Wolverine adalah karakter Marvel yang kini namanya kembali menjadi topik hangat di kalangan penggemar. Hal tersebut bisa terjadi karena baru-baru ini pemeran Deadpool, yaitu Ryan Reynolds, membagikan sebuah video yang mengonfirmasi bahwa Wolverine dari Hugh Jackman akan kembali. Bukan hanya itu, Wolverine akan menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe melalui film Deadpool 3. Sekarang, banyak penggemar yang penasaran, berapa lama Wolverine versi Jackman ini akan bertahan di MCU?

Dalam videonya, Reynolds hanya mengajak Jackman untuk mengulang peran Wolverine “sekali lagi,” di film Deadpool 3. Padahal para penggemar sangat berharap karakternya tetap bertahan di MCU tidak hanya di film ketiga sang Merc With a Mouth saja. Untungnya, Marvel Studios sendiri telah memperkenalkan konsep multiverse dari jauh-jauh hari. Di mana hal tersebut setidaknya dapat menjamin nasib Wolverine versi Jackman, terlepas dari apakah dia akan mati atau bertahan di Deadpool 3.

Yang lebih menariknya lagi, dengan adanya multiverse ini Marvel Studios secara tidak langsung telah menyiapkan panggung untuk Wolverine dan bahkan X-Men secara keseluruhan. Khususnya melalui film crossover mendatang, yaitu Avengers: Secret Wars, yang akan menjadi kisah penutup The Multiverse Saga di MCU. Bagaimana bisa? Sebelum membahas teorinya lebih lanjut, mari kita kenali terlebih dahulu seperti apa kisah ‘Secret Wars‘ di Marvel Comics.

Secret Wars Menghancurkan dan Menyatukan Multiverse

Secret Wars (2015) adalah salah satu kisah Marvel Universe yang sangat populer di kalangan penggemar. Kisahnya sendiri terjadi setelah multiverse Marvel diceritakan hancur karena peristiwa Incursion. Incursion sendiri adalah sebuah bencana multiverse, di mana semua semesta Marvel saling bertabrakan, sampai akhirnya tidak ada lagi yang tersisa. Jonathan Hickman dan Esad Ribic sendiri memulai kisah Secret Wars dengan kemunculan  Doctor Doom yang menggunakan segenap kekuatan kosmiknya untuk menciptakan planet Battleworld dari ‘pecahan’ berbagai alam semesta.

Sesuai dengan namanya, planet Battleworld sendiri pada akhirnya menjadi arena battle royale bagi para superhero dan supervillain yang berasal dari multiverse. Umumnya karena mereka tidak suka dengan kepemimpinan Doom yang sangat tiran. Di sisi lain Doom juga merekrut sejumlah karakter varian dari multiverse untuk mengamankan kekuasaannya. Di antara para karakter yang sudah tidak ingat dengan asal usulnya tersebut, ternyata ada seorang karakter yang masih ingat dengan semestanya sendiri. Dia adalah Miles Morales dari Ultimate Universe yang berusaha mengingatkan semua orang tentang asul usulnya.

Singkat cerita setelah pertempuran Secret Wars berakhir dengan kekalahan Doom, Miles juga telah gagal mengembalikan Ultimate Universe. Sebagai gantinya, saat realitas kembali pulih, Miles dan para karakter lainnya dipindahkan ke semesta utama Marvel. Itulah mengapa sekarang Miles aktif sebagai Spider-Man di Earth-616 bersama karakter utama Marvel lainnya, termasuk Spider-Man Peter Parker, Iron Man, Doctor Strange, Thor, dan sebagainya. Kisah inilah yang mungkin dapat Marvel Studios jadikan referensi untuk film Avengers: Secret Wars, di mana yang akan mengambil peran Miles adalah Wolverine.

Mungkinkah Wolverine Muncul di Avengers: Secret Wars?

Mengingat filmnya baru akan rilis pada tahun 2025, sampai detik ini masih belum terungkap akan seperti apa plot Avengers: Secret Wars. Namun, jika benar kisahnya nanti akan mengadaptasi apa yang terjadi di komiknya, bukan tidak mungkin Wolverine akan kembali bersama para karakter varian dari multiverse. Termasuk yang sebelumnya sempat muncul di serial What If…?, film Doctor Strange 2, bahkan mungkin para X-Men yang berasal dari Fox-Verse. Pada titik inilah kemunculan Wolverine dari Hugh Jackman akan menjadi sangat vital untuk kisah Secret Wars di MCU.

Nantinya Wolverine bisa saja berperan seperti Miles Morales di komik, di mana dia akan menjadi satu-satu karakter yang masih ingat dengan asal usulnya. Dengan semua ingatan dan kekuatannya yang tersisa, Wolverine akan berusaha mengingatkan orang lain tentang semesta asli mereka. Jika beruntung, mungkin Wolverine nantinya akan bertemu dengan para anggota X-Men dari Fox Verse. Namun karena semestanya sudah hancur dan tidak bisa dipulihkan di akhir Avengers: Secret Wars, Wolverine dan para X-Men dari Fox Verse akan ‘dipindahkan ke semesta utama MCU’ secara permanen.

Dengan teori tentang Wolverine di Avengers: Secret Wars, ke depannya Marvel sudah tidak perlu lagi memperkenalkan mutan. Karena mereka sudah mempunyai origin-nya sendiri di Fox Verse, dan selanjutnya tinggal melanjutkan kehidupannya di semesta utama MCU. Bagaimana menurut kalian dengan teori ini, Geeks? Apa pun yang terjadi nanti, yang jelas umumnya kita semua berharap Wolverine dari Jackman tetap bertahan di MCU setelah film Deadpool 3. Jawabannya hanya bisa kita temukan saat film Deadpool 3 tayang pada tanggal 6 September 2024 mendatang, sebagai pembuka Fase 6 MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.