Seberapa besar kekuatan dari Monkey D. Luffy? Sampai sejauh mana level kekuatan dari Luffy? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan para fans dari One Piece saat ini. Monkey D. Luffy adalah sosok yang paling kuat dan paling berpengaruh dalam cerita One Piece. Luffy sendiri memiliki sebuah impian besar, yaitu menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece.

Saat ini, Luffy masih terus berusaha untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut. Dan bisa dipastikan bahwa perjuangan Luffy memenuhi mimpinya tersebut tidak akan pernah mudah untuk dilakukan. Pasalnya, seperti yang kita ketahui, laut merupakan sebuah tempat yang sangat luas yang penuh dengan sesuatu yang tidak diduga. Salah satu contohnya adalah kekuatan dari para bajak laut lain yang lebih kuat.

Perkembangan kekuatan dari Luffy sendiri sejak awal kemunculannya sampai sekarang sudah mengalami banyak sekali perubahan. Dari mulai Luffy yang memanfaatkan ketiga Gear miliknya, sampai kemudian Luffy berhasil membuka Gear 4 dan memiliki kemampuan lebih dalam hal lain, misalnya adalah kemampuan Haki. Pertanyaannya kemudian sejauh mana kemungkinan Luffy akan berkembang.

Gear 5 Luffy

Luffy sendiri memiliki kekuatan buah iblis dalam dirinya. Dan yang menarik, ternyata nama aslinya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika bukan Gomu Gomu seperti yang kita ketahui selama ini. Gear merupakan teknik yang sering dia gunakan untuk menghadapi berbagai musuh. Pada awalnya, Luffy mengandalkan Gear 1-3 untuk menghadapi musuh kuat. Dan ada banyak hal negatif yang harus dia terima akan hal ini.

Misalnya, dahulu untuk melakukan Gear 3 Luffy harus mengorbankan banyak stamina. Dia akan berubah menjadi sangat pendek untuk sementara waktu setelah menggunakan kemampuannya tersebut. Namun, sekarang permasalahan itu sudah tidak lagi dialami oleh Luffy. Malah Luffy sempat mendapatkan form baru yaitu Gear 4 selama latihan dua tahun di Rusukaina. Luffy juga bahkanmemiliki berbagai transformasi seperti Snakeman atau Boundman.

Teknik Gear 5 Luffy yang Sudah Diketahui Sejauh Ini | Dunia Games

Dengan pertarungan besar di Onigashima dalam arc Wano Country, banyak fans One Piece yang berspekulasi jika Luffy akan mengakses Gear 5. Dan ternyata spekulasi tersebut pun terbukti di chapter 1044 kemarin. Luffy, secara tidak sengaja, berhasil membangkitkan kemampuan buah iblis Nika miliknya. Kekuatan awakening dari buah iblis ini sangat luar biasa.

Kita bisa melihat bagaimana Luffy dengan mudah bisa mencengkram tubuh naga Kaido dengan tangan kosong. Bahkan, Luffy pun dengan mudah membanting tubuh Kaido. Artinya peningkatan fisik dari Luffy di Gear 5 ini benar-benar sangat dahsyat. Belum lagi, seperti yang Gorosei ungkapkan bahwa buah iblis tersebut mampu membuat Luffy bertarung dengan sangat dahsyat dan luar biasa sesuai dengan imajinasi dalam dirinya. Gorosei sendiri pun menyebut buah iblis Nika sebagai kekuatan paling mengerikan di dunia.

Bentuk Gear 6 Luffy?

Tetapi, pertanyaanya kemudian apakah Gear 5 jadi form terakhir dari Luffy? Ada banyak fans yang berpekulasi bahwa kemungkinan Luffy masih akan memiliki kemampuan puncak dari form Gear miliknya. Spekulasi tersebut terinspirasi dari dari gear atau roda gigi kendaraan, khususnya mobil, di mana sebagian besar kendaraan memiliki Gear sampai 6.

Lalu, dengan kedahsyatan Gear 5 kemarin seperti apa kedahsyatan yang akan Luffy miliki saat mengakses Gear 6? Dalam banyak spekulasi yang beredar di kalangan fans, Gear 6 tidak akan banyak berubah dari Gear 5. Gear 6 dispekulasikan menjadi bentuk sempurna dari Gear 5, di mana Luffy akan benar-benar dengan penuh mengendalikan elastisitas kekuatan karet miliknya.

Di sisi lain, kemungkinana Luffy akan benar-benar mampu memaksimalkan kekuatan elastisitasnya tersebut. Dalam spekulasi lain menyebutkan bahwa saat Luffy mengakses Gear 6 dia akan mampu mengembang atau berubah menjadi raksasa. Meskipun di Gear 5 kita sudah melihat bagaimana Luffy menjadi besar, namun di Gear 6 Luffy akan mampu jauh lebih besar lagi. Hal ini mirip seperti kekuatan Sanjuan Wolf.

Yang juga tidak kalah menarik dari kekuatan Gear 6 ini adalah bagaimana spekulasinya menyebutkan bahwa elastisitas yang sangat luar biasa membuat Luffy akan mampu meregangkan ruang dan waktu. Dia bukan lagi bisa merubah sekitarnya menjadi karet, namun sudah semua hal bisa dia rubah menjadi karet atau elastis.

Atau mungkin Luffy nanti akan mampu merubah tubuhnya menjadi apapun yang dia inginkan, mirip seperti Green Lantern yang bisa menghadirkan apa saja dengan membayangkannya. Luffy pun sama, dengan membayangkannya, tubuh karetnya kemudian akan mewujudkannya. Misalnya merubah lengannya menjadi kapak atau palu raksasa.

Mungkinkah Luffy Akses Gear 6?

Yang perlu untuk menjadi catatan adalah Gear 6 bukanlah sesuatu yang mustahil. Meskipun peluang untuk munculnya kecil, tetapi bisa saja Oda akan menghadirkan hal tersebut. Mengapa demikian? Karena, Luffy mengatakan bahwa itu adalah puncak kekuatannya dan bukan mengtakan bahwa dia sudah mengerahkan semua kekuatannya.

One Piece: Will Luffy achieve Gear 5?

Ada sebagian fans yang bahkan berpikir bahwa yang Luffy perlihatkan melawan Kaido kemarin adalah “puncak kekuatan” dari Gear 4, bukan merupakan Gear 5. Artinya, mungkin kita masih belum benar-benar melihat bagaimana form terakhir dari Luffy. Oda Sensei mungkin sengaja menyimpannya untuk muncul di akhir serinya nanti yang akan menjadi klimaks dari seluruh cerita One Piece.

Tentunya ketika hal tersebut benar-benar terjadi, hal ini akan menjadi sangat luar biasa. Luffy dan krunya sendiri kemungkinan masih bisa memiliki satu kesempatan peningkatan kekuatan lagi sebelum benar-benar menjadi sosok paling kuat di dunia. Terlepas dari spekulasi tersebut, harus kita akui bahwa awakening buah iblis Nika sangat dahsyat sehingga mampu membuat makhluk paling kuat di dunia takluk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.