Wakanda dan Talocan (Atlantis versi MCU) tampaknya akan berperang di film MCU Black Panther: Wakanda Forever yang akan datang. Meskipun perang besar antara dua negara tersebut sudah pasti tidak terelakan, tetapi sampai sekarang plot filmnya masih menjadi misteri. Banyak rumor yang mencoba berspekulasi tentang penyebab perang antara dua negara tersebut. Terlepas dari kebenarannya seperti apa, faktanya perselisihan antara Wakanda dan Atlantis ini memang sudah ‘mendarah daging’, khususnya Marvel Comics.

Sambil menunggu filmnya tayang, tidak ada salahnya kita kenali terlebih dahulu sejarah konflik antara Wakanda dan Atlantis di Marvel Universe. Karena peristiwa ini bukan hanya terjadi di satu atau dua kisah saja, ada banyak kisah yang membangun sentimen antara kedua negara. Semuanya bermula dari pertemuan awal kedua penguasa, sampai akhirnya berkembang menjadi sesuatu yang sangat fatal bagi Wakanda dan Atlantis. Seperti apa sejarahnya? Mari kita ulas bersama di bawah ini, Geeks.

Pertemuan Perdana Namor dan Black Panther

Seperti yang kita tahu bersama, Atlantis adalah negara bawah laut di Marvel Universe yang dipimpin oleh Namor McKenzie alias Sub-Mariner. Sedangkan di sisi lain, Wakanda adalah negara besar di benua Afrika, yang pemimpinnya adalah T’Challa alias Black Panther. Atlantis sendiri pertama kali muncul pada tahun 1939, dan Wakanda muncul setelahnya pada tahun 1966. Meskipun perbedaan waktu debutnya cukup jauh, tetapi kedua negara ini sama-sama mempunyai posisi penting dalam sejarah Marvel. Hal inilah yang kemudian membuat kehadiran dari Namor dan Black Panther terasa sangat unik di semestanya.

Pertemuan perdana antara Namor dan Black Panther sendiri terjadi saat keduanya sudah menjadi raja. Melalui komik Rise of the Black Panther #2 (2018), mereka berdua bukan hanya sekadar melakukan pertemuan biasa. Namor dan Black Panther malah saling bekerja sama untuk melacak penjahat yang melarikan diri dari Atlantis. Meskipun misi mereka berjalan cukup lancar, tetapi Black Panther menyadari ada sesuatu yang berbahaya dari sosok Namor. Pada titik inilah Black Panther mulai berpikir bahwa Namor dan Atlantis berpotensi menjadi salah satu ancaman bagi negaranya.

Serangan Pertama Atlantis Ke Wakanda

Setelah pertemuan perdana mereka selesai tanpa masalah, akhirnya dugaan Black Panther benar-benar terjadi di komik Avengers vs. X-Men (2012). Semuanya bermula saat tim superhero Avengers dan X-Men bertemu pada suatu momen penting, di mana Phoenix Force kembali muncul setelah sekian lama menghilang. Avengers dan Black Panther merasa bahwa mereka harus segera memusnahkan entitas kosmik tersebut agar tidak kembali mengacau di muka Bumi. Di sisi lain, para X-Men dan Namor justru menginginkan kekuatan Phoenix Force untuk mencegah kepunahan ras mereka, yaitu mutan.

Saat kedua tim superhero tengah sibuk mempertahankan ideliasmenya masing-masing, Phonenix Force langsung merasuki lima anggota X-Men, termasuk Namor. Dengan kekuatan baru ini, X-Men akhirnya bisa mengalahkan Avengers sampai mereka mundur ke Wakanda. Namor yang memang terkenal pendendam, lantas menyuruh pasukan Atlantis untuk menyerang Wakanda. Setelah mengirimkan tsunami, Namor bersama pasukannya akhirnya berhasil meluluhlantahkan kerajaan Black Panther. Pada titik inilah sentimen pribadi antara Namor dan Black Panther berubah menjadi konflik antar negara.

Wakanda Melakukan Serangan Balik ke Atlantis

Sejak penyerangan pertama Atlantis ke Wakanda, kedua negara tidak pernah benar-benar berdamai secara resmi. Namun, karena Avengers dan X-Men memutuskan untuk berdamai, Black Panther dan Namor juga terpaksa mengesampingan masalah negara mereka. Meskipun Black Panther dengan berbesar hati menerima keputusan tersebut, tetapi tidak dengan adiknya Shuri. Dia merasa bahwa kehancuran Wakanda sebelumnya harus ada yang membayar.

Di kisah selanjutnya, yaitu di komik New Avengers Vol. 3 (2013), peristiwa incursion tiba-tiba terjadi. Incursion sendiri adalah bencana multiverse Marvel yang digambarkan dengan tabrakan antar universe. Mengetahui bahwa masalah tersebut jauh lebih besar dari masalah negaranya, Black Panther lantas mengajak Namor untuk kembali membentuk Illuminati. Yang sejak awal tim tersebut memang difungsikan untuk mencegah kejadian seperti incursion. Pada titik inilah Shuri merasa bahwa inilah saat yang tepat untuk melancarkan serangan balik ke Atlantis.

Dengan ketidakhadiran Namor, Shuri bersama pasukan Wakanda dengan mudah meratakan Atlantis. Namor yang merasa Black Panther telah mengkhianatinya, lantas berniat kembali menghancirkan Wakanda. Kali ini dia benar-benar ingin memusnahkan Wakanda dan semua rakyatnya dari muka Bumi. Itulah mengapa dia memanfaatkan Thanos yang memang tengah berniat menginvasi Bumi saat incursion terjadi. Namor berusaha menipu Thanos agar mau menyerang Wakanda terlebih dahulu. Namun, bagi Thanos yang tidak mau menerima perintah dari orang lain, malah menyerang kedua negara sekaligus.

Konflik antara dua negara ini baru benar-benar berakhir setelah Black Panther terpaksa menusuk Namor, sebelum multiverse benar-benar hancur karena incursion. Dengan kata lain, konflik antara kedua negara baru selesai saat tidak ada lagi yang bisa mereka bela. Sejak realitas kembali seperti semula setelah kejadian Secret Wars, sampai sekarang kedua negara tidak pernah berkonflik lagi di komik. Hal inilah yang membuat film Black Panther: Wakanda Forever menjadi lebih menarik. Karena kita akan kembali melihat kedua negara saling berperang pada tanggal 11 November 2022. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.