Bagi pengguna buah iblis dalam seri One Piece melakukan awakening atau membangkitkan kekuatan buah iblisnya menjadi sebuah pencapaian besar. Butuh waktu, pengalaman, dan latihan untuk kemudian bisa membangkitkan buah iblis yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, buah iblis memberikan kekuatan yang beragam kepada mereka yang memakannya, tergantung dari jenisnya.

Mereka yang sudah mendapatkan kekuatan buah iblis memang akan menjadi sangat kuat. Namun, ternyata potensi kekuatan buah iblis yang sudah kuat itu pun masih bisa ditingkatkan lagi levelnya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membangkitkannya alias awakening. Di sepanjang seri One Piece sendiri sudah ada beberapa buah iblis yang berhasil penggunanya bangkitkan. Apa saja?

Hie Hie No Mi

Kuzan alias Aokiji merupakan mantan admiral di markas pusat. Dia sempat masuk nominasi untuk mengisi jabatan sebagai fleet admiral menggantikan Sengoku. Tapi, posisi tersebut akhirnya menjadi milik Sakazuki setelah dia kalah dalam duel di Punk Hazard. Kuzan pun mundur dari angkatan laut. Saat ini, dia bergabung dengan bajak laut Blackbeard. Aokiji alias Kuzan memiliki kekuatan dari Hie Hie no Mi. Hie Hie no Mi mampu untuk membuat, mengendalikan, dan berubah menjadi es.

Fakta Unik One Piece: 7 Pengguna Buah Iblis yang Berpotensi Capai Awakening, No 5 Paling Dinanti - Gora Juara - Halaman 2

Dalam sebuah pertarungan, dia menggunakan kemampuan ini dengan membekukan tubuh mereka hanya dengan menyentuhnya saja. Sebenarnya, belum ada konfirmasi resmi apakah Kuzan sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya ini. Tetapi, dalam pertarungan 10 hari dengan Sakazuki, Kuzan berhasil merubah sebagian wilayah Punk Hazard menjadi tertutup es. Bagaimana kemudian dia membekukan lautan atau membekukan tsunami yang Whitebeard ciptakan dalam perang Marineford, juga bisa menjadi bukti lainnya.

Para Penjaga di Impel Down

Penjara Impel Down merupakan penjara yang paling sulit untuk bisa ditembus. Ini adalah penjara milik Pemerintah Dunia, tempat untuk mengurung bajak laut atau kriminal atau seseorang yang memang dianggap musuh oleh Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Contoh nyatanya adalah Ace dan Jinbe, yang pernah dikurung di level 6 Impel Down. Salah satu hal yang membuat Impel Down sulit tertembus adalah adanya sosok penjaga yang mengerikan.

Beberapa dari mereka adalah empat orang dengan kekuatan buah iblis Zoan, yang sudah berhasil mereka bangkitkan. Hasilnya adalah keempat orang tersebut berubah sepenuhnya menjadi sosok binatang itu. Mereka adalah Minotaurus, Minozebra, Minokoala, dan Minorhinoceros. Keempat karakter ini dikendalikan oleh pemimpin mereka yaitu Sadi. Namun, tidak diketahui apakah mereka yang memutuskan untuk secara permanen berubah dalam form Zoannya juga apakah mereka bisa kembali ke form semulanya.

Magu Magu No Mi

Akainu alias Sakazuki merupakan fleet admiral di markas pusat saat ini, mengisi posisi yang Sengoku tinggalkan. Akainu sudah menunjukan bahwa dia memiliki kekuatan yang luar basa dahsyat. Hal ini berkat Magu Magu no Mi, di mana buah tersebut memberikan Sakazuki kemampuan untuk memanipulasi magma dan berubah menjadi cairan panas tersebut. Kemampuan magma dari Akainu mampu mengungguli kemampuan api milik Ace.

Bahkan, dia yang bertanggung jawab atas kematian Ace dalam perang di Marineford. Hal ini pun bahkan Oda konfirmasi sendiri dalam kolom SBS. Meskipun Ace memiliki kemampuan untuk berubah menjadi api, nyatanya tubuhnya tidak tahan terhadap serangan magma Akainu. Dia juga adalah sosok yang merubah sebagian wilayah Punk Hazard dipenuhi magma saat dia bertarung melawan Kuzan. Oda juga mengonfirmasi bahwa dengan buah iblis yang dia miliki, Sakazuki bisa saja mengalahkan Luffy dan menyelesaikan serinya dalam satu tahun.

Awakening Buah Iblis Suna Suna No Mi

Salah satu mantan Shichibukai, Crocodile, tertangkap dan harus terpenjaara di Impel Down setelah peristiwa mengerikan di Alabasta. Dia mencoba merebut kekuasaan keluarga Nefertari. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile harus mendekam di penjara level 6. Dengan kekuatan Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada levelnya.

One Piece: 9 Karakter ini Bangkitkan Kekuatan Buah Iblis!, Greenscene

Buktinya Luffy pernah sampai dua kali dikalahkan oleh Crocodile, ketika di arc Alabasta. Crocodile juga bisa saja menghabisi musuhnya dengan mudah. Selain itu, Suna Suna no Mi miliknya mampu membuat sebuah badai pasir yang sangat besar, membuat senjata yang terbuat dari pasir, dan juga membuat sebuah pasir hisap. Dengan mampu melakukan berbagai hal yang epik, artinya Crocodile sudah berhasil membangkitkan kemampuan buah iblisnya.

Doku Doku No Mi

Kepala penjara Impel Down, Magellan, memiliki kekuatan buah iblis yang mengerikan di mana dia bisa berubah menjadi racun mematikan. Hal ini karena buah iblis Doku Doku no Mi, buah iblis berjenis Paramecia yang membuatnya bisa memanipulasi dan menciptakan racun. Magellan biasanya menciptakan sebuah lapisan tebal racun untuk melindunginya dari berbagai serangan.

Lapisan racun tersebut seolah menjadi armor atau baju pelindungnya, dan memiliki ketahanan yang luar biasa, khususnya dalam pertarungan jarak dekat. Berkat hal ini, tidak ada yang berani menghadapi atau menyentuh Magellan secara langsung karena sekali saja racunnya tersentuh maka nyawa seseorang bisa melayang. Dengan mampu mengendalikan sekelilingnya, Magellan kemungkinan sudah berhasil membangkitkan buah iblis miliknya tersebut.

Mochi Mochi No Mi

Mochi Mochi no Mi termasuk salah satu buah iblis berjenis Paramecia yang spesial. Pengguna kekuatan ini mampu untuk menciptakan, mengendalikan, dan berubah wujud menjadi mochi. Meskipun terkesan tidak terlalu opresif, namun buah iblis ini masuk dalam jenis buah Paramecia spesial karena penggunanya bisa berubah wujud yang mana biasanya kekuatan tersebut hanya ada di jenis Logia.

Dengan merubah tubuhnya atau sebagian tubuhnya menjadi mochi, penggunanya bisa menggunakan kekuatan tersebut untuk berlindung, menghindari serangan, atau sebagai senjata. Bagaimana kemudian Katakuri memperlihatkan kekuatan awakeningnya adalah seperti halnya buah iblis Paramecia, Katakuri mampu memengaruhi sekitarnya. Dalam pertarungan melawan Luffy, dia berhasil mengubah pijakan atau sekitar Luffy menjadi mochi.

Ito Ito No Mi

Ito Ito no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia yang menjadi milik dari Donquixote Doflamingo. Buah iblis ini memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk mengendalikan apa pun dengan menciptakan sebuah tali pengatur yang tipis yang berasal dari awan. Senar atau tali yang muncul ini sangatlah kuat, bahkan mampu memotong meteor tanpa kesulitan.

Doflamingo sudah memiliki buah iblis tersebut sejak dia masih kecil, sehingga mungkin rasanya wajar jika dia mampu menguasai dengan baik Ito Ito no Mi bahkan membangkitkan kekuatannya. Dengan kekuatan buah iblis ini, Doflamingo mampu mengendalikan sekitarnya, seperti menggunakan teknik sangkar burung (birdcage) untuk mengurung seluruh wilayah Dressrosa.

Jiki Jiki No Mi

Jiki Jiki no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia milik oleh salah satu anggota bajak laut Worst Generation, Eustass Kid. Kekuatan dari Jiki Jiki no Mi pertama kali diperlihatkan saat arc Sabaody, di mana seluruh bajak laut Worst Generation berkumpul dan memperkenalkan mereka. Di arc Wano Country, para fans pun kemudian bisa melihat kekuatan dari buah iblis ini dengan lebih baik.

Jiki Jiki no Mi membuat Kid mampu memanipulasi energi magnet sesuka hatinya dan kemudian menarik atau menghempaskan material besi yang ada di sekitarnya. Dengan membuat tubuhnya menjadi magnet, Kid pun berubah menjadi sosok yang jauh lebih kuat. Hal ini karena bagian tubuhnya terlapisi oleh besi atau berbagai material dari besi. Kid sendiri baru-baru ini berhasil berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Dia juga menggunakan berbagai kekuatan awakeningnya, seperti “Assign” atau “Punk Clash” untuk mengalahkan Big Mom dalam pertempuran di Onigashima kemarin. Hal ini terjadi setelah Kid bekerja sama dengan Law untuk menaklukan Big Mom.

Ope Ope No Mi

Salah satu buah iblis berjenis Paramecia terkuat di serinya. Buah iblis Ope Ope merupakan buah iblis yang menjadi milik kapten bajak laut Hati, Trafalgar Law. Buah iblis tersebut membuat Law mampu “memanipulasi” tubuh manusia atau benda apa pun sesuka hatinya. Bahkan, yang paling epik adalah Law mampu menukar kepribadian seseorang dengan kekuatan dari buah iblis ini.

Rahasia One Piece Chapter 1031 Terungkap, Jurus Terakhir Awakening Law Bakar Big Mom Hidup-hidup - Pikiran Rakyat Bekasi

Sama halnya dengan Kid, Law sendiri baru saja berhasil menggunakan awakening dari buah iblis ini. Salah satu eknik terbarunya sendiri memiliki nama “Kroom” yang mana Law akan melapisi pedangnya dan mampu menembus tubuh target tanpa menyentuhnya. Serangan ini mampu merusak organ dalam dari musuhnya, seperti yang dia lakukan terhadap Big Mom. Dan ini juga menjadi salah satu kunci kemenangan atas Big Mom.

Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu

Kaido merupakan villain utama dari arc Wano Country, seperti halnya Big Mom. Dia menjadi lawan bagi Luffy dalam pertarungan puncak di arc tersebut. Kaido sendiri memiliki kekuatan buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu, yang membuatnya mampu untuk berubah menjadi seekor naga raksasa. Big Mom memberikan buah iblis tersebut kepada Kaido setelah kekalahan kelompok Rocks di God Valley.

6 Fakta Devil Fruit Kaido di One Piece: Uo Uo no Mi

Memang masih belum ada konfirmasi bahwa buah iblis Kaido ini sudah berhasil Kaido bangkitkan. Namun, Uo Uo no Mi adalah buah iblis berjenis air pertama di serinya, mengingat Uo sendiri adalah jenis ikan di Jepang. Bagaimana kemudian Kaido bisa berubah dari “ikan” menjadi “naga” kemungkinan adalah karena dia berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya

Soru Soru No Mi

Big Mom merupakan salah satu villain yang muncul dalam arc Wano Country. Jika berbicara kekuatan, tentu rasanya kita sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Namun, masih menjadi pertanyaan besar apakah Big Mom sudah berhasil membangkitkan buah iblis Soru Soru miliknya. Tetapi, dari apa yang muncul dalam pertarungan menghadapi Kid dan Law, sepertinya Big Mom sudah berhasil melakukannya.

Baca One Piece 1030 dan Spoiler Terlengkap, Pertarungan Big Mom Vs Kid dan Law Semakin Seru - Media Jawa Timur

Setelah terkena serangan awakening dari Law dan Kid, Big Mom mengakui bahwa sudah puluhan tahun dia tidak merasakan sakit yang luar biasa. Dia pun kemudian menggunakan kekuatan Soru Soru untuk merubah besi-besi yang menimpanya menjadi Homies. Dan yang paling epik adalah dia menggunakan jatah hidupnya satu tahun untuk meningkatkan kekuatannya. Rasanya ini bisa menjadi bukti Big Mom sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya.

Hito Hito No Mi, Model: Nika

Kejutan besar muncul di arc Wano, di mana ternyata nama dari buah iblis Luffy tersebut bukanlah nama aslinya. Gomu Gomu no Mi alias Hito Hito no Mi, Model: Nika, merupakan buah iblis berjenis Mythical Zoan yang menjadi milik Luffy. Buah iblis ini mampu merubah penggunanya menjadi seseorang yang elastis, seperti yang sering Luffy perlihatkan di sepanjang serinya.

One Piece: Penjelasan Mythical Zoan Hito Hito no Mi Model Nika, Buah Iblis Luffy - HiTekno.com

Saat Luffy berhasil membangkitkan kekuatan penuhnya, kekuatan karet Luffy benar-benar sangat luar biasa seperti bisa kita lihat dalam chapter 1045 dan 1046 kemarin. Hito Hito no Mi, Model: Nika ternyata bukan buah iblis biasa karena buah iblis tersebut ternyata sangat penting, khususnya bagi Pemerintah Dunia. Buah iblis ini belum pernah dibangkitkan dalam 800 tahun belakangan. Meskipun hal ini menjadi bentuk awakening Luffy, namun dia sendiri menyebut awakening ini sebagai Gear 5.

Mori Mori No Mi

Ini adalah buah iblis baru yang muncul di serinya. Buah iblis yang Aramaki konsumsi ini bernama Mori Mori no Mi. Mori sendiri dalam bahasa Jepang berarti hutan. Dan hal ini memang sesuai dengan kekuatan yang dia perlihatkan dalam chapter 1053. Dalam chapter tersebut, kita melihat bagaimana setiap kemana pun Aramaki pergi pasti akan ada tanaman atau tumbuhan yang muncul di sekitarnya.

One Piece: Terungkap Kekuatan Buah Iblis Mori Mori no Mi Ryokugyu - Berita Baru

Kemampuan dari buah iblis ini adalah penggunanya mampu untuk menumbuhkan tanaman di mana pun dia berada, merubah wilayah sekitarnya menjadi hutan, dan bahkan menyerap cairan atau nutrisi milik orang lain. Banyak fans meyakini bagaimana Aramaki menggunakan berbagai cabang, dan semua tanamannya bersifat permanen menjadi bukti bahwa dia sudah membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.