Chapter 1061 dalam seri manga One Piece menghadirkan sosok ilmuwan jenius Dr. Vegapunk yang sudah sejak lama para fans nantikan kemunculannya. Banyak para fans yang kemudian berspekulasi bahwa sosok Vegapunk akan menjadi karakter penting bagi arc kedepannya. Berdasarkan hal tersebut kemunculan sang ilmuwan akan memberikan dampak besar bagi akhir ceritanya.

Eiichiro Oda beberapa waktu lalu sempat memberikan pesan kepada fans untuk bersiap menghadapi akhir cerita One Piece. Saga terakhir ini akan menjadi penting karena banyak misteri yang akan pada akhirnya terjawab. Selain spekulasi bahwa kemunculan Vegapunk akan menjawab berbagai misteri yang ada, para fans juga berspekulasi tentang peningkatan kekuatan apa yang akan kelompok Topi Jerami alami dari teknologi Vegapunk.

Terakhir kali kru Topi Jerami berinteraksi dengan hasil penelitian dari Vegapunk terjadi ketika Franky terlempar ke sebuah pulau saat timeskip terjadi. Hasil dari timeskip tersebut sangat luar biasa, di mana Franky mengalami perubahan drastis. Berdasarkan hal tersebut pertanyaan saat ini adalah peningkatan kekuatan seperti apa yang akan terjadi kepada Franky selanjutnya.

Jadi Arc Milik Franky

Dari semua kru Topi Jerami, Franky adalah karakter yang memiliki kedekatan luar biasa dengan sang ilmuwan. Seperti yang disebutkan di atas, Franky menggunakan teknologi milik Vegapunk saat timeskip terjadi. Teknologi tersebut membantu Franky mengalami peningkatan kekuatan. Dalam beberapa arc terakhir, Oda selalu memfokuskan cerita terhadap salah satu kru.

Misalnya, arc Whole Cake Island yang erat kaitannya dengan Sanji atau arc Wano yang erat kaitannya dengan Zoro. Arc terbaru nanti – yang banyak disebut sebagai arc Vegapunk – kemungkinan akan menjadi milik Franky. Dan dengan arc terbaru ini menjadi milik Franky, artinya kita mungkin akan melihat peningkatan kekuatan lainnya dari sosok Franky. Hal ini sama seperti Zoro yang mendapatkan Enma di arc Wano.

Kesamaan atau relevansi antara Franky dan Vegapunk tentunya akan memengaruhi hubungan mereka kedepannya. Bagaimana Franky menggunakan teknologi milik Vegapunk mungkin akan memunculkan tensi diantara mereka. Namun, di sisi lain, Vegapunk juga mungkin akan takjub dan kagum dengan apa yang Franky lakukan terhadap tubuhnya sendiri.

Berawal dari hal tersebut mungkin Vegapunk akan mulai mengajari Franky berbagai macam hal. Dia mungkin akan memperkenalkan berbagai macam teknologi, rahasia, trik, dan pengetahuan lainnya kepada Franky. Jika Mihawk kemudian adalah mentor bagi Zoro, bukan mustahil jika kemudian Vegapunk menjadi mentor bagi Franky. Intinya, ini menjadi momen bagi Franky untuk bersinar.

Harapan terbesar untuk kedepannya adalah Franky akan memiliki pengetahuan yang sangat luas dan sangat memahami tentang cybernetics atau yang berkaitan dengan robot dan cyborg. Seperti salah satu teori yang muncul di kalangan fans, poster buruan terbaru Franky yang memunculkan sosok Sunny bisa menjadi petunjuk form terakhirnya. Franky mungkin akan menjadi sebuah kapal yang besar atau membangun sebuah robot raksasa.

Peningkatan Kekuatan Franky

Ketika Dr. Vegapunk memutuskan bahwa kejeniusan dan kecerdasan Franky layak untuk diapresiasi, ada kemungkinan jika teori di atas akan terwujud. Bisa jadi, ini adalah awal dari terbentuknya form General Franky paling kuat yang mungkin akan terkenal dengan nama “General Thousan Franky” atau “General Franky Sunny.” Momen ini juga menjadi persiapan Franky, umumnya kru Topi Jerami, untuk pertempuran puncak di akhir cerita.

Di sisi lain, peningkatan kekuatan ini juga tentunya akan memberikan keuntungan bagi kru Topi Jerami. Franky bisa mengaplikasikan teknologi Vegapunk di kapal Thousand Sunny. Dia bisa memodifikasi Sunny untuk memiliki robot raksasa atau bahkan bisa berubah menjadi robot raksasa. Dia juga bisa saja mengaplikasikan teknologi Vegapunk di kapal Sunny untuk menciptakan sebuah senjata dahsyat.

Franky Melawan Sasaki, Manga One Piece Chapter 1019 - Dafunda.com

Ada banyak hal yang bisa Franky lakukan di pulau Egg Head ini, dan pertemuannya dengan Vegapunk adalah awal dari semuanya. Dengan Luffy dan Jinbe serta Chopper yang terpisah dari krunya, rasanya cukup masuk akal jika sekarang Franky “mengambil alih” untuk memimpin kru Topi Jerami. Rasanya bukan sebuah kebetulan di mana sebelum Jinbe menyelamatkan Luffy, dia menitipkan semuanya kepada Franky seperti yang kita lihat di chapter 1060.

Kemudian di chapter 1061 juga wajah Franky mewakili kru Topi Jerami saat pertemuan mereka dengan Dr. Vegapunk. Beberapa detail tersebut mungkin menjadi cara Oda untuk memberikan petunjuk bahwa Franky akan menjadi sorotan utama di arc ini kedepannya. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.