One Piece merupakan salah satu franchise yang sangat populer di dunia. Bahkan, kepopuleran karya dari Eiichiro Oda ini membuatnya muncul di berbagai medium. Mulai dari anime, manga, film layar lebar, game, dan lain-lain. Salah satu hal yang membuat seri One Piece populer dan menarik adalah para karakternya. Dan kelompok Topi Jerami merupakan karakter utama dalam seri tersebut.

Jauh sebelum menjadi salah satu seri manga dan anime terpopuler saat ini, Eiichiro Oda selaku kreator dari seri One Piece, tentunya melakukan banyak uji coba. Sama halnya dengan cerita film, Oda tentu akan membuat sebuah konsep awal. Dia kemudian memilih konsep yang terbaik sebelum kemudian dia serahkan kepada pihak penerbit agar naik cetak.

Meskipun pada akhirnya ada bagian yang tidak terpakai, menarik untuk melihat bagaimana desain awal dari sebuah karakter populer seperti kru Topi Jerami dalam seri ini. Dalam buku One Piece Green: Secret Pieces, Oda banyak memberikan informasi “rahasia,” termasuk desain awal kru Topi Jerami. Salah satu perubahan desain yang menarik dari kru Topi Jerami adalah Nami.

Desain Awal Nami

Oda menghadirkan beberapa desain awal untuk sosok Nami, di mana salah satu desain awalnya sendiri sangat menarik. Dalam buku One Piece Green: Secret Pieces, terungkap bahwa pada awalnya Oda ingin menghadirkan sosok Nami sebagai seorang petarung dahsyat. Dia menggunakan senjata kapak untuk bertarung, yang dia simpan di bagian belakang tubuhnya.

Nami juga nampak menggunakan pakaian tanktop serta semacam rok dengan rambut yang terikat. Sebenarnya, desain awal Nami ini cukup menarik. Namun, melihat ini merupakan petualangan bajak laut dan bukan berburu monster, mungkin desainnya kurang begitu cocok dengan temanya. Oda pun kemudian memutuskan untuk kembali merubah desain karakter dari Nami.

Perkembangan atau pengembangan dari desain awal karakter Nami sempat Oda perlihatkan dalam One Piece Color Walk 1. Dalam versi ini, Oda melakukan perubahan drastis terutama dalam pakaian dan juga bagian tubuhnya. Dia masih tetap mempertahankan senjata kapaknya, namun untuk mengangkat kapak tersebut lengan Nami berubah menjadi lengan buatan alias lengan robot.

Nami juga tidak lagi mengenakan rok pendek, melainkan celana panjang. Desain karakter Nami ini juga bisa kita katakan sangat luar biasa dan nampak badass. Namun, kembali, desain karakter ini justru kurang tepat untuk muncul dalam cerita One Piece. Pasalnya, dengan desain ini justru Nami lebih cocok muncul dalam sebuah seri dengan tema post-apocalyptic.

Desain Akhir Nami

Untungnya, Eiichiro Oda memutuskan untuk tidak menggunakan dua desain awal Nami tersebut. Oda memutuskan untuk memberikan tema ini kepada karakter lain yaitu Franky, dan juga sosok karakter lain yang mirip dengan Nami, Gerd. Setelah melakukan berbagai perubahan, Oda pun kemudian muncul dengan desain Nami seperti yang kita lihat di cerita awal serinya.

Dalam buku One Piece Green: Secret Pieces, Oda menghadirkan sketsa terakhir untuk kru Topi Jerami termasuk Nami. Dalam sketsanya, kita melihat tidak ada perubahan secara khusus untuk desain dari sosok Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro, dan Nami. Hanya ada beberapa perubahan kecil seperti Zoro yang membawa satu botol sake pada bagian pinggangnya dan memakai baju berwarna gelap.

Image

Sedangkan untuk Nami, pada bagian roknya sedikit bergelombang. Dan berbicara mengenai perubahan karakter, sebenarnya ini bukan yang pertama. Mereka juga sudah beberapa kali mengalami perubahan. Contohnya adalah Nami yang sudah beberapa kali mendapatkan perubahan desain karakter, terutama dalam hal pakaian yang ia gunakan.

Pada awalnya, Nami mengenakan pakaian biasa dengan menggunakan rok. Tetapi, pasca time-skip, Nami justru menggunakan bikini dan juga celana jeans. Dan pada arc Wano, dia mengenakan pakaian tradisional yang cukup menarik. Dan di arc terbaru ini, Nami kembali mengenakan pakaian berbeda mengingat pulau Egg Head adalah pulau salju. Harus kita akui bahwa Nami merupakan salah satu daya tarik dari seri One Piece, yang mana cukup mengejutkan melihat bagaimana desain awal karakternya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.