Apakah kalian termasuk penikmat film horor, Geeks? Genre yang satu ini memang tidak pernah ada matinya, tetapi kematian umumnya selalu ada di film-film seperti ini. Itulah alasannya mengapa penggemar film horor selalu menantikan ke mana plot dan nuansanya akan membawa mereka. Terlepas dari film tersebut mengambil tema pembunuhan atau arwah dari dunia lain, pada dasarnya semua itu menjadi lebih baik dengan misteri yang menyelubunginya. Bahkan beberapa di antara film horor tersebut ada yang sampai menyiratkan pesan tersembunyi, sadarkah kalian? Berikut ini berbagai film horor yang di dalamnya terdapat pesan implisit untuk para penontonnya!

Alien (Perang Vietnam)

Bagi sebagian orang yang belum pernah menonton filmnya, Alien mungkin dianggap sebagai film sci-fi biasa. Kenyataannya, film karya Ridley Scott ini sarat dengan nuansa horor yang sangat mencekam. Di mana sekelompok marine luar angkasa harus berhadapan dengan alien yang awalnya menurut mereka ‘lemah’. Banyak yang percaya bahwa film Alien ini sebenarnya menyiratkan perang Vietnam, dengan marine sebagai tentara Amerika dan alien sebagai warga lokal Vietnam. Yang pada akhirnya dapat memukul mundur tentara Amerika, dengan cara-cara brutal. Sama seperti alien yang pada akhirnya berhasil membantai para marine dengan penuh kengerian.

The Shining (Genosida Suku Indian)

The Shining adalah film bergenre psychological horror garapan sutradara Stanley Kubrick, yang mengdaptasi novel berjudul sama karya Stephen King. Kisahnya sendiri bercerita tentang keluarga yang menginap di sebuah hotel berhantu. Di mana pada akhirnya, sang ayah yang bernama Jack Torrance menjadi hilang akal karena kengerian yang dihadapinya.

Film ini seakan ingin menyampaikan bahwa hotel tersebut dibangun di atas kematian suku asli Indian. Dengan para arwah yang berusaha menggambarkan insiden tragis tersebut melalui kejadian horor di hotelnya. Misalnya seperti banjir darah yang keluar dari elevator, seakan menyiratkan genosida suku asli Indian oleh penjajah dari Eropa.

Drag Me To Hell (Gangguan Makan Bulimia)

Sekilas mungkin pesan tersembunyi di film Drag Me To Hell terdengar cukup lucu, yaitu gangguan makan bulimia. Namun, bagi yang pernah menonton filmnya, Drag Me To Hell merupakan kisah yang sangat mengerikan. Film karya sutradara Sam Raimi ini berfokus pada sosok Christine yang pernah mengalami obesitas, tetapi akhirnya berhasil mendapatkan tubuh yang ideal.

Kehidupannya mulai berubah saat dia mengalami kejadian horor yang melibatkan iblis dari neraka. Para Iblis ini selalu muncul di mana saja, termasuk di makanan Christine. Dalam adegan lain bahkan ada iblis yang muntah darah di hadapannya. Hal ini secara tidak langsung seperti ingin menggambarkan apa yang terjadi di dalam pikiran seorang penderita bulimia. Di mana penderita gangguan makan ini biasanya melihat makanan sebagai sesuatu yang menakutkan dan layak untuk dimuntahkan kembali.

Day of the Dead (Sifat Asli Manusia)

Pada umumnya film zombie selalu mempunyai pesan tersirat yang kurang lebih sama. Tanpa terkecuali film Day of the Dead garapan sutradara George A. Romero yang pada akhirnya membuat para penontonnya berpikir kembali tentang sifat manusia. Di film ini umumnya para manusia akan melupakan segalanya ketika berhadapan dengan bencana apokaliptik zombie.

Di film ini bahkan para karakter protagonisnya sampai harus bertarung satu sama lain agar bisa bertahan hidup. Pesan tersembunyi dari film ini seakan ingin kembali menegaskan bahwa manusia adalah ras yang berpotensi akan saling menjatuhkan demi mencapai tujuannya masing-masing. Mirisnya, hal tersebut bahkan berlaku juga untuk saudara, sahabat, dan orang terdekat lainnya.

The Cabin in the Woods (Ambisi Ilmuwan)

Awalnya banyak penonton yang mengira bahwa The Cabin In the Wood karya sutradara Drew Goddard merupakan film horor yang murni melibatkan monster dari dunia lain. Karena para karakter protagonisnya satu per satu mulai mati secara mengenaskan setelah mereka melakukan ritual misterius. Namun di akhir film terungkap bahwa semua kejadian mengerikan yang dialami oleh para karakternya adalah bagian dari proyek sekelompok ilmuwan.

Setelah filmnya berakhir tidak sedikit penonton yang berpikir hal yang sama juga bisa terjadi di dunia nyata. Di mana ambisi ilmuwan pada ilmu pengetahuan dapat membuat mereka mengesampingkan moral dan menjadikan orang lain sebagai kelinci percobaan. Misalnya seperti penemuan bom atom yang akhirnya membuat dunia diselimuti kengerian, atau penelitian terhadap virus yang akhirnya malah membuatnya menjadi makin berbahaya.

Saw (Dilema Manusia)

Saat ini Saw mungkin telah menjadi waralaba film horor yang terkenal sangat mengerikan dan juga brutal. Namun dari semua filmnya, tidak ada yang bisa mengalahkan kengerian dari tiga film perdana Saw karya sutradara James Wan. Di film-film awalnya, selain menyajikan tayangan yang brutal, umumnya kisah di dalamnya juga mempunyai pesan tersembunyi yang cukup kuat. Film Saw sendiri bercerita tentang sekelompok orang yang harus mengambil pilihan sulit antara dirinya atau orang lain. Jika salah mengambil pilihan maka nyawa yang akan menjadi taruhannya.

Hal yang sama juga sebenarnya terjadi di kehidupan nyata. Manusia pada umumnya selalu berhadapan dengan pilihan sulit yang mungkin pilihannya sama sekali tidak ada yang baik bagi mereka. Namun pada akhirnya kita sebagai manusia mau tidak mau harus tetap memilih salah satunya. Inilah yang disebut dengan kutukan dilema bagi manusia.

Bird Box (Bahaya Media Sosial)

Bird Box adalah film bergenre horor pasca apokaliptik karya sutradara Susanne Bier yang mengadaptasi kisah dari novel berjudul sama karya Josh Malerman. Filmnya sendiri bercerita tentang dunia yang tiba-tiba mencekam karena kemunculan sosok yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi hilang akal. Sejumlah orang yang selamat akhirnya berusaha menutup mata mereka, khususnya jika berada di luar. Karena jika mereka melihat sosok tersebut, maka mereka akan langsung mengambil nyawanya sendiri. dalam kasus yang lebih parah bahkan ada manusia yang sampai membunuh manusia lain.

Film brilian ini sebenarnya mempunyai pesan terembunyi yang mengisyaratkan tentang bahaya dari media sosial. Di mana siapa pun yang sudah kecanduan dengan media sosial umumnya mereka akan menghancurkan kehidupannya sendiri demi terlihat baik di mata netizen lain. Jika kita tidak bijak ‘melihatnya’, media sosial dapat menjadi monster yang dapat merusak kehidupan yang awalnya baik-baik saja. Terbukti dari banyaknya orang yang kecanduan media sosial akhirnya mengalami gangguan mental yang cukup serius.

Itulah berbagai film horor yang entah kita sadari atau tidak, sebenarnya mempunyai pesan tersembunyi. Pesan-pesan ini pada akhirnya membuat kita bertanya-tanya apakah sebenarnya kehidupan di sekitar kita adalah situasi horor yang sebenarnya. Secara tidak langsung pesan-pesan ini ingin menegaskan bahwa ada banyak hal yang selama ini tidak kita sadari. Termasuk hal-hal implisit yang berusaha sebuah film sampaikan kepada penontonnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.