Trailer terbaru untuk film Black Panther: Wakanda Forever resmi meluncur di kanal YouTube Marvel Studios kemarin. Trailer terbaru tersebut menghadirkan banyak tayangan baru, sambil juga menghadirkan banyak informasi menarik. Contohnya adalah kemunculan Namor, konflik antara Atlantean dengan Wakanda, dan tentunya adalah kemunculan sosok Black Panther yang baru.

Untuk saat ini, kita masih belum tahu siapa yang mengisi atau menggunakan kostum Black Panther tersebut. Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun lalu Chadwick Boseman, pemeran utama filmnya, meninggal dunia akibat kanker usus. Pihak Marvel sendiri memutuskan untuk tidak mengganti sosok Boseman untuk karakter T’Challa. Hal ini pun banyak memunculkan spekulasi jika adiknya, Shuri, yang akan melanjutkan perjuangan sang kakak.

Dalam trailernya sendiri masih belum ada konfirmasi resmi terkait hal tersebut. Namun, para fans sendiri sudah semakin kuat dengan dugaan bahwa Shuri adalah Black Panther yang baru dari beberapa petunjuk yang ada. Bagaimana Shuri menjadi Black Panther sebenarnya juga terjadi dalam cerita komiknya. Lalu, bagaimana Shuri menjadi Black Panther dalam cerita komik?

Shuri Jadi Black Panther Versi Komik

Sosok Shuri sendiri pertama kali muncul pada tahun 2005 dalam komik Black Panther #2 karya Reggie Hudlin dan John Romita Jr. di mana sedari awal dia memang sudah menginginkan untuk menjadi seorang Black Panther. Sayangnya, karena ia tidak cukup kuat untuk menghadapi para penantang yang lain yang juga ingin menjadi Black Panther, akhirnya impiannya tersebut tidak terwujud.

Meskipun begitu, dia tetap memperlihatkan kecerdasannya, keberaniannya, terhadap apa pun yang terjadi. Baru pada 2008, Shuri akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi Black Panther. Hal ini terjadi dalam komik Black Panther di era Dark Reign. Saat itu, Doctor Doom secara brutal menyerang T’Challa karena menolak untuk bergabugng dengan Avengers versi Norman Osborn.

Hampir saja tewas, T’Challa akhirnya pulang ke Wakanda dan istrinya, Ratu Ororo, kemudian mengambil alih kepemimpinan Wakanda. Sebagai pemimpin Wakanda, Ratu Ororo akhirnya menunjuk Shuri untuk menjadi Black Panther menggantikan sang kakak. Untuk mewujudkan hal ini, ia bahkan menyelesaikan berbagai tantangan untuk menjadi Black Panther.

shuri letitia wright

Contohnya adalah berjalan di atas api, bermeditasi di sarang kalajengking, dan bahkan mendaki gunung yang menjadi tempat tumbuhan berbentuk hati tumbuh subur. Sepulang dari melakukan berbagai rintangan tersebut Shuri kemudian bertemu dengan Bast, sang dewa Kumbang Hitam, yang menganggap bahwa Shuri belum pantas untuk menjadi seorang Black Panther.

Menurutnya, Shuri tidak memiliki sikap rendah hati yang harus dimiliki seorang Black Panther. Shuri justru dengan arogannya menganggap bahwa dia adalah sosok yang pantas. Bast pun akhirnya tidak merestui Shuri untuk menjadi Black Panther yang baru. Zuri pun kemudian mengatakan bahwa Bast mungkin melihat sesuatu dalam diri Shuri. Karena, biasanya, ketika Bast atau para dewa mengaggap ada orang yang tidak pantas untuk menjadi Black Panther maka mereka akan langsung menghancurkannya.

Shuri Menjadi Black Panther

Meskipun Bast menganggap Shuri tidak pantas, nyatanya hal itu tidak membuatnya kecewa. Dengan Morlun yang menyerang Wakanda, mereka butuh sosok pahlawan yang bisa melindungi mereka. T’Challa sendiri tidak mampu berbuat apa pun karena kondisinya masih belum stabil. Akhirnya, ia pun menjawab panggilan tersebut dengan menjadi Black Panther untuk pertama kalinya.

black panther shuri

Ia akhirnya sadar bahwa dia harus membuktikan dirinya memang pantas untuk menjadi seorang Black Panther, bukan hanya berdasarkan arogansi dan ego. Pasca mengalahkan Morlun, T’Challa akhirnya tersadar. Namun, dia tidak mengambil kembali titel tersebut dan tetap memberikannya kepada Shuri untuk beberapa waktu.

Kematian Shuri

Shuri kemudian mengembalikan alter ego tersebut kepada kakaknya. Namun, dia kembali menjadi sorotan dalam komik Avengers vs. X-Men #7-8 dan New Avengers #7-12. Dalam ceritanya, Wakanda menjadi tempat untuk para pengungsi dari korban pertarungan kedua kelompok pahlawan itu. Wakanda juga menjadi tempat bagi mereka yang menolak keberadaan Hope dan Phoenix Five.

black panther namor

Shuri kemudian yang mendeklarasikan perang terhadap bangsa Atlantean dan menggulingkan kekuasaan sang kakak setelah secara diam-diam bekerja sama menjalin kerja sama dengan Namor. Shuri sendiri kemudian mengorbankan dirinya dalam pertarungan melawan Proxima Midnight, demi memberikan waktu bagi T’Challa untuk bisa kabur dalam komik New Avengers #24.

Hal itu nyatanya berhasil memberikan T’Challa waktu untuk bisa selamat. Ketika seri komik Black Panther kembali muncul pada 2016, T’Challa kemudian memutuskan untuk mencoba membangkitkan kembali sang adik. Dan ternyata proyek atau upaya luar biasa ini akhirnya berhasil.

Akan Ikuti Alur Cerita Komiknya?

Saat ini, Marvel Cinematic Universe memang masih belum memperkenalkan para mutan meskipun beberapa petunjuknya sudah mulai mereka sebar di berbagai cerita. Menarik tentunya untuk mengetahui alur cerita mana yang akan mereka adaptasi untuk film Wakanda Forever ini. Dan tentunya menarik juga untuk melihat bagaimana Shuri menjadi Black Panther dalam versi MCU.

Ryan Coogler (sutradara Black Panther: Wakanda Forever) mungkin akan melakukan beberapa penyesuaian cerita bila kemudian memang filmnya mengadaptasi cerita komik di atas. Salah satunya adalah bagaimana cara dan konflik yang dialami Shuri hingga ia menjadi Black Panther. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kisahnya di film Wakanda Forever pada November mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.