Serial The Rings of Power episode 6 baru saja mengungkap siapa sebenarnya Adar dan apa yang tengah dia lakukan di Southland. Pengungkapan ini terjadi setelah pasukan Numenorean mengalahkan para orc di Southland. Di mana Galadriel dan Halfbrand berhasil meringkus Adar dalam pertarungan terakhir mereka. Saat Galadriel tengah berbicara dengannya, di sinilah terungkap bahwa sebenarnya Adar adalah korban penculikan, penyiksaan, dan pencucian otak oleh Morgoth, yang akhirnya menjadi makhluk kegelapan.

Pada saat yang bersamaan, Adar juga memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan kepada Galadriel. Adar mengaku bahwa dia adalah orang yang telah membunuh Sauron, Dark Lord yang selama ini Galadriel cari sampai ke ujung dunia. Mendengar hal tersebut Galadriel tampak terkejut sekaligus tidak percaya. Namun, karena penjelasan Adar terdengar cukup meyakinkan, tidak sedikit penonton yang juga penasaran dengan kebenarannya. Jika kalian termasuk salah satunya, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini, Geeks!

Benarkah Adar Telah Membunuh Sauron?

Di episode 6, Galadriel merasa cukup yakin bahwa Adar sejatinya adalah seorang Moriondor alias makhluk kegelapan yang menjadi orc pertama di bawah kepemimpinan Dark Lord. Itulah mengapa sejak awal para orc terlihat sangat setia kepada Adar, mereka bahkan sampai memanggilnya ‘Father’ alias ayah. Adar sendiri merasa bahwa para orc adalah anak-anaknya, dia sangat ingin mereka mendapatkan tempat yang layak, dengan atau tanpa Dark Lord.

Namun sebagai pasukan khusus Dark Lord, mau tidak mau setelah Morgoth mati, Adar dan para orc juga harus mengabdikan dirinya kepada Sauron. Awalnya Adar adalah pelayan yang sangat setia kepada Sauron, apalagi sang Dark Lord baru ini mempunyai tujuan yang sangat tertata untuk mengubah Middle-earth menjadi tempat yang layak bagi mereka. Kesetiaan Adar sendiri mulai goyah setelah dia melihat Sauron melakukan banyak eksperimen berdarah terhadap para orc untuk membuat pasukan baru yang lebih kuat. Karena tidak tahan, akhirnya Adar membunuh Sauron dengan membelah tubuhnya.

Meskipun sekilas tidak masuk akal, tetapi bagi Adar hal tersebut sebenarnya tidaklah mustahil. Karena dia memang mempunyai kedudukan yang sangat dekat dengan Sauron, mudah baginya menemukan waktu yang tepat untuk membunuh Sauron saat dia lengah. Tentunya bagi Galadriel yang telah melakukan pencarian Sauron selama ratusan tahun, pengakuan Adar sangatlah tidak bisa dipercaya. Hal ini membuat Adar justru mengejek Galadriel dan pasukan elf lainnya karena tidak bisa melakukan apa yang telah dia lakukan.

Berdasarkan hal tersebut mungkin Adar memang telah berhasil membunuh ‘fisik’ Sauron, tetapi tidak dengan rohnya. Faktanya, Sauron adalah seorang Maiar, makhluk surgawi dari Undying Land yang baru mengambil bentuk fisik setibanya di Middle-earth. Sama seperti para Istari atau Penyihir yang bisa mati, tetapi bisa kembali lagi dengan tubuh baru. Karena itulah setelah Adar membunuh fisiknya, saat ini sepertinya Sauron tengah mencari cara untuk kembali menguasai Middle-earth dalam bentuk lain. Misalnya Halbrand yang memang sejak awal latar belakangnya sangat misterius.

Sauron Siap Kembali Untuk Mengklaim Kekuasaannya

Selain pengungkapan sosok Adar, di episode 6 juga ada sebuah adegan yang cukup menarik. Tepatnya saat Galadriel dan Halfbrand mencoba meringkus Adar yang berusaha lari sambil membawa pedang kegelapan. Pada titik inilah kita melihat Halfbrand hampir membunuh Adar dengan mengarahkan tombak ke kepalanya, sebelum akhirnya Galadriel mencegahnya. Dalam adegan ini, Halbrand bertanya kepada Adar yang tidak berdaya dengan penuh kemarahan, “apakah kamu mengingatku?” Di sisi lain, Adar ternyata sama sekali tidak mengingat siapa Halfbrand dan apa yang telah dilakukan kepadanya.

Tidak ada penjelasan sebenarnya apa yang terjadi antara Adar dan Halfbrand sebelumnya. Namun tidak menutup kemungkinan perkataan Halfbrand sebenarnya merujuk pada kejadian saat Adar membunuh Sauron yang tidak lain adalah dia sendiri. Kematian Sauron oleh Adar, mungkin pada akhirnya membuat dia terpaksa mengambil bentuk fisik yang lebih lemah sebagai manusia. Agar bisa kembali ke Southland dan mengklaim kekuasaannya, dia kemudian diam-diam memanipulasi Galadriel dan Ratu Miriel dari Numenor agar mau membawanya ke Middle-earth.

Jika benar Halfbrand adalah wujud baru Sauron, berarti sebagian rencananya telah berhasil. Sekarang tinggal bagaimana dia kembali menghimpun kekuatan baru, baik bagi dirinya maupun pasukannya. Sejauh ini tampaknya semuanya telah berjalan sesuai dengan apa yang Sauron harapkan. Yaitu keruntuhan Southland, dimulai dari kekalahan Adar yang kemudian nantinya akan membuat dia kembali berkuasa. Di ending episode 6 kita bisa melihat ledakan dahsyat dari Mount Doom yang akan mengubah Southland menjadi Mordor. Yang juga sekaligus menandai awal kebangkitan Dark Lord Sauron.

Apakah benar Halfbrand adalah wujud baru Sauron setelah Adar membunuhnya? Jawabannya mungkin akan segera terungkap di episode-episode mendatang. Tinggal tersisa dua episode lagi, sebelum The Rings of Power season 1 berakhir. Tidak menutup kemungkinan setelah Adar kalah, Sauron nantinya akan menampakan diri di ending serial kali ini sebagai antagonis baru untuk season selanjutnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.