Belakangan ini nama Doctor Fate menjadi topik pembicaraan yang cukup hangat di kalangan penggemar komik superhero. Bukan hanya penggemar DC saja, tetapi juga bagi penggemar Marvel yang merasa karakternya cukup mirip dengan Doctor Strange. Debutnya di film DCEU Black Adam mendatang, menjadi alasan utama mengapa Doctor Fate kembali menjadi perbincangan. Berdasarkan hal tersebut banyak yang mulai berdebat tentang siapa yang lebih sakti di antara penyihir DC dan Marvel ini.

Mengingat film Black Adam sendiri masih belum tayang, untuk membandingkan kesaktian mereka setidaknya sekarang kita hanya bisa merujuk pada sumber aslinya. Yaitu DC Comics untuk Doctor Fate dan Marvel Comics untuk Doctor Strange. Terlepas dari banyaknya persamaan antara dua penyihir ‘Doctor’ ini, sebenarnya ada juga sejumlah perbedaan yang mungkin dapat kita jadikan petunjuk terkait siapa yang paling sakti. Tanpa perlu basa-basi lagi, mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Doctor Fate, Agen Lords of Order DC

Sebenarnya di DC Universe ada sejumlah karakter yang pernah menjadi Doctor Fate. Namun, yang paling kuat di antara semuanya tidak lain adalah Kent Nelson, yang juga akan muncul di film Black Adam. Agar pembahasannya tidak melebar, dialah yang kali ini akan kita bandingkan dengan Doctor Stephen Strange dari Marvel. Kent sendiri adalah karakter DC yang melakukan debutnya pada tahun 1940 melalui komik More Fun Comics #55. Meskipun awalnya Kent hanyalah seorang manusia biasa, kehidupannya mulai berubah saat dia tidak sengaja menemukan Helmet of Nabu di bawah piramida.

Artefak sihir tersebut ternyata adalah milik dewa kuno bernama Nabu yang akhirnya menunjuk Kent sebagai inangnya. Singkat cerita, sejak saat itu Kent menjadi Doctor Fate sekaligus agen Lords of Order yang harus menumpas kekacauan di alam semesta. Karena Nabu bersemayam di dalam Helmet of Nabu, ketika Fate mengenakannya dia langsung mendapatkan semua kekuatan Nabu. Selain helm, Nabu juga mewariskan dua artefak sihir lainnya kepada Fate. Yaitu Cloak of Destiny yang membuatnya kebal terhadap berbagai jenis serangan, serta Amulet of Anubis yang membuatnya kebal dari deteksi sihir.

Berkat kehadiran Nabu di sisinya, Fate mempunyai banyak sekali mantra sihir yang sangat sakti. Termasuk memanipulasi energi dan elemen, menghilang, teleportasi, melakukan perjalanan ruang dan waktu, memanipulasi realitas, penyembuhan, dan masih banyak lagi sihir ofensif maupun defensif. Dengan kekuatan sihirnya ini Fate bahkan pernah memanggil monster serta mengembalikannya ke neraka, meninju Superman, dan mengimbangi kekuatan entitas mahakuasa seperti Spectre. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak orang merasa bahwa Doctor Fate adalah penyihir paling sakti di DC Universe.

Doctor Strange, Sorcerer Supreme Marvel

Sekarang kita masuk ke pembahasan Stephen Vincent Strange alias Doctor Strange yang pertama kali muncul di komik Strange Tales #110 pada tahun 1963. Dia adalah seorang dokter bedah yang akhirnya memutuskan menjadi penyihir setelah tangannya terluka parah akibat kecelakaan. Sebagai seorang ahli seni sihir di Kamar Taj, Strange akhirnya ditunjuk oleh elder god Vishanti untuk menjadi Sorcerer Supreme. Pada titik inilah dia menjadi pelindung alam semesta yang bisa meminjam kekuatan sihir dari sekitarnya, termasuk energi dari iblis, monster, dan entitas lainnya.

Dalam petualangannya sebagai seorang Sorcerer Supreme, Strange juga sering terlihat menggunakan tiga artefak sihir andalannya. Mulai dari Eye of Agamotto, yang memungkinkan Strange untuk mempunyai ‘mata ketiga’ untuk melihat semua ilusi dan bahkan mendeteksi kebohongan. Kemudian jubah yang mempunyai pikirannya sendiri, yaitu Cloak of Levitation, yang juga dapat membuat Strange bisa terbang. Sampai Wand of Watoomb yang dapat memperkuat kesaktian Strange, serta menyerap energi mistis di sekitarnya.

Karena Strange sejatinya adalah seorang dokter, dia terbilang lebih cerdas dari manusia pada umumnya. Hal inilah yang kemudian Strange manfaatkan untuk mempelajari lebih banyak sihir setiap harinya. Sampai akhirnya dia menguasai sejumlah sihir sakti, termasuk telepati, penyembuhan, manipulasi waktu, manipulasi energi, teleportasi, dan sihir lainnya yang tidak dimiliki oleh orang lain. Sebagai penyihir tersakti di Marvel Universe, Strange pernah berhasil mengikat para X-Men sekaligus dengan Crimson Bands of Cyttorak. Dia bahkan pernah mengalahkan entitas kosmik Galactus hanya dengan satu mantra sihir.

Siapa ‘Doctor’ Paling Sakti?

Setelah membahas kesaktian Doctor Fate dan Doctor Strange, sekarang tiba saatnya untuk mengetahui siapa yang paling sakti di antara keduanya. Pada dasarnya sebenarnya kekuatan sihir Fate dan Strange hampir sama. Mereka berdua sama-sama bisa terbang, memanipulasi waktu dan realitas, memanipulasi energi, dan melakukan penyembuhan. Namun, jika mereka berdua bertarung, ternyata Fate mempunyai sejumlah sihir yang bisa menangkal keunggulan Strange sendiri. Meskipun pada dasarnya mereka berdua memang sama-sama mempunyai kekuatan kosmik, tetapi Fate lebih unggul dalam beberapa aspek.

Hal yang paling sederhana bisa kita bandingkan dari artefak sihir mereka. Cloak of Levitation memang dapat membuat Strange terbang. Namun di sisi lain, selain dapat membuat Fate terbang, Cloak of Destiny juga memungkinannya untuk kebal terhadap berbagi macam serangan. Kemudian Eye of Agamotto mungkin bisa melihat ilusi dan kebohohongan, tetapi Amulet of Anubis bisa melindungi Fate dari deteksi sihir siapa pun, termasuk mungkin Strange. Terakhir, Wand of Watoomb memang membuat Strange lebih kuat, tetapi di dalam Helmet of Nabu terdapat dewa yang langsung membantu Fate.

Jadi kesimpulannya, Fate lebih unggul karena dia langsung dibantu oleh Dewa Nabu, dan mempunyai sejumlah penangkal untuk sihir Strange sendiri. Mungkin terdengar tidak objektif, tetapi kenyataannya jika kita mengetahui kedua sumber aslinya, kalian mungkin akan sepakat bahwa Fate memang lebih sakti dari Strange. Walaupun begitu, perlu kita catat bahwa semua ini berdasarkan fakta di komiknya. Sedangkan untuk versi live action-nya tidak menutup kemungkinan akan sedikit berbeda. Semuanya hanya akan terjawab ketika Doctor Fate muncul di film Black Adam pada tanggal 21 Oktober besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.