario kedua adalah Pemerintah Dunia sudah tidak lagi membutuhkan Vegapunk. Dalam salah satu spekulasi yang pernah dibahas dalam salah satu artikel, kemungkinan sang ilmuwan terpaksa bekerja untuk Pemerintah Dunia. Dalam hal ini, dia benar-benar bekerja di bawah tekanan mereka di mana ada ancaman yang mungkin pada akhirnya membuat Vegapunk akhirnya mau bekerja untuk Pemerintah Dunia.

Setelah cukup lama berjalan, mungkin akhirnya mereka sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan. Pemerintah Dunia sudah memiliki teknologi batu laut, Pacifista, dan bahkan mungkin senjata mematikan yang akan Oda hadirkan nanti. Dengan anggapan bahwa mereka sudah memiliki semuanya, maka Pemerintah Dunia pun berencana untuk menghabisi Vegapunk demi menutup jejak.

The One Piece Connection - The One Piece Podcast

Kemungkinan atau skenario ketiga adalah Vegapunk mungkin tidak sengaja mengetahui rahasia besar milik Pemerintah Dunia. Selama ini, mereka selalu berusaha untuk menyembunyikan rahasia besar dari apa yang terjadi pada abad yang hilang. Mereka rela melakukan apa pun untuk melindungi rahasia tersebut, termasuk menghilangkan nyawa orang. Peristiwa Ohara adalah bukti nyata dari hal ini.

Bisa jadi, saat Vegapunk melakukan riset untuk berbagai ciptaan terbarunya dia kemudian tidak sengaja menemukan apa yang seharusnya tidak dia lihat. Misalnya, dia mungkin menemukan informasi mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada abad yang hilang. Kemudian, bisa juga Vegapunk menemukan fakta mengenai sifat asli dari buah iblis atau hal lainnya yang berkaitan dengan buah iblis.

Karena hal inilah, mereka akhirnya terpaksa harus menghabisi nyawa Vegapunk demi menjaga rahasia besar tersebut. Di sisi lain, ini juga menjadi cara untuk menjaga kekuasan mereka. Mengapa? Jika kemudian fakta tersebut diketahui publik maka reputasi mereka akan hancur. Kita nantikan saja ya Geeks fakta sebenarnya mengapa Pemerintah Dunia kemudian mengincar nyawa dari Vegapunk, yang mana dia sudah berjasa banyak bagi mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.