Namor the Sub-Mariner adalah karakter Marvel yang akan segera melakukan debut MCU-nya di film Black Panther: Wakanda Forever. Dalam sejarah Marvel sendiri, Namor lebih terkenal sebagai antihero yang arogan dan tempramental. Hal inilah yang kemudian sering membuat Namor berganti-ganti peran dari hero menjadi villain dan sebaliknya. Bahkan pada kemunculan pertamanya di MCU nanti, Marvel Studios akan mengambarkan karakter yang diperankan Tenoch Huerta ini sebagai sosok antagonis di film Black Panther 2.

Mengingat peran antagonisnya di film Black Panther 2, banyak penggemar yang penasaran dengan nasib Namor pada masa depan MCU. Apalagi di Marvel Comics sendiri dia adalah salah satu karakter yang cukup penting bagi tim Avengers. Berdasarkan hal tersebut tidak sedikit yang bertanya-tanya akankah Namor mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Avengers di MCU? Sebelum membahas teorinya, mari kita pahami terlebih dahulu sepak terjang Namor bersama Avengers di komiknya.

Dinamika Hubungan Namor dan Avengers

Sang Sub-Mariner, Namor McKenzie, adalah salah satu superhero paling pertama di Marvel Universe yang melakukan debutnya di komik Motion Picture Funnies Weekly #1 (1939). Sebagai raja Atlantis dari laut dalam, sejak awal Namor memang mempunyai sentimen buruk terhadap para manusia permukaan. Menurutnya, manusia sering kali mengganggu dan bahkan merusak wilayah kekuasaan Atlantis. Karena Avengers terkenal sebagai pelindung manusia, akhirnya Namor juga membenci para Avengers yang tidak pernah berada di pihaknya.

Pertemuan pertamanya dengan Avengers terjadi di komik Avengers #3 (1963). Di mana dia mencoba menghasut Hulk yang baru keluar dari Avengers untuk berperang dengan manusia yang telah menindas mereka. Meskipun pada akhirnya Avengers bisa memukul mundur Hulk dan Namor, tetapi cukup jelas bahwa pertemuan pertama mereka telah meninggalkan kesan yang buruk. Menariknya, walaupun Namor membenci Avengers, ternyata diam-diam dia adalah orang pertama yang menyelamatkan Captain America dari mati suri setelah Perang Dunia II.

Karena sejarahnya dengan Captain America inilah akhirnya Namor mendapatkan ajakan untuk bergabung dengan Avengers, meskipun dia telah menyerang mereka berkali-kali. Semuanya berawal dari Captain America yang berusaha meyakinkan anggota Avengers lain di komik Avengers #262 (1985). Captain America merasa bahwa dengan menjadikan Namor seorang Avengers, mereka akan saling mengerti satu sama lain. Pada titik inilah mereka akhirnya berdamai dan Namor menjadi salah satu anggota Avengers yang cukup berpengaruh.

Sebagai bagian dari Avengers, Namor bersama anggota lainnya pernah berhasil melindungi Bumi dari sejumlah supervillain. Termasuk mengalahkan Kang the Conqueror, entitas kosmik Beyonder, dan bertempur melawan pasukan Olympus. Sayangnya, di kisah Avengers vs. X-Men (2012), Namor kembali bersebrangan lagi dengan Avengers, karena dia lebih memilih untuk bersama para X-Men. Walaupun begitu, hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa dia pernah menjadi bagian dari Earth’s Mightiest Heroes, Avengers.

Akankah Namor Gabung Avengers di MCU?

Mengingat popularitas karakter di kalangan penggemar, kisah Namor di MCU sepertinya akan panjang. Ada banyak kesempata bagi Namor untuk muncul di berbagai tayangan MCU lain setelah debut di film Black Panther 2 nanti. Misalnya di film crossover Avengers: The Kang Dynasty dan Secret Wars yang akan tayang pada tahun 2025 mendatang. Mungkin suatu hari nanti akan tiba masanya bagi The Submariner untuk mengesampingkan statusnya sebagai penguasa Talocan (Atlantis di MCU) dan begabung dengan Avengers. Dengan catatan dia harus menyelesaikan masalahnya dengan Wakanda terlebih dahulu.

Di film Black Panther 2 nanti mungkin awalnya dia memang akan hadir sebagai seorang antagonis yang menyerang Wakanda bersama pasukan Talocan. Namun, tidak menutup kemungkinan di ending, karakternya akan berubah lebih bijak. Pemicunya mungkin adalah sosok Attuma yang diam-diam berusaha menggulingkan Namor setelah penyerangan mereka ke Wakanda. Jika benar, mungkin Namor akhirnya akan mencoba menembus dosanya dengan membantu para superhero lain untuk mengalahkan Attuma. Yang nantinya dapat membukakan jalan bagi Namor untuk bergabung dengan Avengers.

Itulah pembahasan tentang kemungkinan Namor bisa bergabung dengan Avengers di MCU. Potensi karakter Namor di MCU sebenarnya terbilang sangat besar. Bersama bangsa Talocan dia bisa saja memainkan peran penting di The Multiverse Saga untuk menumpas para villain, termasuk Kang the Conqueror (Jonathan Majors). Kita lihat saja nanti bagaimana ending karakternya di film Black Panther 2, apakah Namor akan tetap menjadi antagonis atau justru ‘melunak’. Film Black Panther: Wakanda Forever dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 11 November 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.