Pagi ini para penggemar setia Marvel baru saja mendapatkan kejutan yang cukup menggembirakan dari pemeran Deadpool, Ryan Reynolds. Melalui akun media sosial pribadinya, Reynolds membagikan kabar tanggal rilis tentang film Deadpool 3 yang akan menjadi bagian dari MCU. Salah satunya adalah pengumuman tentang keterlibatan Wolverine alias Logan dari aktor Hugh Jackman di film Deadpool 3 nanti. Di mana Jackman juga terlihat di videonya dan mengatakan sendiri bahwa dia dengan senang hati akan mengulang perannya.

Yang sekarang menjadi pertanyaan banyak penggemar adalah bagaimana caranya Wolverine bisa kembali? Faktanya, karakter Jackman tersebut seharusnya sudah mati di ending film Logan (2017). Karena sudah tidak mempunyai kemampuan healing factor, di film tersebut dia akhirnya harus mati di tangan kloningnya sendiri.

Terlepas dari pengumuman Reynolds yang serius ataupun bercanda, kembalinya Logan memang sudah sangat penggemar nantikan sejak lama. Untuk itulah kali ini kita akan coba bahas cara Logan, khususnya di MCU. Tanpa perlu basa-basi lagi langsung saja simak pembahasan teorinya di bawah ini, Geeks!

Apakah Wolverine Benar-Benar Mati?

Cukup jelas bahwa film Logan karya sutradara James Mangold telah memperlihatkan kematian karakter Logan, setidaknya di semestanya. Namun, perlu kita ingat juga bahwa film Logan sendiri sebenarnya kurang pas dengan timeline waralaba X-Men dari Fox yang memang sudah cukup berantakan. Berdasarkan hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Wolverine yang muncul di film Logan sebenarnya adalah salah satu variannya yang lebih tua. Yang kebetulan dia diceritakan harus kehilangan kemampuan healing factor-nya dan akhirnya mati.

Mati di Film Logan, Bagaimana Cara Wolverine Kembali di Deadpool 3?

Mengingat Marvel Studios sendiri sudah memperkenalkan konsep multiverse di MCU, bukan tidak mungkin nantinya kita akan melihat varian Wolverine lain. Yang menurut Reynolds dan Jackman, karakternya akan kembali di film Deadpool 3. Sampai sekarang, masuknya Deadpool ke MCU juga sebenarnya masih menjadi misteri di kalangan penggemar. Yang jelas Marvel Studios telah mengonfirmasi bahwa mereka akan membiarkan Deadpool tetap menjadi Deadpool. Artinya ada banyak cara untuk memunculkan Deadpool dan juga Wolverine di MCU. Salah satunya mungkin seperti yang terjadi di Marvel Comics.

Asal Usul Kebangkitan Wolverine di Marvel Comics

Di Marvel Comics sendiri, Logan adalah salah satu mutan Marvel yang kemampuan healing factor-nya sangat luar biasa. Dalam banyak kesempatan, dengan kemampuannya ini dia sering berhasil lolos dari kematian. Bahkan ketika terlihat benar-benar mati, ia selalu berhasil menemukan jalan untuk hidup kembali. Kematiannya yang paling fenomenal pernah terjadi di kisah Death of Wolverine (2014) karya Charles Soule. Di mana penggemar melihat Logan menemui ajalnya setelah tersiram cairan panas adamantium ketika menghadapi villain Abraham Cornelius.

Saat cairan Adamantium tersebut mulai mengeras, Wolverine yang ada di dalamnya akhirnya ‘benar-benar mati’. Singkat cerita, para anggota X-Men yang menemukan jasadnya, memutuskan untuk menguburkan jasad Wolverine di tempat tersmbunyi. Empat tahun kemudian, Wolverine ternyata secara tiba-tiba bisa bangkit kembali dari kuburnya. Menariknya, kisah yang terjadi di Return of Wolverine (2018) ini mengungkapkan bahwa kembalinya Wolverine bukanlah karena kemampuannya sendiri, melainkan karena dia dibangkitkan oleh orang lain.

Sosok yang bertanggung jawab atas kebangkitan Wolverine tersebut adalah seorang mutan bernama Persephone yang mempunyai kemampuan necromancy. Dia bahkan mengaku kepada Wolverine bahwa selama ini dialah yang telah membangkitkan para mutan yang telah mati. Berdasarkan kisah komik ini, bisa kita simpulkan bahwa meskipun Wolverine benar-benar mati, dia bisa saja bangkit kembali dengan bantuan orang lain.

Cara Wolverine Bangkit Kembali di MCU

Berdasarkan pembahasan di atas, terungkap bahwa sebenarnya ada banyak cara untuk membuat Wolverine kembali. Entah itu dengan konsep varian di multiverse, maupun dengan cara necromancy, atau bahkan mungkin dengan kombinasi dari kedua cara tersebut. Kuncinya mungkin adalah Deadpool sendiri, yang memang sudah lama menantikan pertemuannya dengan Wolverine. Di credit scene film Deadpool 2 (2018), sang Merc With A Mouth ini terlihat menggunakan alat Cable untuk melakukan perjalanan waktu.

Dia bisa saja pergi ke timeline Wolverine mati di film Logan, dan memutuskan untuk membawa tubuhnya kembali ke ‘MCU’ (karena Deadpool sudah di MCU). Selanjutnya tinggal bagaimana Deadpool menemukan seseorang yang bisa melakukan necromancy. Sim salabim, pada titik ini Logan sudah menjadi bagian dari MCU. Dengan cara ini, mungkin kembalinya Logan akan menjadi lebih aman, karena dia sudah tidak lagi terhubung dengan masa lalunya. Baik di komik maupun di Fox-Verse, Wolverine memang sudah pasti akan melupakan masa lalunya saat dia bangkit kembali.

Jika cara di atas terlalu berandai-andai, kita juga sebenarnya bisa membayangkan cara yang lebih simpel. Di mana Wolverine yang muncul di Deadpool 3 nanti adalah varian dari universe lain yang hanya akan muncul sebagai cameo dan tidak akan bertahan lama di MCU. Bagaimana menurut kalian, mana cara yang lebih baik? Perlu kita catat juga bahwa apa yang kita bahas kali ini masih bersifat teori, kebenarannya tergantung dari cara Marvel Studios menyampaikan ceritanya nanti. Film Deadpool 3 sendiri dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada tanggal 6 September 2024 mendatang. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Update: Hugh Jackman Menjawab

Tepat pada tanggal 28 September 2022, Ryan Reynolds kembali mengupload sebuah video. Kali ini ia duduk bersama dengan Hugh Jackman. Keduanya membahas tentang banyaknya pertanyaan seputar bagaimana kembalinya Wolverine alias Logan di film ini. Dan ternyata, Ryan dan Hugh menjawab bahwa film Logan berlatar di tahun 2029.

Secara teknis saat ini di MCU memasuki tahun 2023. Dan saat film Deadpool 3 dirilis, MCU memasukin tahun 2025, beberapa tahun sebelum timeline dimana Logan tewas, that’s it. Jika penasaran dengan videonya, kamu bisa langsung mengeceknya melalui link ini. 

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.