Pertarungan Luffy melawan Kaido dalam puncak pertarungan di arc Wano Country kemarin dikejutkan dengan kemunculan awakening dari buah iblis milik Luffy yang kemudian kita kenal sebagai Gear 5. Luffy, yang sebelumnya dianggap sudah tewas, ternyata masih hidup. Namun, dia kembali dengan kekuatan yang sangat luar biasa yang berasal dari buah iblis miliknya.

Dalam chapter 1045 kemarin, Luffy nampak berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika miliknya. Dalam chapter tersebut, kita melihat bagaimana kedahsyatan dari kekuatan Gear 5 ini. Mulai dari membuat Kaido seolah menjadi tali, berubah menjadi raksasa, dan bagaimana Kaido benar-benar kewalahan dan tidak percaya dengan apa yang dia hadapi.

Kaido juga tidak percaya jika ada seseorang yang mampu menggabungkan Conqueror Haki dan Armament Haki. Selain itu, Kaido tidak percaya bahwa ada buah iblis yang memiliki kekuatan dahsyat dan epik seperti Luffy. Dengan kedahsyatan dari Gear 5 ini, banyak para fans yang beranggapan bahwa kekuatan ini mungkin tidak akan memiliki kelemahan. Namun, faktanya justru sebaliknya. Gear 5 memiliki beberapa kelemahan.

Beberapa Kelemahan Gear 5

Disadari atau tidak Gear 5 Luffy memiliki beberapa kelemahan yang muncul dalam ceritanya. Kelemahan yang pertama adalah bagaimana energi dari Luffy yang terkuras dengan habis. Dengan kata lain, menggunakan Gear 5 benar-benar memakan tenaga yang sangat besar yang mana membuat Luffy akhirnya bisa lelah atau cepat lelah, jika terlalu lama menggunakan kekuatan ini.

Seperti yang pernah Trafalgar Law dan Eustass Kid katakan saat menggunakan kekuatan baru mereka yang merupakan awakening dari buah iblis masing-masing, kekuatan awakening benar-benar sangat menguras tenaga dan stamina mereka. Karena itulah, menggunakan kekuatan awakening tersebut hanya akan mereka lakukan disaat tertentu atau darurat.

Dan hal ini terbukti, setelah Law dan Kid menggunakan kekuatan awakening buah iblis mereka, keduanya pun langsung nampak kelelahan dan kehabisan tenaga. Dalam kasus Luffy, bukti dari hal ini diperlihatkan di chapter 1045 kemarin. Setelah cukup lama menggunakan kekuatan Gear 5, Luffy nampak kelelahan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan wajahnya. Nampak Luffy berubah menjadi sangat lemas dan seperti orang yang berada di ujung kematiannya.

If Luffy is in Gear 4, can he easily defeat Endeavor? - Quora

Luffy nampak kehabisan tenaga setelah penggunaan Gear 5 tersebut. Luffy sendiri mengatakan jika Gear 5 benar-benar menguras semua tenaganya. Jika bukan karena kekuatan genderang kebebasan yang kembali memulihkan energi dan kekuatan Luffy, bisa jadi dia sudah tewas pada saat itu. Kelemahan lainnya adalah bagaimana dia rentan terhadap serangan tajam atau yang bisa melukai tubuhnya.

Misalnya, dalam chapter 1047 Kaido menggunakan teknik Dragon Twister Demolition Breath. Teknik ini mengeluarkan angin yang mampu memotong apa pun. Kaido sendiri kemudian menjelaskan bahwa Luffy ternyata masih lemah terhadap serangan tebasan atau serangan yang berbasis pisau atau semacamnya. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena Luffy bisa saja terluka atau bahkan tewas.

Masih Butuh Latihan

Seperti halnya Law dan Kid, Luffy juga baru saja menggunakan dan membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Sehingga, rasanya wajar jika masih ada kekurangan dalam penggunaan kekuatan awakening tersebut. Hal ini tentunya berbeda dengan beberapa karakter yang memang sudah sejak lama membangkitkan dan menggunakan kekuatan buah iblisnya. Misalnya Doflamingo, Katakuri, Sakazuki, dan sebagainya.

Luffy's New Gear Fifth Weakness Redefines One Piece's Future | Films News Feed

Hal ini menunjukan bahwa Luffy masih butuh lebih banyak waktu untuk melatih kekuatannya tersebut. Dengan akhir cerita One Piece yang sudah di depan mata, dan lawan yang jauh lebih kuat siap menunggu Luffy, mau tidak mau Luffy sudah harus membiasakan diri untuk menggunakan awakening tersebut. Dia harus mulai melatih kembali kekuatannya ini agar kelemahannya tersebut bisa tertutupi.

Di sisi lain, kelemahan ini juga menjadi nilai plus sebagai penyeimbang kekuatan yang ada di ceritanya. Dengan kekuatan yang sangat dahsyat seperti Gear 5, tentunya akan sangat tidak masuk akal jika semuanya nampak sempurna tanpa ada celah. Berdasarkan hal tersebut, cukup masuk akal jika Luffy masih memiliki beberapa kelemahan tersebut dalam penggunaan kekuatannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.