Jougan masih menjadi salah satu misteri besar yang muncul di seri Boruto: Naruto Next Generation. Semenjak pertama kali muncul, Doujutsu ini baru muncul beberapa kali dalam ceritanya. Selain kemunculannya yang jarang, para fans juga masih belum tahu banyak fakta dan informasi mengenai Jougan. Misalnya, kita tidak tahu dari mana asal Doujutsu tersebut.

Akibat masih banyaknya misteri yang muncul, Doujutsu eksklusif milik Uzumaki Boruto ini masih tetap menjadi perbincangan di kalangan para fans. Meskipun begitu, ada banyak teori dan spekulasi yang bermunculan terkait Jougan. Misalnya, Jougan merupakan Doujutsu yang diberikan oleh Toneri Otsutsuki saat Hinata diculik dalam salah satu film di franchise Naruto.

Penjelasan Lengkap Tentang Mata Jougan, Mata Dewa Yang Dibangkitkan Boruto - Ngetik Pedia

Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Doujutsu Boruto muncul berkat bertemunya dua chakra Otsutsuki dalam tubuhnya yaitu chakra Asura Otsutsuki dan juga chakra Hamura Otsutsuki. Meskipun ada yang coba untuk menebak dari mana asal-usul Jougan sayangnya, masih belum ada satu pun teori atau spekulasi yang terbukti atau terkonfirmasi oleh Masashi Kishimoto.

Berbicara mengenai Jougan, sampai saat ini Masashi Kishimoto masih belum memperlihatkan bagaimana kemampuan maksimalĀ  dari Doujutsu ini atau pun kita masih belum lihat bagaimana Boruto membangkitkan kemampuannya. Masih belum ada informasi apa yang kemudian menjadi alasan atau penyebab dari hal tersebut. Namun, terdapat sebuah teori menarik mengenai hal ini.

Jougan Adalah Doujutsu Terkuat?

Dalam cerita di universe Naruto, kita tentunya mengenal beberapa Doujutsu terkuat. Buat Geeks yang belum tahu, Doujutsu sendiri adalah Jutsu atau kemampuan mata. Beberapa Doujutsu kuat tersebut adalah Byakugan, Sharingan, dan juga Rinnegan. Meskipun begitu, ada juga beberapa Doujutsu yang tidak kalah kuat seperti Ketsuryugan, Senrigan, dan sebagainya.

Banyak fans yang berpendapat bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang terkuat karena, faktanya dalam cerita Boruto , Kishimoto memperlihatkan bahwa tiga Doujutsu kuat di atas kalah oleh Jougan. Dalam ceritanya dijelaskan bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang berasal dari kekuatan “murni”. Maksudnya, berbeda dengan Doujutu lain yang merupakan hasil gabungan chakra, Jougan benar-benar murni berasal dari ras kuno yaitu Otsutsuki.

Toneri sendiri pernah menyebutkan bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang sangat membuat klan Otsutsuki kerepotan. Bahkan, dalam salah satu chapter kita bisa melihat bagaimana Jougan muncul dalam sosok God Otsutsuki saat Isshiki memberikan penjelasan kepada Code. Alasan lainnya mengapa Jougan adalah Doujutsu terkuat adalah kekuatan yang muncul atau Boruto miliki dengan Doujutsu ini.

Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?

Salah satu kekuatan Doujutsu Jougan adalah melakukan teleportasi antar dimensi. Boruto pernah melakukan ini ke dimensi Nue. Melakukan teleportasi bukanlah sebuah kemampuan yang bisa semua orang kuasai. Dalam cerita Naruto, ini merupakan kemampuan bagi mereka yang memiliki Rinnegan. Sasuke adalah contoh nyata dari hal ini. Kemudian, Jougan juga mampu untuk melihat titik lemah musuh.

Kemampuan ini mirip dengan teknik yang Doujutsu Byakugan miliki. Klan Hyuuga merupakan pemiliki Doujutsu tersebut. Sejak lama mereka memiliki teknik untuk melihat titik lemah atau titik chakra musuh, yang mana inilah kemampuan terhebat mereka. Dengan menyerang titik chakra tersebut, mereka mencoba untuk menghentikan aliran chakranya atau bahkan melukai musuhnya.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas, wajar jika Jougan kemudian mampu mengalahkan tiga Doujutsu populer dan terkuat di universe Naruto. Pasalnya, Jougan memiliki semua kekuatan dari ketiga Doujutsu tersebut. Ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Jougan menjadi Doujutsu terkuat, karena penggunanya akan mampu memiliki kekuatan dahsyat yang merupakan gabungan dari ketiga Doujutsu.

Bagaimana Boruto Mendapatkan Jougan? Ini Penjelasannya - HiTekno.com

Namun, apa yang muncul sejauh ini dalam ceritanya pasti masih menjadi sebagian kecil dari potensi sebenarnya Jougan. Para fans tentunya sangat penasaran dengan seperti apa kemampuan maksimal dari mata luar biasa tersebut. Dengan saat ini Boruto yang siap menghadapi Code, serta adanya ancaman Momoshiki, mungkin kita mulai akan melihat potensi sebenarnya dari Jougan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.