Saat ini serial Rick & Morty baru saja memasuki minggu keempat penayangan season keenamnya. Episode perdana dari season 6 sendiri telah menegaskan bahwa Rick dan Morty masih belum selesai dengan petulangan multiverse. Di mana mereka kembali berhadapan dengan versi jahat Rick yang dikenal sebagai Rick Prime. Berbicara tentang Rick Prime, sebenarnya dia bukanlah satu-satunya penjahat di serialnya. Ada lebih banyak lagi Rick versi jahat yang tersebar di multiverse dan mempunyai ‘catatan hitamnya’ masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut ini sepuluh versi terjahat Rick di serial Rick & Morty.

Rick Prime

Yang pertama kita mulai dari yang paling terkenal sebagai musuh bebuyutan Rick C-137 bahkan mungkin bagi semua versi Rick di multiverse, yaitu Rick Prime. Versi Rick yang kembali muncul di episode perdana season 6 ini merupakan Rick yang paling tidak bermoral. Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan istri dan anak Rick C-137, yaitu Diana dan Beth. Hal tersebutlah yang membuat Rick C-137 memulai petualangan multiverse untuk memburunya. Keunggulan Rick Prime dari versi lain, dia ternyata mempunyai kemampuan regenerasi yang membuatnya sulit untuk dibunuh.

Bootleg Portal Chemist Rick

Bootleg Portal Chemist Rick adalah salah satu contoh betapa buruknya seorang Rick. Muncul pertama kali di season 3 episode 7, Rick yang satu ini sebenarnya tidak mengamcam siapa pun, setidaknya belum. Dia mempunyai sebuah markas rahasia di Citadel, di mana dia melakukan ekperimen ilegal untuk menciptakan replika cairan portal gun. Bedanya dengan sebagian besar versi Rick, tampaknya Chemist Rick agak ceroboh dan lebih bodoh. Hal tersebut terbukti saat dia mencoba replika cairan portal gun yang langsung membunuh dirinya sendiri.

Council of Ricks

Dari semua versi Rick di Citadel, Council of Ricks adalah sekelompok Rick yang mengklaim diri mereka sebagai versi yang lebih superior. Hal inilah yang kemudian membuat mereka tampak seperti penguasa tiran yang tidak terlalu memedulikan nasib Rick dan Morty dari universe lain. Mereka adalah sosok yang telah menciptakan kebijakan-kebijakan tidak manusia dan seakan melegalkan perbudakan di Citadel. Sejak kemunculan awalnya di season 1 episode 10, bahkan sudah terungkap bahwa mereka sangat ingin membunuh Rick C-137, yang menurut mereka sangat berbahaya bagi Citadel.

Commander Rick

Sesuai dengan namanya, Commander Rick adalah komandan militer di Citadel. Muncul perdana di season 3 episode 1, Commander Rick mempunyai misi utama untuk menghabisi Rick C-137. Untungnya, Rick C-137 yang sebelumnya berada di dalam tubuh Rick D-99, berhasil menukar pikirannya dengan Commander Rick. Pada titik inilah dia langsung menyuruh bawahannya untuk meledakan pesawat yang di dalamnya terdapat tubuh Rick D-99 dengan pikiran Commander Rick. Jika Rick C-137 tidak berhasil munkar pikirannya, mungkin dia sudah mati di tangan Commander Rick yang sebenarnya.

SEAL Team Ricks

Tidak jauh berbeda dari Commander Rick, SEAL Team Ricks adalah kelompok yang mendapatkan perintah dari Council of Ricks untuk membunuh Rick C-137. Kemunculan SEAL Team ini terjadi saat Rick C-137 mencoba kabur dari Galactic Federation Prison dengan memindahkan pikirannya ke tubuh Rick lain. Sebelum masuk ke tubuh Commander Rick, dia harus berhadapan lansung dengan SEAL Team Ricks yang menembak siapa pun dengan snagat membabi buta. Selain ingin membunuh Rick C-137, ternyata mereka juga mendapatkan misi untuk mencegah resep cairan portal gun jatuh ke tangan Federasi.

Fascist Rick

Sebagian besar versi Rick di multiverse tampaknya memang mempunyai sifat dasar sebagai seorang penindas. Hal tersebut dapat kita lihat dari Fascist Rick yang pertama kali terlihat di season 4 episode 1. Meskipun bentuknya cukup menggemaskan untuk seorang Rick, di mana dia terlihat seperti boneka singa berwarna biru, faktanya Fascist Rick adalah seorang Nazi. Dia bahkan mendukung kejahatan genosida di semestanya. Fascist Rick adalah salah satu bukti bagaimana jadinya jika seorang Rick tertarik dengan kekuasaan.

Rick J-22

Kembali ke Citadel, di sana terdapat versi Rick dari universe J-22 yang sebagai operator mesin di pabrik Simple Rick’s Wafer Cookie. Karena dia sudah bekerja selama 15 tahun, Rick J-22 sangat berharap bisa segera naik jabatan. Namun, Regional Manager Rick malah menunjuk Cool Rick yang baru bekerja untuk naik jabatan. Hal ini lantas membuat Rick J-22 mengamuk, menghancurkan mesinnya dan juga membunuh Regional Manager Rick serta Simple Rick. Sebenarnya kemarahan Rick J-22 cukup masuk akal, yang tidak masuk akal adalah perbuatan nekatnya yang membuat dia menjadi seorang pembunuh.

Rick D. Sanchez III

Sesaat sebelum pasukan SWAT Rick meringkus Rick J-22, versi Rick lain yaitu Rick D. Sanchez III langsung muncul untuk menengahi situasi. Terungkap bahwa dia adalah pemilik dari Simple Rick’s Wafer Cookie. Untuk menenangkan Rick J-22, dia kemudian memenuhi harapannya dengan membuatnya naik jabatan. Hal ini ternyata sengaja Rick D. Sanchez III lakukan agar Rick J-22 senang, sehingga dia bisa memanfaatkanya sebagai budak pencipta ‘rasa wafer’ Simple Rick’s. Karena pada kenyataannya, wafer-wafer ciptaannya berasal dari rasa senang yang ada di dalam otak seorang Rick. Sifat Rick D. Sanchez III yang sangat oportunis ini membuatnya menjadi versi Rick yang sangat licik.

Evil Rick

Evil Rick adalah Rick versi jahat yang pertama kali muncul di serial Rick & Morty. Di season 1 episode 10, terungkap bahwa dia adalah dalang dari penculikan berbagai versi Morty di Multiverse. Hal ini dia lakukan untuk menyembunyikan keberadaannya dari versi Rick dan Morty lain, termasuk dari Citadel. Twist di ending kisahnya memperlihatkan bahwa Evil Rick sebenarnya adalah sebuah robot yang mempunyai pikiran dan karakteristik Rick asli. Penciptanya tidak lain adalah Evil Morty yang menjadi villain di ending season 5, di mana dia berhasil menghancurkan Citadel seorang diri.

Teacher Rick

Sebagai seorang guru, Teacher Rick yang muncul di season 3 episode 7 memang tidak bertugas untuk membunuh atau melukai orang lain. Karena pada dasarnya dia mempunyai tugas sebagai tenaga pengajar bagi semua versi Morty di Citadel. Walaupun begitu, hal inilah yang justru membuatnya sangat berbahaya. Karena dengan pekerjaannya ini, Teacher Rick bisa mendoktrin para Morty untuk menganggap semua versi Rick superior. Dia juga bahkan memberikan pengajaran bahwa para Morty harus menuruti semua budaya dan hukum yang berlaku di Citadel.

Itulah sepuluh versi Rick paling jahat di multiverse Rick & Morty. Sejatinya seorang Rick memang mempunyai karakteristik yang senang menindas Morty dan menganggap orang lain berada di bawahnya. Hal inilah yang kemudian melahirkan para Rick versi yang jauh lebih jahat dari versi lain. Menariknya, karena kemunculan mereka jugalah akhirnya kita melihat Rick C-137 sebagai ‘orang baik’. Padahal kenyataannya semua Rick sama saja, dan Rick C-137 adalah ‘Rick yang paling Rick’ di serialnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.