Seri animasi Cyberpunk: Edgerunners produksi Studio Triggers saat ini menjadi salah satu seri yang banyak diperbincangkan oleh para fans. Hal ini karena serinya menghadirkan sebuah dunia yang besar dan penuh lika-liku, alur cerita yang mampu menyentuh hati para fans, dan juga deretan karakter yang menarik. Sesuai namanya, ini merupakan seri anime orisinal adaptasi dari game populer karya CD Projekt Red, Cyberpunk 2077.

Cyberpunk Edgerunners sendiri berfokus pada cerita tragis dari sosok David Martinez yang mana hidupnya menjadi berantakan pasca kematian sang ibu akibat kecelakaan mobil. Tidak mampu bayar sekolah atau bertahan hidup, David akhirnya terpaksa membawa dirinya ke dunia Edgerunning akibat seorang wanita bernama Lucy. Dan tidak butuh waktu lama bagi David untuk menjadi aset berharga bagi kelompok tersebut.

Hal ini berkat peningkatan kekuatan tulang belakang cybernetic yang bernama Sandevistan. David sendiri bergabung dengan salah satu kelompok Edgerunners yang dipimpin oleh Maine. Salah satu anggota yang juga bergabung di sana adalah Rebecca. Dia adalah sosok karakter yang sering kali membawa petaka dan kekacauan di mana pun berada. Salah satu buktinya adalah bagaimana dia menciptakan kekacauan bagi para petinggi Corpo. Dengan berakhirnya musim perdana serinya, para fans pun penasaran dengan nasib selanjutnya dari Rebecca.

Hubungan Rebecca dan David

Seperti halnya gamenya, Cyberpunk Edgerunners juga menghadirkan banyak sekali momen menyedihkan bagi para karakter utamanya. Rebecca adalah salah satunya. Hal ini bisa kita lihat ketika adiknya, Pilar, terbunuh ketika menghadapi seorang cyberpscyho. Menanggapi kematian tersebut, dia pun meresponnya dengan kekerasan, sikap yang brutal, dan banyak tembakan senjata.

Sosok Rebecca perlahan mulai berubah pasca kejadian tersebut. Biasanya, kru lain akan menjemput atau memaksa Rebecca untuk pergi dan membawanya untuk bisa menghentikan aksi gilanya. Namun, dia kemudian bertemu dengan rekrutan baru yang mana sosok tersebut mengingatkannya akan sosoknya yang dahulu. Rebecca kemudian mulai peduli terhadap sekitarnya, termasuk bagaimana dia menjaga David.

Barulah pasca timeskip para penonton mulai melihat adanya hubungan yang mendalam dari Rebecca untuk David. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana dia mencoba untuk menggoda sang protagonis utama. Rebecca sendiri sadar bahwa David tidak melihatnya sama seperti dia melihat David. Meskipun begitu, dia tetap menjadi sosok yang mendukung rekannya tersebut. Momen ini menjadi pintu masuk bagi para fans untuk mulai bersimpati terhadap sosoknya. Dan ini juga yang menjadi awal banyaknya fans yang mulai memfavoritkan karakternya.

Rebecca di Akhir Musim

Pasca kematian beberapa karakter penting di kelompoknya seperti Maine dan Dorio, Lucy pun mencoba untuk mundur sejenak dari dunia Edgerunning dan mulai fokus pada ancaman yang akan David hadapi. Lucy sadar bahwa dia tidak ingin menjadi beban tambahan bagi David, hal ini justru menjadikannya target bagi Faraday untuk menculiknya. Dan dengan begitu, Lucy menjadi umpan untuk mendapatkan David.

Lucy sendiri sebenarnya berhasil untuk memperingati David untuk tidak terpancing strategi atau rencana dari Faraday. Hal ini karena dia sudah bekerja untuk Arasaka. Namun, sayangnya, David sudah terjebak dari ucapan Faraday yang mana dia sudah mempersiapkan juga berbagai strategi untuk menyelamatkan Lucy.

Episode terakhir dari Cyberpunk Edgerunners memperlihakan pertarungan Arasaka dan kelompok Edgerunners, di mana mereka berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan Lucy sebelum David berubah menjadi seorang cyberpsycho. Sebelum pertarungan David dan Adam Smasher terjadi, Rebecca berperan sebagai sosok “pemimpin terakhir” dari seluruh kelompok Edgerunners lainnya.

Sudah pernah melihat bagaimana David gagal dalam hal cyberpsychosis, Rebecca secara tegas menolak David untuk menggunakan purwarupa dari cyberskeleton. Meskipun pada awalnya Rebecca sangat menolak hal tersebut, namun kemudian dia teringat akan filosofi dan juga pemikiran dari seorang Edgerunners, bahwa semua orang bisa memiliki kesempatan. Akhirnya, Rebecca pun mendukung upaya dan rencana David.

Rebecca terus mendukung David di masa-masa sulitnya saat ini. Dia terus membuat mentalnya stabil selama yang dia bisa. Hal ini beralasan karena Rebecca terus mengingat momen kematian adiknya, yang mana dia tidak ingin hal ini terjadi kepada David. Rebecca sendiri senang saat David berhasil menyelamatkan Lucy, meskipun dia tahu ingatan David akan hilang.

Peran Rebecca Kedepannya

Adam Smasher sendiri pada akhirnya melakukan sesuatu yang brutal terhadap dua karakter utama serinya. Dia berhasil menghabisi David dan Rebecca. Hal ini benar-benar diluar dugaan apalagi para fans yang sangat menginginkan akhir yang bahagia. Momen ini benar-benar menguras air mata dari para fans. Hanya Lucy dan Falco yang kemudian selamat dalam peristiwa tersebut.

Are Rebecca and Faraday Dead in Cyberpunk Edgerunners?

Meskipun Rebecca pada akhirnya tewas, namun mengingat popularitas dan juga karakternya yang menjadi salah satu favorit para fans bukan mustahil jika kemudian dia akan kembali muncul dalam serinya. Mungkin, Rebecca tidak akan muncul secara penuh atau memiliki peran yang besar. Bisa jadi, dia akan muncul dalam momen-momen tertentu seperti kilas balik atau momen penting lainnya.

Untuk saat ini, baik pihak Netflix atau pun Studio Trigger masih belum memberikan informasi atau pun konfirmasi terkait dengan apakah mereka akan membuat musim kedua. Kabarnya, kedua pihak tersebut pada awalnya berencana hanya akan membuat satu musim saja untuk ceritanya. Namun, melihat kepopuleran serinya bukan hal mustahil jika Netflix akan memberikan lampu hijau untuk musim selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.