Dalam dunia One Piece buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan dari banyak karakter. Selain itu, buah iblis juga merupakan sumber daya yang sangat berharga. Karena itulah buah iblis banyak dicari dan memiliki harga yang sangat mahal, tergantung dari kekuatan dan kelangkaan buahnya. Buah iblis juga merupakan hal yang bertanggung jawab atas kekuatan dahsyat yang Luffy miliki.

Seperti yang kita ketahui, Luffy memiliki kekuatan Gomu Gomu no Mi di mana dia mampu membuat seluruh tubuhnya elastis seperti karet. Inilah yang menjadi salah satu kekuatan Luffy dalam mengalahkan berbagai musuhnya. Meskipun begitu, Oda kemudian menjelaskan bahwa nama asli dari buah iblis Luffy sendiri kemudian adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan merupakan Mythical Zoan bukan Paramecia.

Buah iblis menjadi salah satu elemen yang menarik dalam cerita One Piece. Hal ini bisa kita lihat dari buah iblis Luffy, karena menampilkan keunikan yang muncul dari kekuatannya. Meskipun begitu, ada sebuah fakta menarik yang muncul tentang hal ini. Ternyata, sebenarnya Oda sempat mempertimbangkan Luffy memiliki kekuatan buah iblis lain. Namun, setelah berpikir panjang akhirnya Oda memutuskan untuk memberikan Luffy kekuatannya seperti sekarang.

Kekuatan Luffy Sebelumnya

Fakta mengenai rencana awal buah iblis dari Monkey D. Luffy ini diungkapkan sendiri oleh Oda Sensei dalam sesi tanya jawab di kolom SBS. Dalam SBS Volume 35, seorang fan sempat bertanya apakah Oda Sensei pernah membayangkan Luffy akan memakan buah iblis lain selain Gomu Gomu. Oda pun kemudian dengan tegas menjawab tidak pernah.

Oda Sensei mengatakan bahwa sebelum seri One Piece mulai terbit atau tayang, sebenarnya dia sudah memikirkan matang-matang terkait hal ini. Dia sempat ragu apakah Gomu Gomu no Mi adalah pilihan yang tepat bagi Luffy. Namun, pada akhirnya dia tetap pada pilihannya, di mana dia senang dengan konsep manusia karet. Tetapi, Oda sendiri memiliki ide yang bahkan sempat dia pikirkan selama 13 kali.

Oda berpikir bahwa Luffy akan memakan buah iblis Ero Ero no Mi atau Love Love Fruit. Sayangnya, Oda tidak memberikan alasan mengapa kemudian dia membatalkan atau tidak menggunakan ide tersebut. Oda juga tidak memberikan petunjuk apa tentang kekuatan buah iblisnya. Melihat dari namanya – yang mana biasanya menjadi gambaran dari kekuatan buah iblis tersebut – kemungkinan buah iblis Ero Ero membuat penggunanya akan mampu memiliki pesona atau kharisma yang luar biasa.

Tidak ada satu orang pun yang mampu menahan pesona tersebut. Selain itu, bisa juga sosok Luffy menjadi karakter yang menarik atau tampan secara penampilan, yang bisa menggoda atau menarik lawan jenis. Bisa jadi ini juga konsep dasar yang kemudian dia kembangkan menjadi Mero Mero no Mi milik Boa Hancock, yang sekarang menjadi incaran dari Blackbeard.

Tentu saja jika kemudian buah iblis ini menjadi milik Luffy, maka cerita tentang One Piece akan berubah secara drastis. Hal ini mengingat Luffy adalah karakter protagonis utama dan juga calon raja bajak laut, rasanya kurang masuk akal jika kemudian kekuatan yang dia miliki berkaitan dengan penampilannya dan bukan yang berkaitan dengan sesuatu yang menunjang petualangannya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.