Marvel Comics adalah komik superhero Amerika yang sekarang usianya telah mencapai 83 tahun. Pertama kali berdiri pada tahun 1939, nama perusahaan hiburan Marvel awalnya adalah Timely Comics. Yang kemudian berubah menjadi Magazine Management dan akhirnya menjadi Marvel Comics pada tahun 1961. Dengan riwayat yang sangat panjang tersebut, tidak aneh jika sampai detik ini ada banyak sekali karakter yang telah Marvel kenalkan kepada penggemar.

Situs QZ mencatat bahwa ada sekitar 7000 superhero di Marvel Universe, termasuk Iron Man, Captain America, dan Thor yang sangat populer di kalangan penggemar. Namun, tahukah kalian, siapa saja superhero pertama Marvel Comics? Beberapa di antaranya memang tidak terlalu terkenal. Namun, sebagiannya lagi justru saat ini cukup populer tanpa kita sadari usianya. Mereka semua debut di Marvel Comics #1 yang rilis pada tahun 1939, bertepatan saat Marvel Comics pertama kali berdiri. Siapakah mereka? Langsung saja simak para superhero pertama Marvel di bawah ini!

Human Torch

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan nama Human Torch, yang sekarang dipegang Johnny Storm dari Fantastic Four. Namun tahukah kalian, sebenarnya sosok yang pertama kali memegang identitas ini adalah Jim Hammond, salah satu superhero pertama Marvel. Debut di kisah ‘The Human Torch‘ karya Carl Burgos, Jim alias Human Torch pada dasarnya adalah sebuah android ciptaan seorang ilmuwan bernama Phineas Horton. Seiring berjalannya waktu, setelah menemukan pilihannya sendiri, Human Torch memutuskan untuk menjadi superhero sambil membaur dengan manusia sebagai seorang polisi.

Kekuatan utama Human Torch adalah mengubah seluruh tubuhnya menjadi api serta memanipulasi api. Dari dua kekuatan dasar tersebut, dia lantas bisa mengembangkannya untuk terbang, memanipulasi suhu di sekitarnya, menembakan proyektil energi, dan kebal terhadap panas. Kekuatan andalannya adalah Nova Flame yang tingkat kepanasannya dapat mencapai 500 ribu derajat cescius. Human Torch terakhir kali terlihat di komik Iron Man Vol. 6 #12 (2021), di mana dia terjebak di tengah pertarungan Iron Man dan Korvac yang saling memperebutkan Power Cosmic.

Angel

Sama kasusnya seperti Human Torch, nama Angel juga sekarang lebih familier dipegang oleh karakter baru dari X-Men. Namun, faktanya pada saat Marvel merilis komik pertamanya, nama ini lebih dahulu dipegang oleh Tom Halloway yang debut di kisah ‘The Angel‘ karya Paul Gustavson. Meskipun mengenakan kostum superhero, Tom alias Angel ini sebenarnya hanyalah seorang manusia biasa. Dia merupakan seorang detektif yang menggunakan kemampuannya untuk menumpas kejahatan di sekitarnya.

Konsep karakternya kurang lebih mirip seperti ‘manusia kelelawar’ dari DC Comics. Di mana dia bertindak sebagai seorang vigilante brutal untuk menakuti musuh-musuhnya. Meskipun tanpa kekuatan super, Angel adalah sosok yang sangat ahli dalam pertarungan tangan kosong dan menggunakan senjata. Dia juga mempunyai kemampuan akrobatik yang membuatnya bisa bergerak lebih lincah. Di komik Captain America #442 (1995), karakter Angel yang sudah pensiun diceritakan tengah menikmati usia senjanya di sebuah perkebunan yang sangat luas.

Sub-Mariner

Selanjutnya kalian pasti sudah tidak asing dengan nama yang satu ini, yaitu Namor the Sub-Mariner. Sampai detik ini dia mungkin adalah salah satu karakter paling pertama Marvel yang masih cukup populer sampai sekarang. Karakter yang mempunyai nama asli Namor McKenzie ini debut secara resmi di kisah ‘The Sub-Mariner‘ karya Bill Everett. Sebagai anak dari ayah pelaut dan puteri Atlantis, Namor juga tercatat sebagai mutan pertama di Marvel Universe.

Campuran DNA-nya dari orang tuanya lantas membuat Namor bisa hidup di darat dan juga di dalam lautan. Dengan kekuatan supernya, dia bahkan menjadi lebih superior daripada manusia dan juga para Atlantean. Yang lebih hebatnya lagi, kemampuan mutan Namor ternyata membuatnya bisa terbang. Saat ini Namor lebih terkenal sebagai antihero arogan, rasa cintanya pada Atlantis sering membuatnya membenci para ‘manusia permukaan’. Pada bulan November nanti, aktor Tenoch Huerta akan memerankan karakter live action-nya di film baru MCU berjudul Black Panther: Wakanda Forever.

Masked Raider

Superhero pertama Marvel lainnya adalah Masked Raider. Ialah superhero paling pertama Marvel yang melakukan debutnya di kisah ‘The Masked Raider‘ karya Al Anders. Nama aslinya adalah Jim Gardley yang diceritakan eksis pada era koboi alias Wild West. Awalnya Jim hanyalah seorang peternak yang pandai dalam menggunakan senjata. Suatu hari dia memutuskan untuk melindungi orang tertindas dari para penjahat sebagai Masked Raider. Dalam setiap aksinya, dia sering terlihat mengenakan topeng hitam sambil mengendarai kudanya yang bernama Lightning.

Menariknya, ternyata topeng hitam yang Masked Raider kenakan bukanlah topeng biasa, melainkan Eternity Mask. Di mana topeng kosmik ini memungkinkan penggunanya untuk mempunyai kekuatan yang sama seperti lawannya. Serta kesadaran kosmik yang membuatnya bisa mengetahui keadaan di sekitarnya, meskipun tanpa melihat. Di Marvel Comics #1000 (2019), Marvel menceritakan bahwa sebenarnya Jim Gardley telah mati, dan sekarang yang memegang identitasnya adalah sosok lain yang namanya misterius.

Itulah para superhero pertama Marvel yang debut di Marvel Comics #1 pada tahun 1939 silam. Melihat sejarah dan kemunculan banyak karakter lainnya, cukup jelas bahwa empat superhero ini adalah sumber inspirasi untuk karakter Marvel lainnya. Seperti Johnny Storm yang terinspirasi Jim Hammond, Tom yang sekarang identitasnya menjadi milik mutan, dan Masked Raider yang memperkenalkan dunia koboi di Marvel Universe. Sedangkan Namor menjadi salah satu karakter populer Marvel yang bahkan masih terkenal sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.