Marvel adalah perusahaan hiburan yang produknya telah merambah berbagai lini, mulai dari komik sampai film live action. Berbicara tentang film Marvel, sampai sekarang sudah ada banyak sekali tayangan yang mengadaptasi kisah dan karakter dari komiknya. Misalnya film-film yang menjadi bagian Marvel Cinematic Universe. Kemudian dahulu Fox juga pernah merilis waralaba X-Men, Fantastic Four, dan Deadpool. Tidak ketinggalan juga Sony yang rajin menggarap proyek Spider-Man. Meskipun umumnya film Marvel selalu sukses, ternyata ada juga sejumlah bintang Hollywood yang menolak peran Marvel dengan berbagai alasan. Seperti sepuluh aktor papan atas yang akan kita bahas kali ini.

Emily Blunt

Tolak Peran Marvel, 10 Aktor Ini Ungkap Alasannya!

Emily Blunt adalah aktor Hollywood yang akhir-akhir ini namanya kian populer di kalangan penggemar. Salah satu alasannya adalah karena dia telah terlibat berbagai film sukses yang berhasil mendongkrak popularitasnya. Misalnya waralaba A Quiet Place dan film terbarunya Jungle Cruise. Marvel Studios sendiri sebenarnya pernah mencoba menggaet Blunt untuk berbagai peran di MCU, termasuk Black Widow di Iron Man 2 dan Peggy Carter di Captain America: The First Avenger. Namun, Blunt menolaknya karena pada saat itu dia berasalasan tengah sibuk dengan proyek film lain. Hingga akhirnya peran tersebut jatuh kepada Hayley Atwell.

Joseph Gordon-Levitt

Tolak Peran Marvel, 10 Aktor Ini Ungkap Alasannya!

Pada tahun 2010, Joseph Gordon-Levitt mulai mendapatkan banyak perhatian setelah dia terlibat dalam film Inception bersama sejumlah bintang Hollywood lainnya. Beberapa tahun kemudian, dia kembali terlibat dalam film Christopher Nolan yang bergenre superhero, yaitu The Dark Knight Rises sebagai Robin Blake. Tidak lama setelah itu, Gordon-Levitt mendapatan tawaran dari Marvel Studios untuk berperan sebagai Star-Lord di film Guardians of the Galaxy. Pada saat itu, dia menolaknya karena lebih memilih terlibat dengan film Sin City: A Dame to Kill For, yang ternyata tidak terlalu berhasil di bioskop.

Jessica Chastain

Tolak Peran Marvel, 10 Aktor Ini Ungkap Alasannya!

Marvel sebenarnya sudah lama tertarik dengan Jessica Chastain, di mana dia akhirnya mendapatkan peran Vuk di film Foxverse berjudul X-Men: Dark Phoenix. Namun jauh sebelumnya itu, ternyata Marvel Studios pernah lebih dahulu menghampirinya dan menawarinya peran Maya Hansen di film MCU Iron Man 3. Pada saat itu Chastain tidak langsung menolak perannya dan bahkan merasa sangat senang bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari MCU. Sayangnya, pada saat itu jadwal yang pada memaksanya untuk keluar, dan akhirnya peran Maya jatuh pada aktris Rebecca Hall.

Joaquin Phoenix

Tolak Peran Marvel, 10 Aktor Ini Ungkap Alasannya!Siapa yang tidak mengenal Joaquin Phoenix? Dia adalah aktor veteran yang sekarang namanya cukup populer di kalangan penggemar superhero. Alasannya karena beberap tahun lalu, dia tampil memukai sebagai sang Clown Prince of Crime DC di film Joker. Menariknya, saat MCU pertama kali berdiri, ternyata Phoenix juga hampir berperan sebagai Doctor Strange. Namun, pada saat itu Phoenix langsung menolak tawaran dari Marvel Studios tersebut, karena ia merasa tidak “sreg” dengan peran sebagai superhero. Jika saja Marvel menawarinya peran villain seperti DC, mungkin Phoenix akan berpikir dua kali untuk menolaknya.

Jason Momoa

Jason Momoa adalah aktor yang namanya mulai melejit setelah dia terlibat dalam sejumlah film DCEU sebagai Arthur Curry alias Aquaman. Jauh sebelum dia mengambil peran DC tersebut, ternyata Marvel pernah menawarinya peran di film Guardians of the Galaxy. Tepatnya sebagai Drax the Destroyer yang cukup terkenal karena karakternya yang jenaka dan penampilannya yang selalu bertelanjang dada. Namun karena itu juga Mamoa langsung menolak tawaran Marvel. Alasannya mungkin sedikit lucu, karena tidak ingin lagi berakting sambil bertelanjang dada. Sebab sebelumnya dia sudah pernah melakukan itu di serial Game of Thrones sebgai Khal Drogo.

Matt Damon

Matt Damon adalah salah satu aktor papan atas Hollywood yang mempunyai cara pandangnya sendiri terhadap film superhero. Pada tahun 2000-an Damon sebenarnya pernah mendapatkan tawaran untuk berperan sebagai superhero Marvel, Daredevil. Namun, pada saat itu dia merasa kurang begitu yakin dengan naskah filmnya. Sebagai gantinya dia malah menyarankan sahabatnya Ben Affleck untuk mengambil alih peran tersebut. Bertahun-tahun kemudian, Damon akhirnya terlibat juga dalam film MCU, tepatnya sebagai aktor Asgardian yang sering melakukan cameo di film-film Thor.

Matthew McConaughey

Mungkin tidak banyak yang menduga bahwa Marvel Studios pernah menawari peran MCU kepada aktor sekelas Matthew McConaughey. Aktor yang sering terlibat dalam film serius ini ternyata hampir menjadi ayah Star-Lord, Ego, di film Guardians of the Galaxy Vol. 2. Mengingat Ego adalah seorang celestial yang bisa memanipulasi penampilannya, seharusnya usia McConaughey yang terbilang belum begitu tua bukanlah suatu masalah. Faktanya, McConaughey memang menolak peran tersebut bukan karena alasan usia, tetapi karena pada saat itu dia lebih memilih proyek The Dark Tower bersama Idris Elba.

Mel Gibson

Masih peran ayah di MCU, Mel Gibson juga ternyata pernah mendapatkan tawaran peran dari Marvel Studios untuk menjadi ayah Thor, Odin. Mengingat peran Odin yang tidak hanya muncul di satu film saja, sebenarnya tawaran dari Marvel ini terdengar cukup menggiurkan, bahkan bagi aktor veteran seperti Mel Gibson. Kabar ini pertama kali terungkap pada tahun 2016, di mana Gibson menjelaskan bahwa dahulu dia pernah mendapatkan tawaran “untuk memerankan ayah Thor.” Namun, Gibson tidak menjelaskan lebih lanjut alasan mengapa dia tidak melakukannya.

Olivia Munn

Olivia Munn adalah salah satu aktris Hollywood yang namanya makin dikenal setelah terlibat dalam film Marvel berjudul X-Men: Apocalypse. Di mana Munn berperan sebagai karakter mutan bernama Psylocke, yang kostumnya terbilang cukup seksi untuk ukuran film PG-13. Menariknya, jauh sebelum mendapatkan peran tersebut, ternyata Fox juga pernah menawarinya peran Vanessa, kekasih Deadpool di film solonya. Namun, Munn menolaknya karena dia lebih menginginkan peran yang ‘eye candy’, alias menarik perhatian. Itulah mengapa akhirnya pilihan Munn jatuh pada karakter Psylocke.

Russell Crowe

Jauh sebelum tayangan Marvel sepopuler sekarang, waralaba X-Men dari Fox pernah menjadi tayangan Marvel yang sangat populer pada tahun 2000-an. Menariknya, jauh sebelum tim casting Fox memilih Hugh Jackman sebagai pemeran Wolverine, ternyata mereka pernah lebih dahulu mengincar Russell Crowe, tetapi dia menolaknya. Beberapa tahun kemudian terungkap bahwa Crowe menolak peran Marvel tersebut karena lebih memilih peran utama di film Gladiator. Walaupun begitu, dia akhirnya terlibat juga dengan MCU, sebagai pemeran Zeus di film terbaru Thor: Love and Thunder.

Itulah sepuluh aktor Hollywood yang pernah menolak peran Marvel karena alasan yang beragam. Beberapa penolakan ini memang pada akhirnya menjadi suatu berkah bagi sebagian aktor. Karena mereka mendapatkan peran yang lebih baik di film lain yang tidak kalah sukses dari film-film Marvel. Namun, tidak sedikit juga yang justru malah menjadi musibah. Karena penolakan tersebut pada akhirnya membuat mereka terjebak di film yang justru gagal di bioskop. Seperti yang menimpa Joseph Gordon-Levitt dan Matthew McConaughey.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.