Sampai saat ini tujuan mengenai organisasi SWORD di cerita One Piece masih belum terjawab dalam ceritanya. Semenjak kemunculan organisasi ini, para fans sendiri penasaran dengan apa sebenarnya organisasi rahasia tersebut. Banyak fans yang berspekulasi mengenai siapa saja anggota dari organisasi tersebut dan mengapa kemudian organisasi ini dibentuk atau didirikan. Yang menarik adalah bagaimana di chapter terbaru kemarin Oda memberikan petunjuk mengenai organisasi ini.

SWORD merupakan organisasi rahasia dari angkatan laut dalam cerita One Piece. X-Drake, yang merupakan salah satu bajak laut Worst Generation, merupakan pemimpin dari organisasi tersebut. Selama ini, Oda Sensei selalu memperlihatkan sosok Drake sebagai mantan angkatan laut yang kemudian memilih menjadi bajak laut. Selain Drake, Koby menjadi angkatan laut pertama yang diperkenalkan menjadi bagian dari SWORD.

SWORD sendiri kembali menjadi sorotan setelah muncul dalam chapter 1061, di mana Oda memperkenalkan anggota SWORD lainnya. Mereka adalah Hibari, Helmeppo, dan juga Prince Grus. Sayangnya, chapter tersebut tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai organisasinya atau pun para karakter lain yang tergabung di sana. Meskipun begitu, ada sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa Oda sedang memberikan petunjuk.

SWORD Berisi Angkatan Laut Muda

Jika Geeks perhatikan, usia dari para karakter yang tergabung dengan organisasi SWORD rata-rata masih berusia sangat muda. Contoh nyatanya adalah Koby yang saat ini berusia 18 tahun. Kemudian, Helmeppo yang berusa 22 tahun serta Hibari yang mungkin usianya tidak terpaut jauh dari sosok Koby dan Helmeppo.

X Drake sendiri berusia 33 tahun saat ini, usia yang cukup muda untuk menjadi seorang pemimpin organisasi rahasia. Berdasarkan hal tersebut, terdapat asumsi bahwa Oda Sensei ingin memberikan petunjuk bahwa organisasi SWORD merupakan organisasi rahasia yang berisi para angkatan laut muda penuh potensi. Mereka memiliki semangat muda dan kekuatan yang bisa menghadirkan perubahan baru.

Berbicara mengenai perubahan baru, kemungkinan ini juga yang menjadi tujuan dan misi dari SWORD. Selama ini, Oda menghadirkan informasi bahwa SWORD merupakan organisasi yang memiliki misi untuk mengawasi aktivitas para Yonko. Namun, melihat susunan anggotanya serta bagaimana rahasianya organisasi ini, rasanya SWORD memiliki tujuan lain dari sekedar mengawasi Yonko.

One Piece chapter 1061: Did Oda introduce Akainu's daughter?

Kemungkinan yang paling masuk akal adalah SWORD sengaja dibentuk untuk memberikan perubahan besar di tubuh angkatan laut. Mereka ingin melakukan revolusi atau perombakan besar-besaran di tubuh angkatan laut. Ini sebabnya kemudian SWORD merekrut para anak-anak muda yang penuh potensi yang memiliki prinsip sejalan dengan mereka. Karena anak-anak muda itulah yang akan membawa perubahan besar tersebut.

Seperti yang kita ketahui, angkatan laut merupakan wajah militer dan alat bagi Pemerintah Dunia. Sebagian besar setuju dan mau menjalani hal tersebut, namun sebagian lainnya tidak setuju. Mereka yang tidak setuju beranggapan bahwa tidak seharusnya angkatan laut berada di bawah kendali Pemerintah Dunia atau kaum naga langit. Mereka harus bergerak independen dan benar-benar menjadi pelindung, bukan sebaliknya.

Ada Sosok Legendaris?

Kita tidak tahu kapan organisasi ini terbentuk. Namun, mungkin SWORD muncul masih belum lama sekitar satu dekade terakhir. Dengan organisasi tersebut yang masih muda dan baru, serta banyaknya angkatan laut muda yang masih belum berpengalaman, tentunya butuh sosok senior yang mampu untuk membimbing dan mengarahkan mereka. Spekulasi sebelumnya menyebutkan bahwa ada beberapa legenda yang menjadi bagian dari SWORD.

Inilah Perbedaan Anak Asuh Garp dan Sengoku - Dafunda.com

Beberapa dari mereka adalah Sengoku atau pun Garp. Dua karakter tersebut cukup masuk akal mengingat mereka sama-sama menentang keberadaan atau situasi dan intervensi dari Pemerintah Dunia. Keduanya juga saat ini sudah tidak lagi terlalu aktif di angkatan laut, mengingat mereka memutuskan untuk pensiun. Sosok lainnya yang mungkin menjadi pembimbing SWORD adalah Fujitora.

Dia sangat membenci ketidakadilan terlepas dia sendiri adalah angkatan laut. Dia bahkan rela melukai matanya sendiri hingga buta, karena dia merasa tidak ada hal baik yang bisa dia lihat lagi. Terlepas dari para legenda tersebut tentunya menarik untuk menantikan bagaimana Oda Sensei menyuguhkan informasi lainnya mengenai organisasi ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.