Mengenal Bond, anjing cerdas di Spy X Family. Seri Spy x Family karya Tatsuya Endo saat ini sedang sangat populer di kalangan pecinta anime dan manga. Kepopuleran dari manganya membuat seri ini kemudian mendapatkan adaptasi versi anime. Sukses dengan musim perdananya, kini serinya sudah memulai untuk musim kedua. Spy X Family sendiri menghadirkan cerita yang unik dan segar, serta penuh dengan komedi dari keluarga Forger.

Musim kedua sendiri dimulai dengan rangkuman dengan apa yang terjadi di musim perdananya. Kemudian, kita juga melihat lebih banyak momen kebersamaan keluarga Forger di awal musim ini. Yang menarik adalah Anya meminta hadiah seekor anjing kepada Loid atas prestasinya mendapatkan medali Stella. Hal tersebut merupakan saran dari temannya, Becky Blackwell.

Loid sendiri setuju mengenai hal itu, dan akhirnya mereka pun pergi mencari anjing yang tepat untuk Anya. Mereka mencari ke toko hewan yang merupakan bagian dari agensi rahasia Westalis. Namun, bukannya mendapatkan anjing yang Anya inginkan justru Loid mendapatkan misi terbaru. Misi tersebut menyebutkan tentang adanya rencana pembunuhan dengan menggunakan bom.

Akhirnya, Yor dan Anya pun mencari kandidat anjing lainnya ke tempat penampungan hewan. Namun, lagi-lagi tidak ada anjing yang pas untuk Anya atau yang Anya inginkan. Pada momen inilah dia kemudian bertemu dengan Bond. Mereka bahkan berpetualang bersama untuk menghentikan upaya pembunuhan dengan menggunakan bahan peledak dan hewan.

Mengenal Sosok Bond di Spy X Family

Dalam versi manganya, Bond sendiri pertama kali muncul di chapter 17 di mana Anya bertemu dengan Bond secara tidak sengaja. Setelah Anya mendapatkan medali Stella karena aksi yang dia lakukan sebelumnya, Becky pun memberikan sebuah saran kepada Anya untuk meminta hadiah kepada kedua orang tuanya. Namun, Anya tidak tahu hadiah apa yang dia inginkan.

Becky pun sempat menyinggung tentang memiliki seekor anjing atau binatang peliharaan karena hal itu membuat dia bahagia. Anya pun semakin bersemangat memiliki anjing apalagi setelah dia tahu bahwa Damian pun memiliki seekor anjing. Loid dan Yor pun akhirnya setuju dengan keinginan Anya untuk memiliki seekor anjing sebagai bentuk hadiah.

Sama seperti halnya Anya, Bond di Spy X Family ternyata bukanlah anjing sembarangan. Bond merupakan salah satu anjing yang menjadi sebuah subyek uji coba misterius bernama “Project Apple.” Proyek rahasia tersebut sengaja dibuat oleh rezim Ostanian dengan tujuan untuk menghadirkan berbagai hewan dengan tingkat kecerdasan tinggi, yang berasal dari berbagai spesies.

Akibat dari hal tersebut, Bond pun kemudian mendapatkan sebuah kekuatan di mana dia bisa melihat ke masa yang akan datang. Kemampuan ini juga yang membuat Bond mengetahui bahwa dia akan menjadi bagian dari keluarga Forger atau bahkan bertemu dengan Anya. Sayangnya, ketika riset tersebut kemudian ditutup, Bond harus berakhir di pasar gelap dan akhirnya jatuh ke tangan sebuah kelompok teroris.

Bond pun bahkan sengaja mereka latih untuk menjadi bom anjing (dog bomber) untuk menghancurkan berbagai target tertentu. Saat Bond menjadi subyek uji coba, dia benar-benar mendapatkan perlakuan yang buruk seperti tidak mendapatkan makanan yang layak atau bahkan sering mendapatkan serangan fisik. Hal ini pun sering kali membuat Bond merasa trauma.

Kekuatan Bond 

Akibat hasil eksperimen sebelumnya, Bond memiliki tingkat kecerdasan tinggi untuk seekor anjing dan hal ini membuat Bond mampu memiliki kemampuan melihat ke masa depan. Meskipun para teroris sengaja mengubah Bond untuk menjadi anjing bunuh diri, namun sepertinya pelatihan yang mereka berikan kepada Bond sama sekali tidak berpengaruh.

Kemampuan Bond untuk bisa melihat ke masa depan ini sebenarnya menarik, karena tidak jarang dia justru menyelamatkan nyawa banyak orang. Misalnya, ketika Bond menyelamatkan anak kecil yang nyawanya terancam karena ada benda jatuh dari atas. Atau ketika Bond dan Anya beraksi untuk menyelamatkan Loid dari kematiannya akibat ledakan.

Dalam penglihatan Bond, dia melihat ledakan di sebuah gedung yang mana Anya melihat bahwa ledakan tersebut merupakan momen terakhir sang ayah. Dan Anya pun harus menghentikannya. Inilah petualangan pertama Anya dan Bond bersama, yang mana hal tersebut membuat Anya akhirnya jatuh cinta kepada Bond. Hubungan keduanya benar-benar sangat luar biasa.

Anya menjadi satu-satunya orang yang bisa memahami Bond, karena kekuatannya untuk bisa membaca pikiran. Sering kali muncul kejadian konyol dan juga menegangkan ketika Bond tidak bersama Anya, karena tidak ada yang mengerti apa yang ada di dalam pikiran Bond. Bond sendiri pada akhirnya menjadi bagian dari keluarga Forger setelah melihat reaksi Anya dan juga Loid menyadari bahwa Bond bukan anjing yang terlalu galak.

Fakta menarik dari Bond di Spy X Family adalah pada awalnya keluarga Forger kebingungan untuk memberi nama kepada anjing baru mereka itu. Sampai kemudian Anya memberi nama Bond karena terinspirasi dari karakter mata-mata yang sering dia saksikan. Sejak saat itu, hubungan Bond dan Anya pun sangat dekat dan dia sudah menjadi bagian dari keluarga Forger. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran Bond selanjutnya di musim kedua ini dalam versi animenya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.