Hampir semua penggemar film Hollywood di seluruh dunia pasti pernah mendengar nama Dominic Toretto alias Dom. Dia adalah karakter utama dari waralaba film Fast & Furious, yang diperankan oleh aktor Vin Diesel. Sejauh ini sudah ada sembilan film utama dari Fast & Furious dan satu spinoff berjudul Hobbs & Shaw, belum lagi sejumlah film pendek dan serial animasi lainnya. Menariknya, hampir sebagian besar tayangannya terbilang sangat sukses secara finansial, termasuk film terbarunya yang berjudul F9 (2021).

Berbicara tentang Dominic Toretto, bisa dibayangkan bagaimana jadinya waralaba Fast & Furious jika tidak ada karakternya. Untuk film utamanya sendiri, sejauh ini hanya film kedua yaitu 2 Fast 2 Furious (2003) yang tidak melibatkan Dom. Sisanya, Dom dari Vin Diesel selalu hadir di setiap film sambil menegaskan bahwa ‘keluarga adalah segalanya‘. Namun tahukah kalian, Geeks, sebenarnya karakter Dom hampir diperankan oleh aktor lain. Yang mungkin akan membuat Fast & Furious sangat berbeda jika hal tersebut benar-benar terwujud. Siapakah aktor tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini!

Vin Diesel Bukan Pilihan Pertama Fast & Furious

Cukup jelas bahwa Vin Diesel dan waralaba Fast & Furious merupakan dua elemen yang saling menguntungkan di industri perfilman Hollywood. Di mana Diesel telah berhasil membawakan karakter Dom dengan sangat baik, sehingga waralaba filmnya bisa bertahan dan menjadi sangat menjual seperti sekarang. Di sisi lain, tidak bisa kita mungkiri juga bahwa Fast & Furious juga telah membuat Diesel menjadi salah satu aktor terkaya di Hollywood. Namun, jauh sebelum seperti sekarang, ternyata Universal selaku perusahaan yang menaungi waralaba Fast & Furious hampir memberikan peran Dom kepada aktor lain.

Menjelang perilisan film kedelapan yang berjudul The Fate of the Furious (2017), produser Neil H. Moritz pernah mengatakan bahwa aktor Timothy Olyphant adalah ‘pilihan pertama’ Universal untuk memerankan karakter Dominic Toretto. “Saat kami harus mencari [pemeran] Dom Toretto [untuk The Fast and the Furious]. Studio [Universal] berkata, Jika kamu bisa menggaet Timothy Olyphant untuk peran tersebut, kami akan langsung memberikan lampu hijau,” ungkap Moritz dalam acara The Bill Simmons Podcast.

Menurut Moritz, untungnya pada saat itu Olyphant menolak tawarannya, sehingga peran Dom jatuh ke tangan Diesel. Setelah Olyphant menolak tampil di film The Fast and the Furious (2001), Moritz langsung menyarankan kepada Universal untuk memilih Diesel. Yang pada saat itu baru mempunyai sedikit koleksi film sukses, seperti Saving Private Ryan dan Pitch Black. Awalnya proses negosiasi Universal dengan pihak Diesel berlangsung cukup alot, karena Diesel merasa kurang begitu yakin dengan filmnya. Namun, pada akhirnya dia muncul di film pertama Fast & Furious sebagai Dom, seperti yang kita kenal sekarang.

Alasan Olyphant Menolak Peran Dom

Satu tahun setelah berita penolakannya menyebar di kalangan penggemar, Olyphant akhirnya muncul di acara Watch What Happens Live With Andy Cohen. Di mana dia menjelaskan alasannya mengapa pada saat itu menolak peran Dom di The Fast and the Furious. “Mungkin ini terdengar bodoh. [Pada saat itu] saya hanya berpikir, tidak ada seorang pun yang mau menonton film [berformat sama] sampai delapan atau sembilan kali,” ungkap Olyphant. “Maksudku, dengan sekuel ketiga atau keempat, orang pasti sudah akan bosan. Benar kan?”

Pada kenyataannya, sekarang para penggemar Fast & Furious justru rela menonton sampai film kesembilannya. Saat ini mereka bahkan sudah tidak sabar dengan film kesepuluh berjudul Fast X yang tengah diproduksi oleh Universal bersama sutradara Louis Leterrier. Meskipun Olyphant mungkin sepakat dengan hal tersebut, di mana saat ini waralabanya sangat sukses, tetapi dia mengaku tidak menyesal. Ketika Olyphant ditanya apakah dia menyesal menolak peran tersebut, dia berkata, “Tidak. Itu bukan urusan saya.” Jawaban tersebut cukup selaras dengan karier Olyphant yang saat ini masih cukup bersinar.

Nasib Olyphant Dan Dom Sekarang

Olyphant sendiri adalah aktor kelahiran tahun 1968, setahun lebih muda dari Diesel, yang masih aktif di Hollywood. Pada saat berita penolakannya terungkap, dia bahkan sudah membintangi sejumlah tayangan yang cukup populer. Seperti Justified, Hitman, Snowden, Deadwood, Rango, dan I Am Number FourPada tahun 2019, Olyphant juga pernah terlibat dala film sukses karya sutradara Quentin Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood. Di serial populer The Mandalorian, Olyphant terkenal sebagai pemeran Cobb Vanth. Kemudian pada 7 Oktober nanti dia akan membintangi film komedi misteri berjudul Amsterdam.

Berdasarkan koleksi serial dan filmnya sampai sekarang, cukup jelas bahwa Olyphant juga cukup terkenal di Hollywood. Di sisi lain Dom dari Diesel masih akan melaju dengan mobil dan keluarga balapnya, di film Fast X yang rencananya akan tayang pada 19 Mei 2023 mendatang. Dengan sekuel yang dijadwalkan untuk tayang pada Februari 2024. Selain Diesel, film Fast X juga akan melibatkan sejumlah bintang lain. Termasuk Jason Momoa, dan Charlize Theron. Sepertinya akan sangat menarik jika suatu saat nanti Olyphant bisa terlibat di film Fast & Furious mendatang, sebagai sahabat atau musuh Dominic Toretto.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.