Film terbaru dari Dwayne Johnson yang banyak fans nantikan, Black Adam, menjadi sesuatu yang besar selanjutnya bagi DC. Seperti yang Dwayne ungkapkan dalam DC Fandom tahun kemarin, film Black Adam akan merubah keseluruhan tatanan yang ada di DCEU. Dwayne menyebutkan bahwa filmnya akan menyuguhkan sesuatu yang luar biasa.

Selain sosok Black Adam, filmnya juga menghadirkan kelompok pahlawan populer di komiknya yaitu Justice Society of America. Ini menjadi kelompok pahlawan lainnya yang akan muncul di DCEU selain Justice League. Namun, salah satu hal lain yang para fans nantikan kemunculannya adalah sosok villain yang akan Black Adam hadapi di filmnya yaitu Sabacc. Meskipun sama-sama kuat, namun jika kita merunut kekuatan masing-masing, siapa yang jadi jawaranya?

Sabacc Sang Iblis

Sabacc merupakan sosok iblis yang kemudian menduduki atau menguasai tubuh dari sosok manusia yang membangkitkannya. Sama seperti Black Adam dan Shazam, Sabacc sendiri merupakan akronim dari para iblis yang ada dalam alkitab. Mereka adalah Satan, Aym, Belial, Beelzebub, Asmodeus, dan Crateis. Dalam cerita komiknya, ada dua karakter yang pernah menjadi wadah bagi Sabacc.

Black Adam vs Sabbac

Yang pertama adalah Timothy Karnes dan yang kedua adalah Ishmael Gregror. Namun, untuk film Black Adam sendiri DC Film akan menggunakan karakter Ishmael Gregor sang bos mafia, yang karakternya akan diperankan oleh Marwan Kenzani. Dalam arti yang sebenarnya, Sabacc memang merupakan “versi jahat” dari sosok Black Adam. Sebagai villain dari Black Adam, Sabacc tentunya memiliki kekuatan yang dahsyat.

Dia memiliki kekuatan super yang berasal dari Sata (setan), tubuh yang tidak dapat hancur yang berasal dari Aym, dan pikiran jahat dari sosok Belial. Kemudian, dia memiliki kekuatan pengendalian api dari sosok Beezebub, keberanian untuk berbuat jahat dari Asmodeus, serta kemampuan terbang dari Craeteis.

Black Adam Sang Anti-Hero

Teth-Adam pada awalnya merupakan seorang budak di Mesir kuno yang harus kehilangan keluarganya akibat kekejaman sang pemimpin Khandaq. Setelah sepupunya, Aman, mendapatkan kekuatan Shazam, dia kemudian membunuhnya untuk kemudian mendapatkan kekuatan sihir tersebut. Teth-Adam pun mendapatkan kekuatannya dari para penyihir yang kemudian membentuk huruf SHAZAM.

Black Adam vs Sabbac

Bedanya, Black Adam mendapatkan stamina manusia super dan daya tahan kuat dari Shu, kecepatan super dan kemampuan terbang dari Horus, Kekuatan manusia super dari Amun, peningkatan seluruh inderanya dari Zehuti, kekuatan petir dari Aten, dan terakhir adalah kemampuan regenerasi dan keabadian dari Mehen.

Siapa Pemenangnya?

Dengan deretankemampuan yang Adam miliki, wajar jika dia kemudian menjadi salah satu karakter anti-hero yang sangat kuat. Bahkan, Superman sendiri sangat mengakui kekuatan dahsyat dari Adam yang bahkan membuatnya harus berpikir ulang jika harus berhadapan dengannya. Lalu, jika kemudian Black Adam dan Sabacc bertarung siapa yang akan menjadi juaranya?

Black Adam vs Sabbac

Melihat fakta dan penjabaran di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Black Adam adalah pemenangnya. Superman adalah salah satu entitas terkuat di DC Universe, dan bagaimana dia kemudian memperhitungkan kemampuan dari Black Adam artinya level kekuatan Black Adam tidak main-main. Apakah artinya Sabacc lemah? Tentu saja tidak. Dengan kekuatan dari para iblis, Ishmael dan Sabacc akan menjadi lawan tangguh yang akan sulit Black Adam robohkan.

Meskipun begitu, pada akhirnya, tetap Black Adam yang akan meraih kemenangan berdasarkan deretan kemampuan di atas. Dalam versi komiknya sendiri sosok Sabacc versi Ishmael Gregor sendiri memang baru muncul pada 2004, sehingga pertarungannya melawan Black Adam tidak terlalu banyak dan sering. Meskipun begitu, Black Adam berhasil mengalahkan Sabacc dalam ceritanya. Kita nantikan saja pertarungan kedua “monster” ini dalam film Black Adam pada 21 Oktober 2022 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.